Friday, 21 October 2016

Makanan Ikan Cupang Terbaik Yang Musti Sahabat Berikan Pada Ikan Laga Sahabat



Makanan Ikan Cupang Terbaik Yang Musti Sahabat Berikan Pada Ikan Laga Sahabat, majalahikan.com | Nah bagi sahabat majalah ikan ( khususnya pemula ) yang lagi belajar membudidayakan ikan cupang, musti tahu nih makanan yang baik dan bernutrisi tinggi untuk cupang - cupang sahabat.

Untuk sahabat yang belum tahu dan ingin membudidayakan ikan cupang, silahkan baca dulu 5 Cara Mudah Untuk Pemula Berbudidaya Ikan Cupang dan agar berhasil silahkan baca juga 5 Alasan Kenapa Anda Gagal Berbudidaya Ikan Cupang akan tetapi jika sahabat ingin lebih sukses dalam budidaya ikan cupang hingga panen, alangkah lebih baiknya jika membaca juga Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Tidak Mati Mulai Dari Telur Hingga Siap Jual

Nah kali ini untuk melengkapi keberhasilan sahabat dalam budidaya ikan cupang, majalah ikan paparkan makanan terbaik yang bisa sahabat berikan pada ikan cupang sahabat.

Pemberian pakan pada ikan cupang memang harus tepat, seperti misalnya ikan cupang yang baru menetas dari telurnya, ukuranya yang sangat kecil mengharuskan makanan juga sesuai dengan mulutnya dan juga yang banyak mengandung protein tinggi untuk menunjang pertumbuhanya.

Sama halnya untuk ikan cupang dewasa yang tidak begitu banyak memerlukan pakan yang mengandung protein tinggi, karena pada fase ini bukan lagi pakan yang menunjang pertumbuhan yang musti diberikan.

Sekarang mari kita lihat makanan ikan cupang terbaik dan tepat dalam pemberianya.

4 Makanan Ikan Cupang Terbaik Untuk Pertumbuhan


1. Kutu Air


Gambar Kutu air Makanan Ikan Cupang Terbaik Yang Musti Sahabat Berikan Pada Ikan Laga Sahabat

Kutu air ini merupakan pakan ikan cupang terbaik terutama burayak ikan cupang. Ukuranya yang sangat kecil dan kandungan proteinya yang tinggi menjadikan kutu air sangat disukai burayak ikan cupang.

Biasanya kutu air ini dikenalkan atau diberikan pada burayak ikan cupang yang mulai berumur 4 hari. Ada 2 jenis kutu air yang biasanya diberikan pada ikan cupang yakni daphnia dan moina.

Kutu air ini agak susah untuk didapat, maka dari itu dibutuhkan juga budidaya atau kultur kutu air, agar kebutuhan nutrisi pada burayak ikan cupang selalu tersedia dan terpenuhi.

Sahabat majalah ikan juga bisa membudidayakanya dengan mudah, baca dulu Budidaya Kutu Air Dengan Kol Dan Tanpa Bibit dan coba praktekan.

2. Microworm



Gambar Microworm Makanan Ikan Cupang Terbaik Yang Musti Sahabat Berikan Pada Ikan Laga Sahabat

Nah seperti kita ketahui bahwasanya sukses tidakanya dalam budidaya ikan cupang tergantung seberapa gigihnya kita merawat burayak yang bbaru lahir, karena di masa usia burayak 3 hari merupakan fase yang sangat retan.

Di umur 3 hari ini burayak ikan cupang sudah mulai mencari makan, karena persediaan pakan dari telur sudah mulai habis. Selain dengan kutu air,  Microworm juga pilihan tepat untuk diberikan. Pasalnya selain ukuranya yang kecil,  Microworm uga memiliki kandungan protein yang tinggi.

Microworm merupakan makanan terbaik untuk cupang sahabat yang masih kecil ( burayak ), pergerakanya akan menarik perhatian burayak.

Nah apa itu  Microworm? Microworm memiliki nama latin Redivivus Panagrellus, adalah nematoda yang hidup dengan media yg mengandung asam karena proses fermentasi (Sour nematoda paste).

3. Mikro Organisme


Gambar Micro organisme Makanan Ikan Cupang Terbaik Yang Musti Sahabat Berikan Pada Ikan Laga Sahabat

Yang ini menurut pengamatan admin sendiri juga makanan terbaik untuk burayak ikan cupang. Sebenarnya admin  hanya mengamati suami admin, yang admin kira juga efektif diberikan bagi sahabat yang malas mencari pakan untuk burayak.

Mikro Organisme ini admin lihat dibuat dari daun ketapang yang dibusukan di dalam kolam pembesaran ikan cupang, yang menjadi heran admin para burayak itu tumbuh dengan sendirinya, bahkan suami admin tidak memberi makan burayak hingga burayak bisa memangsa jentik nyamuk yang masih ukuran kecil atau barau menetas dari telurnya.

Yang admin amati, ketika sudah beberapa hari sang saumi hanya menambahkan daun ketapang kekolam pembesaran.

4. Cacing Sutera


Gambar Cacing Sutra Makanan Ikan Cupang Terbaik Yang Musti Sahabat Berikan Pada Ikan Laga Sahabat

Makanan ikan cupang terbaik selanjutnya adalah cacing sutera. Pertumbuhan ikan cupang akan melaju dengan cepat dengan pemberian cacing sutra secara teratur, hanya saja cacing sutra ini akan membuat kualitas air jadi kurang baik ( cepat kotor ). Maka dari itu berikan cacing sutra setelah benar benar bersih dibilas.

Cacing sutra bisa didapatkan dari penjual cacing sutra, harganya relatif murah, akan tetapi cacing sutra terkadang sulit juga didapat. Jadi sahabat juga harus bisa mencari penggganti pakan yang lain.


5. Cacing Darah


Gambar Cacing Darah Makanan Ikan Cupang Terbaik Yang Musti Sahabat Berikan Pada Ikan Laga Sahabat

Sebenarnya  Cacing darah bukan dari golongan cacing, melainkan larva nyamuk Chironomous sp. Ikan cupang juga merupakan ikan predator, dan suka dengan acara berburu. Yang mana biasanya cacing darah diberikan ketika sudah mati ikan cupang kurang suka, maka berikan cacing darah ketika masih hidup.

6. Jentik Nyamuk


Gambar Jentik Nyamuk Makanan Ikan Cupang Terbaik Yang Musti Sahabat Berikan Pada Ikan Laga Sahabat

Makanan terbaik selanjutnya untuk ikan cupang sahabat adalah jentik nyamuk, pakan ini memiliki kandungan protein yang juga tinggi, selain itu jentik nyamuk lebih mudah didapat ketimbang pakan cupang lainya.

Jentik nyamuk bisa sahabat cari di got atau genangan air, jentik nyamuk juga bisa dibudiyaya seperti yang suami admin lakukan.


Demikianlah ulasan Makanan Ikan Cupang Terbaik Yang Musti Sahabat Berikan Pada Ikan Laga Sahabat. Semoga memberi informasi dan bermanfaat.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua