Wednesday, 30 September 2015

Jenis Ikan Hias Air Tawar Rainbowfish

Jenis Ikan Hias Air Tawar Rainbowfish

1. Rainbow praecox (Melanotaenia praecox weber & de Beaufort)

Rainbow praecox adalah Dwarf neon Rainbow fish. Tubuhnya pipih dan sirip punggung ganda. Seluruh tubuhnya berwarna biru metalik, sedangkan sirip-siripnya berwarna merah. sirip anal ikan jantan berwarna merah darah, sedangkan ikan betina sirip analnya berwarna merah jingga.

Ikan Hias Air Tawar Terindah Rainbow praecox
 Ikan Hias Air Tawar Terindah Melanotaenia praecox weber
 Ikan Hias Air Tawar Terindah  de Beaufort
Ketika ikan ini akan memijah warnanya akan tampak lebih menakjubkan. Tubuh ikan jantan tampak lebih tinggi daripada ikan betina, sehingga ikan betina tampak lebih ramping dan langsing. Ukuran maksimal ikan rainbow praecox dewasa relatif pendek, berkisar antara 4 sampai 5 cm dari ujung mulut hingga ujung ekornya. Menurut saya ikan ini yang paling cantik dari sekian banyak Jenis Ikan Hias Air Tawar Rainbowfish

2. Rainbow Lacustris (Melanotaenia Lacustris munro)
Ikan Rainbow Lacustris (Melanotaenia Lacustris munro) dikenal dengan nama Lake Kutubu Rainbow fish. Bentuk tubuhnya pipih dengan sirip punggung sama seoerti Rainbow bosmani ya'ni ganda. Sirip pertama pendek sedangkan sirip kedua lebih panjang.

Ikan Hias Air Tawar Terindah Rainbow Lacustris

Warna tubuh Rainbow Lacustris  bagian atas berwarna kehijauan atau biru sedangkan warna bagian bawah keputihan. Kalau diukur mulai dari ujung mulut hingga ujung ekor  Panjang badan ikan Rainbow Lacustris dewasa mencapai 10 cm baik jantan maupun betina. Para hobiis ikan hias sering menyebut ikan ini dengan sebutan “Rainbow Biru”

Ikan Hias Air Tawar Terindah Rainbow Lacustris (Melanotaenia Lacustris munro)


3. Rainbow Lacustris (Melanotaenia Macculochi Ogilby)

Maccolloch’s rainbow fish nama populer ikan ini di pasar Internasional

 Ikan Hias Air Tawar Terindah Rainbow Lacustris Melanotaenia Macculochi Ogilby

 Ikan Hias Air Tawar Terindah Rainbow Melanotaenia Macculochi Ogilby
Bentuk tubuhnya pipih agak memanjang. Ikan ini memiliki sirip punggung ganda dengan sirip kedua lebih besar daripada sirip pertama.Kehijauan dan merah kecoklatan adalah warna dasar sirip punggung dan sirip anal ikan ini dan dibatasi warna kekuningan pada tepinya. Ditubuhnya terdapat garis-garis memanjabg horisontal berwarna kehitaman.  tubuhnya berwarna dasar silver dengan warna gelap metalik. Bagian punggung kecoklatan dan perut agak keputihan. Sirip ekor berwarna merah cerah. Rainbow  Macculochi jika diukur dari ujung mulut sampai ujung ekor ikan terpanjangnya adalah sekitar 6 cm

4. Rainbow Merah (Glossolepis incisus weber)

Kaskado sebutan ikan ini yang artinya penyakit jamur yang berwarna keputihan. Papua, danau sentani adalah daerah asalnya.

Ikan hias Air Tawar Terindah Rainbow Merah

Ikan hias Air Tawar Terindah Glossolepis incisus weber

Ikan yang memiliki nama beken Red Rainbow fish ini memiliki bentuk tubuh yang pipih dan bersirip punggung ganda. Panjang tubuh ikan ini bisa mencapai 12 cm untuk ikan jantan dewasa, sedangkan ikan betina dewasa sekitar 10 cm (diukur dari ujung mulut hingga ujung ekor). Tubuh ikan jantan berwarna terang (merah bata) sedangkan ikan betin berwarna lebih pucat. Terdapat warna keperakkan di kedua sisi bagian tengah tubuhnya. Penampilan ikan rainbow merah akan tampak lebih indah saat menjelang masa pemijahan.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Rainbowfisn Terlucu 

5. Rainbow Balon
Di urutan ke lima jenis Ikan Rainbow adalah rainbow Ballon.


Ikan hias Air Tawar Terindah  Balon
Rainbow balon adalah jenis ikan rainbow yang memiliki bentuk badan lebih pendek dan terkesan membulat. Jenis Ikan Hias Air Tawar  Rainbowfish Balon adalah jenis yang paling lucu tubuhnya yang seperti balon, ketika berenang kelihatan kesusahan kaya ikan mas koki.
Untuk jenis-jenisnya sendiri ada beberapa macam tergantung warnanya. Misalnya Red rainbow ballon, Rainbow Lacustris ballon dan Rainbow Bosmani ballon

Ikan Hias Air Tawar Jenis RainbowfisnTerlaris

6. Rainbow bosmani (Boesemans rainbow fish)

Melanotaenia boesemani.adalah nama latin ikan ini. Ikan jenis ini punya dua sirip dua, yang depan kecil dan yang belakang gesar. Bentuk tubuhnya pipih (compressed). Warna tubuhnya  biru agak sedikit gelap dibagian depan dan bagian tengah ke belakang berwarna kekuningan. Sisi tutup insang (operkulum) ikan jantan terdapat pita horisontal berwarna gelap yang semakin memudar kearah belakang.

 Ikan Hias Air Tawar Terindah Rainbow bosmani (Boesemans rainbow fish)

Untuk betina ikan ini badan sebaliknya, pita horisontal pada sisi tutup insang kurang gelap, akan tetapi semakin gelap kearah belakang. Sirip punggung dan sirip anal berwarna jingga dan menawan dibatasi warna gelap pada tepinya dan sirip ekor berwarna kuning. Ketika diukur dari ujung mulut sampai sirip ekor untuk rainbow bosmani jantan panjang maksimalnya sekitar 9 cm, sedangkan untuk ikan rainbow bosmani betina panjangnya sekitar 7 cm. Rainbow bosmani adalah yang terlaris di pasaran dari rainbow Jenis Ikan Hias Air Tawar.



Itulah beberapa jenis ikan rainbow yang ada dipasaran khususnya di Indonesia. Masih banyak jenis-jenis ikan rainbow yang mungkin jauh lebih cantik dan indah warnanya, sayangnya tidak semua jenis ikan rainbow di perjual belikan di Indonesia. Bagi anda yang ingin memelihara ikan hias air tawar dengan berbagai macam warna, jenis ikan ini sepertinya bisa menjadi pilihan anda.

0 comments

Post a Comment

Mohon Maaf Sebelumnya Komentar Dengan Link Akan Di Hapus