Thursday, 16 February 2017

Yuk Kenali Ikan Ikan Pemakan Jentik Nyamuk, Setelah Itu, Bolehlah Kita Pelihara Agar Lingkungan Kita Terbebas Dari Nyamuk


Ikan Ikan Pemakan Jentik Nyamuk, majalahikan.com | Halo sahabat majalah ikan semua, semoga semua sehat ya. Amin....Sahabat pastinya tau banget ama serangga yang bernama nyamuk kan, atau bahkan benci banget ama ini serangga penghisap darah??!!!

Siapa yang tau apa makanan nyamuk? Darah,,,,,,,salah.....😕😆 Sebenernya nyamuk memakan sari buah dan madu. Lalu kenapa si nyamuk menghisap darah kita, mamalia dan hewan lainnya?

Eh...... nggak semua nyamuk menghisap darah loh, hanya nyamuk betina saja yang menghisap darah, tau kenapa? itu karena nyamuk betina membutuhkan protein untuk pembentukan telur telurnya.

Berbicara tentang nyamuk, sudah barang tentu akan terlintas di benak sahabat yakni penyakit malaria, ya kan?

Tahukah sahabat, tidak hanya malaria saja, ada banyak penyakit yang ditransmisi oleh serangga yang keluar pada malam hari ini, seperti misalnya penyakit kaki gajah, demam kuning, demam berdarah dengue, encephalitis, dan virus Nil Barat.

Bahaya banget kan ni serangga, lebih bahaya lagi si nyamuk nakal ini tak lagi bergantung dengan racun serangga berbahaya. Karena, walaupun dengan racun serangga tetap saja wabah penyakit bawaan nyamuk hadir.

Sebelum sahabat beranjak ingin melihat ikan ikan pemakan jentik nyamuk, ada baiknya juga sahabat ketahui organisme lain yang juga sangat menguntungkan manusia dalam pengendalian nyamuk secara alami, agar pengetahuan kita sedikit bertambah.

Selain Ikan Ikan Pemakan Jentik Nyamuk, Berikut Adalah Hewan Hewan Yang Juga Predator Nyamuk Dan Jentik Nyamuk


Yang paling efektif untuk mengendalikan nyamuk ini adalah dengan organisme khusus yang memakan nyamuk.

Lalu apa saja organisme yang bisa mengendalikan nyamuk nyamuk nakal ini, salah satunya adalah katak.

Gambar Ikan Ikan Pemakan Jentik Nyamuk - Katak
Gambar Katak - Sumber - wall.alphacoders.com
Capung adalah serangga yang memangsa nyamuk dewasa dan larva capung ini juga memangsa larva nyamuk.

Gambar Ikan Ikan Pemakan Jentik Nyamuk - Capung
Gambar Capung - Sumber - wasiwa.com
Selain katak dan capung ada lagi hewan yang menjadi predator nyamuk, seperti misalnya Keleawar. Walaupun makanan utama keleawar bukanlah nyamuk, tapi paling tidak dalam dietnya 1 % nya adalah nyamuk.

Kelelawar sendiri walaupun reputasinya sangat buruk dimata petani buah, akan tetapi sebenarnya ia mahluk ciptaan Tuhan yang sangat bermanfaat dalam pengendalian nyamuk.

Gambar Ikan Ikan Pemakan Jentik Nyamuk - Kelelawar
Gambar Kelelawar - Sumber - kids-nationalgeographic.com
Burung martin ungu juga salah satu predator yang memangsa nyamuk, walaupun hanya 0-3 % dalam dietnya.

Gambar Ikan Ikan Pemakan Jentik Nyamuk - Burung martin ungu
Gambar Burung martin ungu - Sumber - audubon.org
Damselflies juga salah satu pemakan jentik nyamuk tahap awal yang efektif, karena ukuranya tidak sebesar capung maka ia hanya memangsa yang masih jentik. Tidak seperti capung yang memangsa nyamuknya.

Gambar Ikan Ikan Pemakan Jentik Nyamuk - Damselflies
Gambar Damselflies - Sumber - en.wikipedia.org

Selain serangga orgaisme yang bisa diandalkan untuk mengendalikan nyamuk adalah ikan. Ada banyak jenis ikan pemakan nyamuk, seperti yang akan dijelaskan berikut ini. Simak ya.......karena mungkin ikan predator nyamuk ( jentik nyamuk ) salah satunya adalah jenis ikan hias yang sahabat miliki, dan sebab itu sahabat bisa berbangga diri karena ikut memberantas perkembangan si nyamuk nakal di lingkungan sahabat.

Jenis Ikan Ikan Pemakan Jentik Nyamuk


1. Ikan Hias Killifish

Gambar Ikan Ikan Pemakan Jentik Nyamuk - Ikan Killifish
Gambar Ikan Killifish - Sumber - bbc.com

Salah satu jenis ikan hias air tawar yang doyan banget memangsa jentik nyamuk adalah ikan killifish. Selain itu, ikan killifish juga memangsa krustacea dan cacing.

Ikan killifish ini juga mampu berkembang biak di air payau yang mana menjadi tempat kegemaran si nyamuk untuk bertelur. Jadi ikan killifish ini merupakan organisme yang turut serta menjaga lingkungan kita dari bahanya nyamuk.

Ada banyak sekali spesies dari ikan killifis ini, dan yang tercatat ada 1.270 spesies. Sedangkan dari keluarga Rivulidae adalah yang terbesar, karena memiliki lebih dari 320 spesies.

Dari jenis jenis ikan kilifish ini, yang paling populer digunakan untuk mengendalikan larva nyamuk adalah Banded killifish (Fundulus diaphanus), bahkan ikan pemakan jentik nyamuk satu ini banyak digunakan oleh lembaga lembaga pengendalian nyamuk.

Gambar Ikan Ikan Pemakan Jentik Nyamuk - Ikan Fundulus diaphanus
Gambar Ikan Banded killifish (Fundulus diaphanus) - Sumber - jonahsaquarium.com
Banded killifish (Fundulus diaphanus) adalah salah satu dari jenis ikan kilifish yang masuk daftar IUCN yang statusnya masih bimbang.

2. Belut

Gambar Ikan Ikan Pemakan Jentik Nyamuk-Ikan Belut
Gambar Ikan Belut - Sumber - ikanikankeren.blogspot.co.id

Belut juga termasuk jenis ikan yang memangsa jentik nyamuk. Selain itu, belut juga memangsa ikan ikan kecil, cacing, krustacea dan lain lain.

3. Affinis gambusia

Gambar Ikan Ikan Pemakan Jentik Nyamuk - Ikan Affinis gambusia
Gambar Ikan Affinis gambusia - Sumber - fishpondfever.wordpress.com

Affinis gambusia atau lebih dikenal dengan nama Mosquitofish adalah salah satu ikan air tawar yang memangsa jentik nyamuk.Ikan air tawar ini mirip sekali dengan jenis ikan hias air tawar Guppy. Untuk ukuran jantan ikan Mosquitofish ini kurang lebih 4 cm ( 1,6 in ) sedangkan untuk betinanya memiliki ukuran 7 cm ( 2,8 in ).

Untuk ikan betina bisa memakan jentik nyamuk hingga 200 jentik nyamuk dalam kurun waktu satu jam saja. Selain menjadi predator jentik nyamuk, ikan Mosquitofish ini juga memangsa kumbang, larva capung, tungau, invertebrata dan caddisflies ( serangga ).

Mosquitofish banyak digunakan di Amerika untuk pengedalian larva nyamuk atau jentik nyamuk. Itu sebabnya ikan ini diberi nama Mosquitofish. Sedangkan di Indonesia, ikan pemakan nyamuk ini dinamai ikan cere.

4. Ikan Mas

Gambar Ikan Ikan Pemakan Jentik Nyamuk - Ikan Mas
Gambar Ikan Mas - Sumber - akuariumhias.blogspot.co.id
Ikan mas sendiri banyak sekali jenisnya, mulai dari yang untuk ikan hias seperti misalnya ikan koi, ikan koki, ikan komet, hingga ikan konsumsi. Akan tetapi, untuk ikan koi walaupun ikan ini juga bisa memangsa jentik nyamuk dirasa kurang efektif dalam pengendalian nyamuk.

Untuk itu, pada umumnya yang terjadi jika memang ikan koi ini dimanfaatkan untuk membasmi atau untuk mengurangi populasi nyamuk dicampur dengan ikan komet. Karena ikan komet ini lebih efektif dalam memakan jentik nyamuk. Dan ini dilakukan di banyak Negara.

5. Ikan Cupang

Gambar ikan ikan pemakan jentik nyamuk - Ikan Cupang Betina ( Female )
Gambar Ikan Cupang Betina - Sumber - aquariadise.com
Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling populer di pelihara, selain itu, ikan yang juga disebut ikan laga ini juga termasuk jenis ikan hias yang mudah untuk dipelihara.

Di alam liar atau ikan cupang alam juga memangsa atau menjadi predator jentik nyamuk. Terlebih ikan cupang ini ketika dipelihara sebagai ikan hias juga diberi makan cuk atau jentik nyamuk. Karena, jentik nyamuk ini termasuk salah satu makanan terbaik untuk ikan cupang.

Bahkan dalam budidaya ikan cupang, jentik nyamuk ( harus ) diberikan pada ikan cupang betina, agar telurnya cepat matang.

6. Ikan Guppy

Gambar Ikan Ikan Pemakan Jentik Nyamuk - Ikan Guppy
Gambar Ikan Guppy - Sumber - aquariumtidings.com

Ikan guppy atau atau ikan gupi yang diberbagai daerah memiliki sebutan berbeda beda, seperti misalnya ikan gepi, ikan bungkreung, ikan cithul, ikan klataw dan lain sebagainya juga salah satu dari jenis ikan ikan pemakan jentik nyamuk.

Ikan ini juga salah satu jenis ikan hias yang populer dipelihara baik di aquascape atau aquarium. Selain itu, ikan guppy ini sangat mudah beranak pinak, oleh karena itu banyak yang membudidayakan ikan guppy ini karena mudahnya.

Ikan guppy ini banyak ditemukan di parit parit ataupun di sawah sawah yang mana menjadi salah satu tempat untuk nyamuk menempatkan telurnya. Jadi, ikan guppy ini sangat efektif dalam mengurangi populasi nyamuk.

Banyak yang bilang memang demikian adanya, bahwasanya ikan guppy ini termasuk dari jenis ikan ikan pemakan jentik nyamuk. Akan tetapi, ikan guppy di alam liar hanya tumbuh kurang lebih sekitar 35 mm, dan sangat tidak mungkin memakan jentik nyamuk.

Ini terbukti ketika secara acak ( ukuran ) admin memasukan jentik nyamuk ke kolam budidaya ikan guppy, ikan guppy jantan hanya makan beberapa ekor jentik nyamuk yang ukuranya kecil sekali, berbeda dengan ikan guppy betina yang lebih banyak memakan jentik nyamuk karena memang ukuran ikan guppy betina lebih besar dari pada ikan guppy jantan.

Yuppps....... apapun yang terjadi ( efektif atau tidak ), yang jelas ikan guppy ini termasuk salah satu dari jenis ikan ikan pemakan jentik nyamuk

7. Ikan Kepala Timah (Aplocheilus panchax)

Gambar Ikan Ikan Pemakan Jentik Nyamuk - Ikan Kepala Timah (Aplocheilus panchax)
Gambar Ikan Kepala Timah (Aplocheilus panchax) - Sumber - id.wikipedia.org
Jenis ikan ikan pemakan jentik nyamuk selanjutnya adalah ikan kepala timah, ikan ini bisa tumbuh hingga 55 mm lebih, dan dalam percobaan yang pernah dilakukan ikan kepala timah ini dalam waktu tiga jam pemberian pakan mampu memangsa jentik nyamuk 53-65 ekor jentik dari jenis nyamuk Culex quinquefasciatus.

8.  Ikan molly

Gambar Ikan Ikan Pemakan Jentik Nyamuk - Ikan Molly
Gambar Ikan Molly - Sumber - masirul.com
Jenis ikan ikan pemakan jentik nyamuk selanjutnya adalah ikan molly. Baik ikan cupang molly dan ikan pedang dalam memangsa jentik nyamuk ini sebenarnya pernah admin singgung di tulisan HEBATNYA CUPANG, MOLLY DAN IKAN PEDANG. Ada banyak sekali jenis ikan molly ini, seperti misalnya ikan molly balon, ikan black molly dan yang lainya.

Admin sendiri ketika memberi jentik nyamuk pada ikan hias yang satu ini dalam bak budidaya ikan molly ( black molly dan molly balon ), mereka melahap jentik nyamuk tanpa tersisa, sebanyak yang bisa admin beri dengan sangat cepat mereka menghabiskanya.

9. Ikan Swordtail ( ikan pedang)

Gambar Ikan Ikan Pemakan Jentik Nyamuk - Ikan Swordtail
Gambar Ikan Swordtail ( ikan pedang) - Sumber - seputarikan.Com
Ikan unik yang satu ini juga termasuk dari jenis ikan ikan pemakan jentik nyamuk, admin sudah membuktikanya, jentik nyamuk yang dimasukan ke kolam budidaya ikan berekor seperti pedang ini disambarnya dengan cepat, bahkan karena ukuranya yang lebih besar ( tubuh memanjang ) ketimbang ikan molly, ikan cupang, ikan guppy jadi mampu melahap jentik nyamuk lebih banyak dan lebih cepat.

Nah itulah ikan ikan pemakan jentik nyamuk yang bisa sahabat pelihara sebagai sumbangsih kita untuk mengurangi populasi nyamuk.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua