Thursday, 10 March 2016

Ikan Koi Blitar Dan Tips Membeli Ikan Koi

 

Ikan Koi Blitar Dan Tips Membeli Ikan Koi

Ikan Koi Blitar
ikanjual.blogspot.com


Ikan Koi Blitar 

Koi adalah ikan hias air tawar yang mujarab untuk menghilangkan stres setelah seharian lelah bekerja.

Banyak orang baik di kota maupun di pedesaan yang membuat kolam ikan untuk diisi koi, baik itu kolam ikan koi minimalis maupun kolam yang luas.

Tak jarang para kolektor maupun hobiis ikan koi yang membuat desain kolam koi dengan biaya yang tidak sedikit untuk memelihara ikan koi.

koicikarang.blogspot.com
Baca juga : Sudahkah Anda Memepaersiapkan 4 Hal Penting Ini Sebelum Membuat Kolam Koi?

Berbicara tentang ikan koi, tentunya tak lepas dari budidaya ikan koi. Nah di Indonesia Negara tercinta ini ada dua setra koi yang paling populer.

Yang pertama di Sukabumi dan yang kedua di Blitar, dari kedua sentra ikan koi ini kadang-kadang menjadikan para pembeli menanyakan pada pedagang ikan hias, apakah ikan koi Sukabumi ataukah ikan koi blitar yang hedak dibelinya.

Tak jarang juga para pedagang mengaku ikan koi miliknya adalah ikan koi blitar, padahal bukan.

Kenapa sampai demikian, dan bagaimanakah cara kita membedakan antara ikan koi blitar dan ikan koi suka bumi ? Untuk itu majalahikan.com mengulasnya agar kita jeli dan selektif dalam membeli ikan koi.


Sejarah Budidaya Ikan Koi Blitar Di Kecamatan Tambakboyo

patung Ikan Koi Blitar
jelajah-nesia.blogspot.com
Ikan koi blitar, tepatnya di desa tambakboya sebenarnya idenya berasal dari kota Sukabumi.

Budidaya ikan koi di Blitar dikenalkan oleh bpk Mashuri pada tahun 1982, pada awalnya beliu pergi ke jawa barat tepatnya di sukabumi.

Ikan koi blitar (tambakboyo) yang pertama kali dikenalkan oleh bpk Mashuri memiliki kualitas yang bagus.

Cara budidaya ikan koi yang dilakukan oleh para petani ikan koi blitar adalah faktor utama penentu kualitas ikan koi, pasalnya para petani dalam melakukan proses budidaya selalu menjaga kemurnian akan ikan koi-nya.

Untuk menjaga keunggulan kualitasnya para petani ikan koi dari blitar ini sangatlah selektif dan cermat. Seperti misalnya ikan koi tidak disilangkan dengan ikan yang bukan jenis koi.

Selain itu, pada saat proses penyortiran dilakukan 5-6 kali penyortiran pada saat ikan koi berumur 1-2 bulan, makanya ikan koi blitar sangat berkelas.

proses sortir Ikan Koi Blitar
blitar-koi-fish.blogspot.com

Hebatnya lagi, dari hasil proses sortir ini ikan koi yang jelek dijadikan pakan ikan lele, karena para pembudidaya ikan koi di blitar ini beranggapan bahwasanya tidak ada gunanya memebesarkan ikan koi yang tidak bermutu, karena harga jualnya tidak sebanding dengan pakan yang diberikan.

Kualitas Ikan Koi Sukabumi

Ikan Koi Blitar Dan Ikan Koi sukabumi
samarata.com
Di Cianjur, penangkaran ikan koi di daerah UPTD Intalasi Ciherang milik Departemen Kelautan dan Perikanan ternyata menghasilkan ikan koi yang bermutu dan berkualitas sangat baik. Bahkan ikan koi hasil sortiran yang berdasarkan corak bisa ekspor sampai ke Eropa.

Hebatnya lagi, ikan koi yang tidak diekspor ke Eropa karena tidak lolos sotiran masih bisa dikirim ke Arab, karena para penggemar ikan koi di daerah Arab menyukai ikan koi yang tidak lolos pada proses sortir tersebut.

Makanya ikan koi dari UPTD yang kualitasnya kurang bagus tidak langsung dijual ke pasar tradisional.

Nah melihat dari sejarah budidaya ikan koi blitar dan budidaya ikan koi sukabumi ini, yang ternyata juga berkualitas unggul dan ekspor, tentunya menjadikan kebingungan bagi para pemula untuk membeli ikan koi.

Tips Memilih Saat Membeli Ikan Koi Blitar Ataupun Koi Sukabumi

Ikan Koi Blitar Dan Tips Membelinya
www.koi-s.org
Ketika ingin membeli ikan koi dan menghendaki ikan koi blitar, maka sebaiknya cari penjual yang berasal dari blitar, ada banyak penjual ikan koi yang berasal dari blitar.

Bahkan para pedagang koi  dari blitar ada pula yang juga memiliki tambak atau kolam sendiri di blitar dan menerima pasokan ikan koi setiap seminggu sekali.

Nah ketika pasokan tersebut tiba, maka sang penjual menyortir. Ikan koi yang bagus dipelihara dan diikutkan kontes ikan koi, lalu dijual dengan harga yang lumayan mahal. Sedangkan sisa sortiran yang kualitasnya kurang bagus dijual dengan harga murah.

Pada dasarnya ikan koi blitar memang memiliki warna agak lebih bagus ketimbang ikan koi dari sukabumi, diantara para penghobi ikan koi ada yang mengatakan bahwasanya ciri- ciri ikan koi blitar warna kuning ataupun merahnya lebih terang dan warna putihnya seputih salju. Dan memang dari segi warna ini bisa di lihat perbedaan ikan koi blitar dan ikan koi sukabumi.

Dipasaran harga ikan koi blitar memang lebih mahal dibanding ikan koi sukabumi. Misalnya saja ikan koi kohaku blitar, yang berukuran 10 cm dengan kualitas super dipatok dengan harga 100 ribu hingga 1 jutaan.

Lain halnya dengan ikan koi blitar, harga ikan koi kohaku sukabumi dengan ukuran yang sama bisa di bawa pulang hanya dengan 10 hingga 15 ribu per ekor.

Pada saat membeli ikan koi yang terpenting adalah warna yang bagus dan bentuk tubuh yang bagus pula, jangan terlalu percaya dengan penjual ikan koi yang mengaku bahwasanya ikan miliknya adalah ikan koi blitar.

Jika warna menyolok dan bentuk tubuh ikan koi proporsional, maka patut dibali walupun sebenarnya ikan koi tersebut bukan koi blitar....syukur-syukur harganya murah.

Semoga Ikan Koi Blitar Dan Tips Membeli Ikan Koi ini bisa bermanfaat, dan menjadikan anda lebih selektif dalam memilih ikan koi.


referensi :

http://moanbb.blogspot.com/2008/07/koi-blitar-vs-koi-sukabumi.html

centralkoi.com/koi-care/menerawang-sentra-koi-blitar.html

http://www.jitunews.com/read/21978/mashuri-pioneer-budidaya-koi-blitar--ikan-koi-blitar-tak-kalah-dengan-koi-jepang 


0 comments

Post a Comment

Mohon Maaf Sebelumnya Komentar Dengan Link Akan Di Hapus