Wednesday, 23 September 2015

10 Ikan Hias Air Tawar Terindah


10 Ikan Hias Air Tawar Terindah, Majalahikan.com - Untuk para penghobi ikan hias, tentunya memelihara ikan yang warnaya cerah nan cantik adalah sebuah keharusan. Apa saja ikan hias air tawar terindah dari segi warnanya adalah sesuatu pertanyaan yang mesti muncul ketika memutuskan untuk memeliharanya? Berikut adalah 10 Ikan Hias Air Tawar Terindah.

1. Ikan Hias Air Tawar Discus

10 Ikan Hias Air Tawar Terindah discus

Ikan discus (Symphysodon discus) perairan sungai Amazon merupakan habitat asli ikan indah ini.

Bentuknya seperti piringan (disc) maka dari itu disebut dengan nama discus.

Pembawaan ikan hias air tawar ini sangat tenang dan gerakannya lembut, sehingga disebut raja akuarium ditambah dengan
dengan warna-warni yang atraktif menjadikanya semakin di hati para pecinta ikan hias.

Untuk mengetahui dari mana, dan bagaimana ikan discus bisa menjadi salah satu ikan yang di angkat sebagai raja ikan hias bisa dilihat pada potingan yang berjudul : Sejarah Ikan Hias Aquarium Discus

Dan untuk anda yang ingin memelihara ikan discus ada baiknya juga baca Cara Merawat Ikan Hias Discus

 2. Cupang

10 Ikan Hias Air Tawar Terindah Jenis cupang

 
Ikan Cupang (Betta sp.) merupakan ikan air tawar yang habitat asalnya adalah di beberapa negara Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. 

Di kalangan penggemar ikan hias, ikan cupang pada umumnya dibagi menjadi tiga golongan, pertama cupang hias, kedua cupang aduan, dan ketiga cupang liar. 

Ikan cupang hias asli Indonesia ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur, salah satunya adalah Betta channoides.

Ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang kuat dan mampu bertahan hidup dalam waktu lama, bahkan apabila ikan cupang ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator), ikan ini masih dapat bertahan hidup.

Ikan cupang merupakan ikan hias yang populer dikalangan penghobi ikan hias, baik dari anak-anak hingga dewasa.

Karena permintaan pasar akan ikan cupang begitu besar, maka budidaya ikan cupang adalah salah satu bentuk usaha yang menjanjikan, anda tertarik untuk itu? Admin anjurkan untuk membaca : 
yang ini juga penting untuk disimak : Budidaya Kutu Air Dengan Kol Dan Tanpa Bibit


3. Killifish

 

Killifish atau ikan killi adalah jenis-jenis ikan petelur yang termasuk dalam ordo Cyprinodontiformes. 

Nama ilmiah ikan killifish adalah Aphyosemion, namanya terkesan ikan ini seakan ikan pemangsa / pembunuh di aquarium, akan tetapi nama  Killifish berasal dari Belanda yang artinya adalah parit atau saluran. Ikan Killifish biasanya di temukan kubangan air, sungai dan rawa-rawa di Afrika.

Banyak spesies ikan killi yang terkenal keindahannya yang bahkan bisa bersaing dengan warna dan corak ikan hias laut.


Keunikan yang paling menarik killifish adalah kemampuanya dalam bertelur, telur ikan killi dapat bertahan dalam kondisi kering selama beberapa waktu. 

Telur dari setiap spesies killi berbeda ada yang mungkin hanya dapat bertahan beberapa minggu saja dalam kondisi kering, ada juga yang telurnya dapat bertahan berbulan-bulan, bahkan ada yang lebih lama, ya'ni bisa mencapai lebih dari satu tahun.

baca juga : Ikan Hias Killifish

4. German Blue Ram


10 Ikan Hias Air Tawar Terindah Jenis German Blue Ram


German Blue Ram merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari daerah savana dari Orinoco River tengah dan bawah di Venezuela serta kawasan serupa di Columbia.

Ikan German Blue Ram warnanya indah nan cantik karena di sekujur tubuhnya ada bintik - bintik yang berkilauan layaknya mutiara.

German Blue Ram ikan hias dari keluarga Cichlid dan termasuk ikan karnivora alias pemakan daging.

Kecantikan warnaya sangat cocok jika dipelihara di aquascape, jika anda ingin tahu lebih dalam tentang ikan German Blue Ram, baik dari cara merawat dan budidayanya silahkan baca: Cantiknya German Blue Ram Fish ( Ramirezi )
5. Endlers Livebearer

10 Ikan Hias Air Tawar Terindah Jenis Endlers Livebrearer


Poecilia wingei atau Endlers Livebearer adalah ikan hias yang berasal dari semenanjung Paria di Venezuela. Yang dalam dunia ikan hias lebih dikenal dengan sebutan Black- Bar Endlers atau Livebearer Endlers.

Endlers Livebearer adalah ikan hias kecil yang sangat indah, tubuhnya penuh dengan warna - warni. Warna Endler jantan biasanya didominasi oleh warna hitam, hijau metalik dan oranye metalik.

Endlers Livebearer merupakan ikan yang melahirkan dan sering berhibridasi dengan ikan guppy.

baca juga :
Jenis Ikan Guppy Terbaru Dan Paling Lengkap
Jenis Ikan Guppy Termahal Dan Paling Sulit Dicari

6. Boeseman’s Rainbowfish

10 Ikan Hias Air Tawar TerindahBoseman’s Rainbowfish


Boeseman’s Rainbowfish atau lebih dikenal dengan ikan pelangi / kaskado merupakan ikan hias air tawar terindah di urutan ke 6.

Ikan Boeseman’s Rainbowfish adalah ikan hias air tawar asli Indonesia, penyebaranya di Papua, tepatnya di danau Ajamaru yang terletak di hulu sungai Ajamaru.

Ikan pelangi yang jantan warnanya lebih cerah, cantik nan indah dibanding ikan pelangi betina.

Akan tetapi pada saat muda antara ikan jantan dan betina biasanya seluruh bagian tubuhnya berwarna kekuningan sampai ke oranye, sedangkan pada bagian kepala berwarna kebiruan.
 
Yang umum warna pada ikan jantan dewasa adalah biru kehitaman dan oranye pada bagian kepala.

Pada bagian tangah tubuhnya ada bercak yang gelap sedangkan pada bagian belakang berwarna cerah.

Kurang lebih ada 6 jenis ikan Boeseman’s Rainbowfish atau ikan pelangi ini, mulai dari yang paling laris dan diburu para hobiis sampai jenis yang terlucu, untuk mengetahuinya silahkan baca : Jenis Ikan Hias Air Tawar Rainbowfish.

Tahukah anda, selain ikan arwana dan botia, ikan pelangi atau Boeseman’s Rainbowfish juga termasuk ikan hias asli indonesia yang laris manis di luar negri, bangga kan punya ikan yang jadi incaran orang luar, untuk lebih jelasnya silahkan baca: 3 Jenis Ikan Hias Yang Menjadi Favorit Luar Negri

7. Gourami

10 Ikan Hias Air Tawar Terindah Gourami


Admin hanya hanya menyebut Gourami ( ingg ), disini yang admin maksud adalah ikan sepat hias. Karena sepat hias adalah jenis ikan hias air tawar anggota suku Gourami (Osphronemidae).

Dari semua jenis ikan Gourami atau sepat hias ini warna - warna tubuhnya sangat indah ada yang bermotif mutiara, madu dan masih banyak lagi.

Silahkan baca saja link di bawah ini yang mana saja yang ingin anda ketahui dari jenis ikan sepat hias / Gourami ini:

Ikan Hias Blue Gourami
Ikan Hias Lace Gourami
Pygmy Gourami, Permata Kecil Yang Cantik
Gourami Thicklip
Jenis Ikan Hias Air Tawar Gurami Moonlight
 

8.  Peacock Cichlid

10 Ikan Hias Air Tawar Terindah jenis Cichilid


 Peacock Cichlid adalah ikan hias air tawar terindah urutan ke 8,

9. Guppy

10 Ikan Hias Air Tawar Terindah jenis Guppy


Ikan guppy merupakan ikan hias air tawar yang populer di dunia karena kemapuanya menyesuaikan diri dan beranak pinak. Ciri keindahan ikan guppy adalah ekor serta warnaya.

Ikan guppy termasuk ikan hias kecil dari anggota poecilidae, untuk membudidayakan ikan ini sangatlah mudah, silahkan baca : Budidaya Ikan Guppy, Mudah Dan Siapapun Anda Bisa Berhasil

10. Louhan

10 Ikan Hias Air Tawar Terindah Jenis Louhan



Ikan hias air tawar terindah di urutan ke 10 adalah ikan louhan atau Flowerhorn. Louhan adalah ikan hias yang populer di pelihara di dalam akuarium.

Asalnya habitat ikan louhan adalah Malaysia Taiwan, hingga akhirnya populer ke seluruh dunia karena keindahan warna sisikya yang hidup serta benjolan di kepalanya.

Utuk mengetahui lebih dalam silahkan simak juga : Jenis Dan Harga Louhan

inilah 10 Ikan Hias Air Tawar Terindah, dan untuk melengkapi pengetahuan tentang ikan apa saja yang paling mahal, baca juga ikan hias air tawar termahal



Itulah 10 Ikan Hias Air Tawar Terindah, semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua