Wednesday, 30 September 2015

Ikan Hias Lace Gourami


Ikan Hias  Lace Gourami

 

Ikan Hias  Lace Gourami Sepat Hias
Lace Gourami  atau Ikan Sepat Hias  sebenarnya ikan ini adalah suku gurami. Tubuh ikan ini pipih dan bermoncong runcing sempit, mempunyai panjang keseluruhan beserta ekor hingga 120mm / 12 cm.
Warna ikan ini sangat indah ya'ni abu-abu atau kebiruan dengan pola butir-butir berwarna kehijauan atau keperakan seperti taburan mutiara yang banyak sekali.
Ada sebuah garis hitam horisontal yang berjalan dari bibir hingga ke ekor pada tengah sisi tubuh. Warna ikan jantan lebih berwarna-warni, dengan tenggorokan dan sirip dubur bagian depan berwarna kemerahan.

Ikan Hias Lace Gourami merah

Ikan Hias Lace Gourami sirip biru
Perbedaan ikan  Lace Gourami jantan dengan betina 
  • Betina : Sirip pungung membulat dan pendek sehinga tidak  mencapai dasar pangkal sirip ekor. 
  • Jantan : Sirip pungug  panjang mencapai dasar  pangkal sirip ekor, lalu di tambah dengan bentuk tubuhnya mirip dengan ikan gurame
  • Sedangkan untuk induk jantan mempunyai sirip punggung yang panjang dan lancip serta dilengkapi dengan hiasan warna merah pada leher dan perut.  Warna merah ini akan semakin menyala pada saat ikan ini birahi. Sedangkan ikan betina mempunyai sirip bulat dan pendek.
Sebenarnya ikan ini di Indonesia digunakan untuk dikonsumsi, dan sebagian banyak ikan dari jenis diperdagangkan dan dibudidayakan untuk Ikan Hias.

Ikan Hias  Lace Gourami sepat

Ikan Hias Lace Gourami tubuh garis horisontal hitam

Ikan Hias  Lace Gourami Dan Habitat Asalnya

Ikan Hias Gourami atau sering disebut  Ikan Sepat mutiara (Trichogaster leeri) adalah jenis ikan hias air tawar anggota suku gurami (Osphronemi). Dalam bahasa inggris disebut Pearl gourami, Mosaic gourami  merujuk pada pola warna berbintik-bintik indah dengan garis hitam di sisi tubuhnya.

Ikan Hias  Lace Gourami mutiara

Ikan Hias  Lace Gourami  Habitatnya Asalnya
Lace Gourami menyebar mulai dari Thailan, Malaysia, Sumatra, hingga Kalimantan. Ikan Hias ini  merupakan penghuni rawa-rawa dataran rendah yang berair sedikit asam. Ikan sepat hias sangat senang berada dekat permukaan hingga setengah kedalaman air.

Ikan Hias  Lace Gourami Pemeliharaan Di Akuarium

Untuk memelihara sepasang sepat mutiara sebaiknya digunakan kolam atau akuarium berukuran sekurang-kurangnya 60 liter, lebih besar ukurannya akan lebih baik, karena ikan ini akan menunjukkan gejala stres apabila merasa terbatasi ruangannya. Suhu air sebaiknya berkisar antara 22–28C (72–82F). Permukaan airnya hendaknya berhubungan langsung dengan udara terbuka, agar organ labirin ikan ini dapat berfungsi dengan baik. Kelengkapan akuarium yang diperlukan di antaranya adalah substrat dan ornamen yang sesuai, tetumbuhan air, filter air, pencahayaan, serta perawatan.
Ikan Hias  Lace Gourami Aqurium
Ikan Hias Lace Gourami adalah ikan yang cinta damai. Ikan ini dapat hidup bercampur dengan jenis-jenis ikan lainnya, namun sebaiknya jangan digabungkan dengan ikan-ikan yang bersifat agresif atau terlalu aktif. Juga perlu dijaga agar akuarium tidak terlalu penuh agar ikan hias Gourami tidak gelisah.
Ikan Hias  Lace Gourami titik hitam dua
Ikan Hias  Lace Gourami titik hitam satu


Ikan Hias  Lace Gourami adalah hewan omnivora, pemakan segala. Di akuarium, ikan ini dapat diberi pakan kering seperti pelet atau cacing tubifex kering. Sesekali, juga dapat diberikan pakan hidup seperti udang renik.

Ikan Hias  Lace Gourami sepat tentara
Inilah sepintas tentang ikan  Lace gourami, sebagian jenis untuk konsumsi dan sebagian lainya dipelihara untuk ikan hias.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua