Sunday, 29 May 2016

Cantiknya German Blue Ram Fish ( Ramirezi )


German Blue Ram Fish, majalahikan.com - Ramirezi merupakan ikan hias yang sangat indah, warnanya berkilauan disekujur tubuhnya layaknya permata berkilauan.

German Blue Ram Fish




Dikehidupan liar warnanya lebih cerah dibanding ketika dipelihara di akuarium, akan tetapi ada trik bagaimana cara German Blue Ram warnanya bisa cerah, ya'ni dengan memberi subtrad gelap.


Ikan hias cantik ini termasuk dari keluarga cichlids dan termasuk ikan hias yang populer dikalangan hobiis.

German Blue Ram Fish berasal dari daerah savana dari Orinoco River tengah dan bawah di Venezuela serta kawasan serupa di Columbia.

Berikut adalah klasifikasi German Blue Ram Fish

klasifikasi German Blue Ram Fish

Kingdom: Animalia
Phylum: tChordata
Class: tActinopterygii
Order: tPerciformes
Family: tCichlidae
Subfamily: tGeophaginae
Genus: tMikrogeophagus
Species: tM. ramirezi

 

Nama-Nama Lain, Bentuk, Sifat Dan Harga German Blue Ram Fish

 

German Blue Ram Fish ( Ramirezi )

German Blue Ram Fish atau Mikrogeophagus ramirezi  juga dikenal dengan berbagi nama, jika ada yang menyebut golden Ram berarti yang dimaksud adalah German Blue Ram Fish, maka anda jangan bingung.

Selain itu  juga di kenal dengan nama Butterfly Cichlid Ram Cichlid, Blue Ram , blue ram german. Itulah nama-nama lain yang umum digunakan untuk menyebutnya.

German Blue Ram Fish adalah ikan karnivora dan merupakan salah satu ikan hias kecil dari keluarga Cichlid yang indah atau lebih dikenal dengan Cichlid kerdil.

Ukuran panjang tubuhnya pada umumnya 5 cm, sedangkan maksimum untuk ikan German Blue Ram Fish jantan tidak lebih dari 7 cm dan untuk betina biasanya lebih kecil.

Perbedaan German Blue Ram Fish jantan dan betina

Untuk German Blue Ram Fish jantan pada umumnya memiliki sebagian garis pertama pada sirip dorsal dan memanjang ke bawah.

German Blue Ram Fish betina memiliki warna kemilau biru di atas tempat pas dibawah sirip punggung, akan tetapi warna semacam itu tidak dimiliki yang jantan.

Jika anda berminat untuk memelihara ikan ikan hias dari Amerika selatan ini, anda bisa mendapatkanya di toko-toko ikan hias di kota anda.

Harga ikan German Blue Ram berfariasi, misalnya di Sumenep harga ikan hias German Blue Ram sekitar Rp 7500 hingga 10,000 rb/ekor. Yang biasa dan umum sekitar 5 rb-an

German Blue Ram Care ( Cara Merawat Ikan Ramirezi )



 German Blue Ram Care




German Blue Ram termasuk ikan yang agak lumayan sulit dalam perawatan, pasalnya ikan hias ini mudah mati.

Untuk itu perlu perawatan extra, terlebih masalah air.  Usahakan kualitas air seoptimal mungkin, temp / suhu air 24-26 C dan Ph 4,0 - 7,0.

Memasang heater juga penting dalam merawat ikan hias German Blue Ram agar suhu air tetap stabil. Jangan lupa pasang aerator juga.

Jangan lupa untuk memberi subtrat batu kerikil ataupun pasir, karena ikan German Blue Ram suka mencari makanan hidup kecil dan menghabiskan berjam-jam memilah pasir melalui insang mereka, menyaring setiap makanan yang mereka temukan.

Seperti dijelaskan di atas bahwasanya German Blue Ram adalah ikan hias predator atau dengan kata lain karnivora, maka dalam memberi makan yang paling pas adalah jenis makanan hidup seperti misalnya bloodworm.

Jenis makanan yang lain seperti udang air laut akan berdampak bagus untuk warna, dan itu juga bisa diberikan.

German Blue Ram Fish  adalah ikan hias air tawar teritorial, alias selalu menjaga daerah kekuasaan. Nah untuk itu peliharalah 1 ekor ikan dalam satu akuarium, atau 1 ekor jantan untuk satu ekor betina.

Lain halnya jika akuarium anda berukuran besar ( kapasitas 40 galon ) bisa menampung 2 pasang ikan, silahkan saja pelihara dan rawat 2 pasang.


Mencampur German Blue Ram Fish dan tetra




Ikan hias German Blue Ram juga bisa di campur dengan ikan hias lain dalam satu akuarium, seperti misalnya ikan corydoras, pleco, loaches, rasboras, semua tetra dari Amerika Sealatan dan barb yang kurang agresif.

German Blue Ram Breeding ( Cara Budidaya Ikan Ramirezi)


German Blue Ram Breeding

Bagi para sahabat yang ingin membreeding German Blue Ram berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah pertama dalam budidaya ikan hias German Blue Ram adalah memilih indukan yang siap pijah.

Caranya ~ ketika membeli ikan German Blue Ram, perhatikan apakah ada yang sudah berpasangan, jika ada maka ambilah.


Pemijahan German Blue Ram Fish ( Ramirezi )




Jika dirasa tidak ada, maka jalan allternatifnya adalah dengan membeli ikan German Blue Ram 6 ekor dewasa, pelihara dengan baik terutama dalam pemberian pakan hidup.

Pada umumya setelah 1 bulan dengan perawatan yang baik pasangan dapat memijah.

Langkah kedua dalam budidaya ikan hias German Blue Ram adalah pemisahan induk.

German Blue Ram eggs


Jika dirasa dalam 6 ekor tadi sudah ada yang berpasangan dan mulai memamerkan lebarnya sirip - sirip masing - masing pasangan, maka pisahkanlah dengan ikan yang lain.

Langkah ketiga dalam budidaya ikan hias German Blue Ram adalah pendederan.

Telur ikan German Blue Ram betina atau dalam bahasa ingg ( german blue ram eggs ) kurang lebih berkisar 200 butir yang diletakan di subtrat pasir maupun batu kerikil.

Telur - telur akan menetas kurang lebih selama 3 hari, dan burayak belum mampu berenang sebelum berumur 7 hari. 

Burayak German Blue Ram Fish ( Ramirezi )




Perlu diketahui bahwasanya  Induk German Blue Ram adalah pelindung benih mereka yang sangat galak, bahkan akan melawan ikan pengganggu  walaupun ukuranya jauh lebih besar dari diri mereka sendiri.


Setelah itu semua benih bisa dipisahkan dari induknya, dan lakukanlah perawatan dengan memberi pakan hidup kutu air.

German Blue Ram Fish ( Ramirezi ) masuk kedalam daftar ikan hias air tawar terindah, untuk jenis lainya silahkan baca : 10 Ikan Hias Air Tawar Terindah.

Inilah German Blue Ram Fish ( Ramirezi ) yang bisa admin suguhkan ke pembaca yang budiman, terima kasih dan semoga bermanfaat.

1 comments :

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua