Sunday, 4 October 2015

Pygmy Gourami, Permata Kecil Yang Cantik


Pygmy Gourami, Ikan hias air tawar terindah

majalahikan.com -  Seperti yang kita ketahui, sepat hias adalah ikan yang sangat cantik yang termasuk golongan dari ikan hias Gourami. Layaknya sepat hias Pygmy, juga termasuk dari keluarga  Gourami yang tidak kalah cantiknya.


Pygmy Gourami, Ikan hias air tawar terindah



Pygmy gurami (Trichopsis pumila), juga dikenal sebagai ikan gurami tercantik, karena warna tubuhnya berkilau. Pygmy  gurami panjangnya bisa mencapai 4 cm (1,6 in) SL. Ikan ini memiliki warna berkilau dengan warna merah, hijau, dan biru, dan mempunyai Ruak suara yang bisa terdengar. Ikan ini ketika terkena cahaya yang tepat, matanya tampak biru cerah, tubuhnya berbentuk panah dan ketika berenang sirip ekor bagaikan  warna pelangi. Ikan hias air tawar terindah Pygmy Gourami jantan memiliki bintik-bintik merah di atas "garis tubuh" atau stripe melalui tubuh mereka, sedangkan betina bintik-bintik yang kusam.



Pygmy Gourami, Ikan hias air tawar terindah Pygmy Gourami Emas
 
Pygmy Gourami memiliki tubuh emas yang cantik berbintik dengan bintik-bintik merah warna-warni dan sirip dihiasi dengan bintik-bintik biru dan hijau. Ikan ini bisa disatukan dengan ikan hias lain dalam satu aquarium






Pygmy Gourami Ikan Cantik Yang Suka Bersembunyi

Pygmy Gourami, Ikan hias air tawar terindah Pygmy Gourami ikan hias aquarium
Pygmy Gourami, Ikan hias air tawar terindah Pygmy Gourami habitat asal



Habitat asli ikan Pygmy Gourami adalah sungai lambat, sawah, parit dan kolam kecil, Ikan Pygmy Gourami bisa bertahan hidup walaupun pada air yang  kadar oksigen rendah. Pygmy gurami dapat bertahan hidup di perairan ini karena organ labirin, yang memungkinkan untuk menghirup udara dari permukaan. Habitat asli memiliki pH 6,0-7,5, dH dari 5-19, dan suhu 25 ° C hingga 28 ° C (77 ° F hingga 83 ° F).
.
Pygmy Gourami, Ikan hias air tawar terindah Pygmy Gourami ikan hias






Di akuarium



Kondisi air harus meliputi suhu 25 ° C (76 ° F) atau di atas, dan pH kurang dari 7.
 
Pygmy Gourami, Ikan hias air tawar terindah, tercantik
Pygmy Gourami, Ikan hias air tawar terindah, Pygmy Gourami terindah
 
Ikan hias air tawar terindah Sparkling atau Pygmy Gourami adalah ikan hias yang pemalu alias suka bersembunyi, oleh karena itu adanya akuarium dengan berbagai tanaman hidup dan batuan atau kayu apung membuat ikan ini berkembang dengan baik. Aquarium dengan substrat gelap atau air sedikit berwarna membuat ikan ini terlihat sangat cantik. Ikan hias gurami Sparkling bisa disatukan dengan ikan lain yang berukuran sama dalam satu aquarium.





Pygmy Gourami, Ikan hias air tawar terindah,  ikan hias dalam aquarium



Perbedaan Pygmy Gourami Jantan Dan Betina

cara untuk membedakan ikan Pygmy Gourami jantan dan ikan Pygmy Gourami betina adalah dengan menerangi ikan cahaya terang dan mencari indung telur dari betina. ketika pada saatnya kawin
ikan hias cantik Pygmy Gourami jantan membangun bubblenest dan kemudian mulai menarik betina dengan berenang bolak-balik, mengembangkan sirip dan mengangkat ekornya. Pada saat perilaku ini terlihat segera mungkin volume air dikurangi sampai 6 inci.



Pygmy Gourami, Ikan hias air tawar terindah, setelah pemijahan
Setelah pemijahan, betina harus segera di pindahkan karena ikan jantan akan menjadi agresif terhadap sang ikan betina.Setelah telur menetas melakukan perubahan air sesering mungkin, terutama pada minggu ketiga, karena pada saat itu organ labirin berkembang. Anakn ikan harus diberi makan infusoria dan nauplii.

Cara Merawat Pygmy Gourami


Pygmy Gourami, Ikan hias air tawar terindah, Pygmy Gourami mirip cupang

 

  Pygmy Gourami, Ikan hias air tawar terindah, cantik

Untuk merawat Ikan hias gurami Sparkling sangatlah mudah, karena gurami Sparkling adalah ikan omnivora dan membutuhkan baik makanan berbasis alga serta makanan daging. Nutrisi yang tepat untuk makanan jenis Ikan hias gourami ini adalah alga serpihan makanan, bersama dengan beku-kering bloodworms, tubifex, dan udang air garam. 

Cantik bukan, tertarik ingin menambahkan kedaftar koleksi akuarium anda? terimakasih atas kunjunganya. Baca juga Ikan Hias Lace Gourami ya.
 

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua