Sunday, 4 September 2016

16 Jenis Ikan Komet Yang Musti Sahabat Lihat


Jenis Ikan Komet, majalahikan.com | Ikan komet merupakan salah satu dari sekian banyak jenis ikan hias air tawar. Ikan hias ini mudah dipelihara, untuk memelihara dan merawat ikan komet bisa di akuarium, akan tetapi ikan ini akan lebih cantik ketika dipelihara di kolam ikan hias layaknya ikan koi.

16 Jenis Ikan Komet Yang Musti Sahabat Lihat


Ada banyak jenis ikan komet yang beredar dipasaran, akan tetapi banyak juga dari sahabat yang belum mengenalnya. Untuk itu majalah ikan mencoba berbagi pada sahabat semua mengenai jenis jenis ikan komet ini.

Sebelum kita lihat berbagai varian dari ikan komet ini ada baiknya jika sahabat tahu asal usul ikan yang memiliki ekor panjang ini.

Sekilas Tentang Ikan Komet


Sekilas Tentang Ikan Komet Dan 16 Jenis Ikan Komet Yang Musti Sahabat Lihat




Ikan komet adalah ikan mas Amerika. Mereka dikembangkan di tahun 1880-an oleh seorang karyawan Biro Perikanan US, Hugo Murlett. Biro Perikanan (sekarang US Fish and Wildlife Service) memiliki pembenihan ikan macam di Washington DC dan beberapa kolam, termasuk "Carp kolam", masih ada di National Mall dekat Monumen Washington.


Ikan komet ini dikembangkan dengan menyeberangi veiltail untuk hibuna umum. Murlett memberi nama ikan tersubut 'Komet' karena mereka mengingatkannya pada beberapa komet yang menonjol terlihat di langit selama dekade itu.

Murlett meninggalkan pekerjaan federalnya untuk memproduksi ikan mas dan membuat bisnis pada skala komersial dan kemudian dijelaskan teknik-teknik dalam buku populer.

Ikan komet langsung menjadi dikenal secara luas di seluruh negeri dan, sampai hari ini, komet tetap paling populer variasi dalam negeri.


Jenis ikan komet mirip dengan ikan mas biasa (hibuna) dengan tubuh memanjang dan ekor tunggal. Akan tetapi ikan komet biasanya sedikit lebih ramping dari ikan mas umum.

Selain itu ikan komet memiliki ekor yang panjang, bahkan panjangnya setengah dari panjang tubuhnya, terkadang ekor ikan komet lebih panjang dari tubuhnya. Kebanyakan komet memiliki ekor pita dengan lobus sempit dan ujung runcing.

Warna yang paling populer untuk ikan komet merah atau beraneka ragam merah dan putih. Yang merah dan putih disebut dengan nama Jepang mereka, 'Sarasa'.


Dan Inilah Jenis Ikan Komet Yang Musti Sahabat Lihat


1. Jenis Ikan Komet Merah Slayer - Red Komet Slayer

Jenis Ikan Komet Merah Slayer - Red Komet Slayer


Untuk yang pertama adalah ikan komet merah slayer, seperti namanya ikan komet jenis ini memiliki warna merah di sekujur tubuhnya, begitu pula ekornya. Akan tetapi ada juga yang warnanya orange.


Ukuran tubuhnya lebih kecil dari ukuran komet yang lainya, ciri khas dari komet merah slayer ini adalah ekornya yang menjuntai. Karena ikan komet ini adalah salah satu yang masuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail. 

2. Jenis Ikan Komet Merah - Red Komet


Jenis Ikan Komet Merah - Red Comet


Yang kedua ini juga masuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail. Ciri cirinya adalah seluruh bagian tubuhnya berwarna merah, kecuali sirip dan ekornya.

Selain itu body ikan komet merah ini agak pipih dan sedikit membulat.

3. Jenis Ikan Komet Sara - Comet Sara


Jenis Ikan Komet Sara - Comet Sara

Jenis ikan komet yang ketiga ini juga termasuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail. Ikan komet ini warna tubuhnya hanya dominan putih. Akan tetapi ciri khususnya adalah adanya pola warna merah pada bagian atas kepalanya.

4. Jenis Ikan Komet Hitam Putih - Komet Black White


Jenis Ikan Komet Hitam Putih - Komet Black White

Yang ke empat juga termasuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail. Komet yang memiliki warna hitam dan putih ini sangat cantik jika dilihat dari atas. 

5. Jenis Ikan Komet Merah Hitam - Komet Red Black


Jenis Ikan Komet Merah Hitam - Komet Red Black

Di urutan yang kelima dari jenis ikan komet adalah Comet Red Black dan juga termasuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail.

Ciri khas ikan komet yang satu ini adalah warna merah sebagi warna dasar dan warna hitam yang berjalan dari sirip punggung hingga ke ekor sebagi coraknya.

6. Jenis Ikan Komet Common - Common Komet


Jenis Ikan Komet Common - Common Komet

Ciri khusus komet common ini adalah warnya yang bersinar bagai perak. Warna perak ini tidak terlihat pada bagian perutnya. Berbeda dengan jenis yang disebutkan sebelumnya, ikan komet comon ini termasuk dalam klasifikasi ikan mas jenis ekor tunggal atau single tail

7. Jenis Ikan Komet Marigold - Marigold Comet

Jenis Ikan Komet Marigold - Marigold CometWarnanya yang kuning ke-emasan menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan komet marigold. Dan marigold juga salah satu ikan mas ang masuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail. 

8. Jenis Ikan Komet Shubukin Merah - Red Shubunkin

Jenis Ikan Komet Shubukin Merah - Red Shubunkin

Ikan komet yang satu ini juga salah satu dari ikan mas yang masuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail.

Warnanya sangat ceria, yakni warna dasarnya merah dengan perpaduan bintik - bintik hitam. Dan ciri khususnya adalah adanya warna putih pada bagian kepalanya.

9. Jenis Ikan Komet Shubunkin - Komet Shubunkin


Jenis Ikan Komet Shubunkin - Komet Shubunkin

Warna dasarnya putih dengan taburan bercak - bercak hitam pada bsgian bagian tubuhnya juga dikombinasi warna merah menjadikan ikan komet shubukin memiliki keindahan tersendiri.

Ikan komet yang juga masuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail ini, tentunya akan memikat hati para sahabat. Selain itu, jenis shubukin ini banyak beredar di pasar pasar ikan hias.

10. Jenis Ikan Komet Warna Hitam - Black Kometfish


Jenis Ikan Komet Warna Hitam - Black Kometfish

Diurutan yang ke 10 juga termasuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail.

Jika sahabat suka dengan warna hitam, ikan komet hitam adalah pilihan yang tepat. Karena selain pada bagian perut, seluruh bagian tubuhnya berwarna hitam.

11. Jenis Ikan Komet Sarasa - Sarasa Komet


Jenis Ikan Komet Sarasa - Sarasa Komet

Sekedar gurauan, jika sahabat tidak mampu membeli jenis ikan koi kohaku, disarankan untuk memelihara ikan komet sarasa. Karena dari segi warna, ikan komet sarasa hampir serupa dengan koi kohaku yakni kombinasi merah dan putih.

Dijamin deh,,,,,,,Selain harga ikan komet murah meriah, dalam memelihara dan merawatnya juga mudah. Di tambah lagi nih sahabat.........ekornya yang menjuntai terkesan anggun banget, karena ikan komet sarasa termasuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail.

12. Jenis Ikan Komet Yellow


Jenis Ikan Komet Yellow

Nah yang ini cucok banget untuk sahabat yang demen ama warna kuning, ikan komet yellow adalah ikan komet yang seluruh bagian tubuhnya berwarna kuning.

13. Jenis Ikan Komet Tancho


Jenis Ikan Komet Tancho

Layaknya jenis ikan koi tanco, yang memiliki pola warna merah di atas kepalanya, ikan komet jenis tancho juga memiliki pola tersebut. Ekor ikan komet tancho adalah jenis ekor tunggal.

14. Jenis Ikan Komet Harimau - Tiger Yellow Kometfish

Jenis Ikan Komet Harimau - Tiger Yellow Kometfish

Berbeda dengan ikan komet jenis lainya yang harganya sangat terjangkau, Tiger Yellow cometfish termasuk ikan komet yang bernilai tinggi. Itu karena jenis Tiger Yellow cometfish masih jarang beredar di pasar - pasar ikan hias tradisional.

Warnanya yang belang bagai harimau dan ekornya yang mengembang merupakan ciri khusus Tiger Yellow cometfish.

15. Jenis Ikan Komet Red Calico


Jenis Ikan Komet Red Calico

Ciri ciri ikan komet Red Calico warna dasarnya adalah merah dengan taburan bercak atau bitik - bintik hitam, akan tetapi ekor dan siripnya berwarna putih.

16. Jenis Ikan Komet Rain Garden


Jenis Ikan Komet Rain Garden

Nah usai sudah ulasan tentang Jenis Ikan Komet Yang Musti Sahabat Lihat, jika tulisan ini berkesan di hati para sahabat, tolong bantu di share ya.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua