Saturday, 12 March 2016

3 Jenis Ikan Hias Yang Menjadi Favorit Luar Negri



Jenis - Jenis Ikan Hias

 

Jenis-Jenis Ikan Hias Yang Menjadi Favorit Luar Negri

Ikan Hias ~ Membicarakan tentang ikan hias memang menyenangkan, ada banyak jenis ikan hias baik itu ikan hias air tawar ataupun air laut.

Jenis ikan hias yang mudah dipelihara, maupun yang agak sedikit sulit. Bukan hanya itu jenis ikan hias ada yang harganya murah dan juga yang harganya mahal.

Tidak hanya diperbincangkan lebih menyenangkan lagi kalau kita memilikinya, baik jenis ikan hias untuk akuarium ataupun untuk kolam.

Jenis ikan hias tentunya ada yang populer dan kurang populer, baik dikalangan domestik maupun luar negri.

Indonesia negara tercinta ini ternyata juga pengekspor ikan hias yang lumayan. Perkembangan nilai ekspor ikan hias periode tahun 1996-2013 saja mencapai 62,46 % per tahun.

Tingginya permintaan terhadap ikan hias ternyata juga diimbangi dengan kondisi budidaya ikan hias yang sudah cukup bagus. Yang mana komoditas ikan hias telah mampu bersaing hingga masuk ke pasar Eropa dan Timur Tengah.

Lalu jenis ikan hias apa sajakah yang laris manis hingga ke luar negri, berikut adalah urainya.

Baca juga:

Jeni-Jenis Ikan Predator Air Tawar Yang Unik Dan Populer Dipelihara Di Aquarium
Ikan Aligator Terbesar Dari Semua Jenis Jenis Gar
Tahukah Anda Kenyataan Tentang Ikan Piranha

3 Jenis Ikan hias yang populer di luar negri


1. Ikan Hias Yang Menjadi Favorit Luar Negri Jenis Botia

Botia jenis ikan hias yang menjadi favorit luar negri
www.bebeja.com

Jenis ikan hias botia telah menjadi incaran berbagai negara di luar negri. Nemo asli Indonesia ini sangat populer di luar negri, menurut ungkapan Paulus Saputro selaku Pengawas Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kalimantan Barat, botia banyak di kirim ke Jepang, Singapura, Korea, Brunai, Malaysia, Tiongkok

Ikan botia adalah ikan yang berasal dari Sumatra dan Kalimantan, botia diketahui pertama kali di ekspor ke luar negri pada tahun 1935 (Grund 1988). Sampai saat ini jenis ikan hias botia adalah ikan hias yang menjadi favorit di luar negri.

Salah satu dari daya tarik ikan hias botia adalah dari segi warna sisiknya yang begitu cantik dan beragam. Akan tetapi botia adalah ikan musiman yang menjadikan tidak bisa diekspor ke luar negri terlalu sering.

Ikan hias botia termasuk ikan yang berumur panjang, dilaporkan bahwasanya botia dapat bertahan hidup di akuarium hingga 20 tahun.

2. Ikan Hias Yang Menjadi Favorit Luar Negri Jenis Arwana Super Red

Baca juga:

Jenis- Jenis Ikan Arwana Yang Populer Dan Termahal
Gambar Ikan Hias Air Tawar Jenis Arwana Super Red
Arwana, Ikan Hias Air Tawar Termahal

Jenis ikan hias yang menjadi favorit luar negri yang kedua adalah arwana super red.

Sebenarnya kurang lebih ada 5 jenis varian arwana super red diantaranya Blood Red, Chili Red, Ultra Red, Pepaya Red dan Super Red akan tetapi yang mejadi idola dan di ekspor ke luar negri yang jenis Arwana Blood Red dan Arwana Ultra Red.

Ikan Arwana Blood Red

Arwana Blood Red Jenis Ikan Hias Yang Menjadi Favorit Luar Negri

Ikan arwana Blood Red atau sering disebut arwana super red merah darah. Warna dasarnya yang jingga keemasan adalah daya tarik arawana ini menjadikanya salah satu dari 3 jenis ikan hias yang menjadi favorit luar negri.

Ditambah dengan ring ( warna mengkilap di ujung sisik ) yang berwarna merah dan ekornya yang berwarna merah agak transparan menjadikan ikan arwana blood red semakin cantik nan anggun.

Ikan Arwana Ultra red

Arwana Ultra Red Jenis Ikan Hias Yang Menjadi Favorit Luar Negri
memeliharaikanarwana.blogspot.com


Ikan arwana ultra red adalah salah satu varian dari jenis arwana super red yang warna sisiknya orange dan memancarkan sinar berwarna putih. Sedangkan ring pada ultra red dan ekornya berwarna merah biasa.

Semua jenis ikan arwana super red bentuk tubuhnya sama, tidak ada perbedaan yang mencolok.

3. Ikan Hias Yang Menjadi Favorit Luar Negri Jenis Pelangi

Ikan Pelangi Jenis Ikan Hias Yang Menjadi Favorit Luar Negri
www.beritasatu.com

Ini dia jenis ikan hias indonesia yang juga menjadi primadona di luar negri. Harga ikan pelangi di pasar luar negri untuk indukan yang berumur 5-6 bulan bisa mencapai UU$ 7-14 per ekor.

Ikan pelangi juga ditemukan diberbagai belahan bumi, seperti Madagaskar, Australia, dan Papua Nugini. Di Indonesia sendiri ikan pelangi berasal dari Provinsi Papua Barat dan Sulawesi.

Dari 76 jenis ikan pelangi yang ditemukan di dunia, ikan pelangi asal papua ya'ni kuromoi ( melanotaenia parva ) memiliki warna yang paling indah.

Ada lagi jenis pelangi dari papua yang juga menjadi favorit di luar negri sejak dahulu, ya'ni ikan pelangi merah ( Glossolepis incisus ). Yang mana di luar negri ikan ini lebih populer dengan sebutan Red rainbowfish, Irian Jaya rainbowfish ataupun Salmon red rainbowfish.

Ikan rainbowfish sudah dikenal di Eropa sebagai ikan hias akuarium. Ikan ini pertama kali diperkenalkan oleh Max Weber yang melakukan Papua Barat antara tahun 1890 sampai 1900.

Sebenarnya ada banyak juga jenis ikan hias yang diekspor keluar negri, seperti ikan cupang,ikan guppy, ikan discus, ikan koi dan masih banyak lagi, akan tetapi yang paling populer di luar negri  adalah ketiga jenis yang kita bahas tadi.

Baca juga:
Cara Merawat Dan Memelihara Ikan Hias Di Akurium
Cara Merawat Ikan Hias Guppy Kesayangan Anda Supaya Selalu Cerah Dan Sehat
7 Tips Cara Merawat Ikan Mas Koki Agar Sehat

 Inilah 3 Jenis Ikan Hias Yang Menjadi Favorit Luar Negri, semoga menjadi inpirasi bagi kita semua untuk meningkatkan budidaya ikan hias untuk diekspor ke luar negri.


rujukan :
http://www.beritasatu.com/nusantara/223931-ikan-pelangi-populer-di-luar-negeri.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_pelangi_merah

http://mediabnr.com/2014/10/09/ekspor-super-red-arwana-indonesia-laris-manis-ke-asia

http://o-fish.com/Spesies/botia.php

http://www.duniaq.com/5-macam-warna-ikan-arwana-super-red/

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua