Friday, 30 September 2016

Profil Ikan Hias Black Molly Yang Musti Sahabat Ketahui Dan Cara Merawatnya


Profil Ikan Hias Black Molly Yang Musti Sahabat Ketahui Dan Cara Merawatnya, majalahikan.com |  Black Molly (Poecilia sphenops) adalah jenis ikan hias air tawar dari marga Poecilia, yang mana setiap dari jenis ikan molly biasanya langsung mengacu pada Poecilia sphenops. 

Gambar Profil Ikan Hias Black Molly Yang Musti Sahabat Ketahui Dan Cara Merawatnya

Ikan black molly meupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang juga populer dipelihara di aquascape. Ikan hias ini seluruh tubuhnya berwarna hitam dengan sirip pendek. Pada saat masih remaja ikan black mollly ini memiliki warna sedikit perak.

Black molly adalah ikan asli Amerika Selatan dan Amerika Tengah, dan dapat ditemukan dari Venezuela di selatan, ke Meksiko di utara. Juga ditemukan di beberapa pulau Karibia.

Di alam liar ikan black molly terutama mendiami sungai air tawar, tetapi mereka juga dapat ditemukan hidup di perairan laut pesisir payau dan rawa.

Meskipun ikan ini juga ditemukan di perairan laut pesisisr, akan tetapi ikan black molly lebih suka dengan air tawar.

Ikan black molly termasuk jenis ikan hias air tawar livebreare, artinya ikan yang telurnya ada didalam tubuh lalu burayak dilahirkan. Ikan ini dalam pemeliharaan yang baik bisa hidup selama tiga tahun, meskipun kadang ada yang bisa sampai lima tahun.

Ukuran maksimal ikan hias yang berwarna hitam ini, untuk yang jantan 3 inci (7,5 cm), sedangkan untuk ang betina 5 inci (12,5 cm).


Cara Merawat Ikan Hias Black Molly

Gambar Dan Foto Profil Ikan Hias Black Molly Yang Musti Sahabat Ketahui Dan Cara Merawatnya

Untuk merawat ikan black molly ini akuarium yang diperlukan minimal bisa menampung air sebanyak 110 liter, ukuran ini adalah ukuran untuk sekelompok black molly yang tanpa memperhitungkan jika nanti ada burayak yang lahir.

Sedangkan jika memperhatikan burayak yang lahir dan dapat tumbuh dengan  baik, maka akuarium yang direkomendasikan yang mampu menampung air sebanyak 170 liter.

Untuk memelihara ikan black molly ini harus memperhatikan rasio antara jantan dan betina. Yang paling pas adalah satu ekor jantan dengan tiga ekor betina.

Perbandingan rasio ini agar supaya ikan black molly betina tidak stres dan akhirnya berujung kematian, karena kecenderungan sifat ikan jantan yang selalu mengejar ikan betina.

Ikan ini juga memakan burayak yang dilahirkanya, untuk itu tanaman aquascape yang paling ideal untuk merawat ikan black molly ini adalah Amazon tanaman pedang s, Hygrophila polysperma , pakis Java , Jawa lumut , sprite air dan wisteria air.

Ikan black molly merupan jenis ikan hias air tawar yang mudah untuk dipelihara, bahkan untuk pemula. Yang terpenting dalam merawat ikan molly ini adalah adanya filter yang baik.

Ikan black molly adalah ikan omnivora, dan di alam bebas biasanya memakan memakan invertebrata, materi tanaman dan detritus. Sedangkan pemberian pakan dalam perawatan makanan hidup favorit mereka adalah larva atau jentik nyamuk, bloodworms, blackworms, daphnia (kutu air) dan udang air garam.

Demikian sekilas tentang Profil Ikan Hias Black Molly Yang Musti Sahabat Ketahui Dan Cara Merawatnya. Untuk budidaya ikan molly ini bisa sahabat baca juga di: Ikan Black Molly Dan Cara Budidayanya .

0 comments

Post a Comment

Mohon Maaf Sebelumnya Komentar Dengan Link Akan Di Hapus