Wednesday, 19 October 2016

Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil

Gambar Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil

Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil, majalahikan.com | Ikan gabus adalah jenis ikan predator air tawar, biasanya di alam bebas memangsa katak dan ikan kecil.



Ikan gabus juga merupakan jenis ikan konsumsi yang digemari, ikan ini bisa diolah dengan berbagai resep masakan. Cara mengolah ikan gabus bisa dibuat sup, digoreng, dikukus, maupun dikasih santan.


Diberbagai daerah di Nusantara, ikan air tawar ini memiliki banyak nama, seperti misalanya orang sunda dan banyu mas menyebutnya dengan ikan bogo.

Untuk orang jawa sendiri menyebut ikan ini dengan nama ikan kutuk. Masih banyak lagi nama ikan gabus ini, seperti haruan, boyong, lincingan dll.

Sedangkan nama latin atau nama ilmiahnya
adalah Channa striata. Sedangkan dalam bahasa inggris ikan ini disebut dengan nama common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead, karena kepalanya yang menyerupai snake ( ular )

Itulah sekilas nama nama ikan gabus, tahukah anda ternyata selain daging ikan ini lembut, ternyata ikan konsumsi air tawar ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Seperti misalnya manfaat ikan gabus mempercepat penyembuhan setelah operasi, manfaat ikan gabus bagi penderita diabetes, manfaat ikan gabus untuk ibu hamil.

Itu karena ikan gabus kaya akan kandungan albumin, nah pada kesempatan kali ini majalah ikan akan berbagi informasi mengenai manfaat ikan gabus untuk ibu hamil terlabih dahulu.


Memahami Albumin Untuk Mengetahui Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil


Seperti uraian di atas bahwasanya ikan gabus kaya akan kandungan albumin, bahkan kandungan albumin pada ikan gabus lebih banyak dibanding dengan jenis ikan konsumsi lainya. Seperti misalnya, ikan lele, ikan bandeng, ikan mas, ikan nila, dan ikan konsumsi lainya.

Banyak orang menyebut kata albumin, akan tetapi terkadang tidak begitu jelas mengerti apa itu albumin. Nah albumin adalah protein utama yang terdapat dalam darah manusia. Mengatur tekanan osmotik dalam darah merupakan fungsi utama protein yang diproduksi oleh organ hati ini. Keseimbangan albumin dibutuhkan untuk menjaga agar cairan yang terdapat dalam darah tidak bocor ke jaringan tubuh.

Itulah albumin, betapa membutuhkanya tubuh kita akan protein ini. Bukan hanya kita, ibu hamil juga sangat memerlukan akan protein yang satu ini. Dan mari kita lihat manfaat ikan gabus untuk ibu hamil karena kaya akan kandungan albuminya.

Beberapa Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil


Sebenarnya manfaat yang akan disebutkan berikut ini adalah manfaat albumin, nah jika ibu hamil yang mengkonsumsi ikan gabus hingga kadar albumin dalam tubuhnya seimbang, maka akan mendapatkan beberapa manfaat seperti sebagai berikut.


1. Albumin Mengikat Darah

Siapapun anda pasti ketika melihat darah akan berfikir bahwasanya darah itu cair. Akan tetapi tahukah anda ternyata yang membuat tampak cair adalah albumin yang ada dalam darah. Yang mana albumin ini mengikat darah dengan cara mengikat seluruh sel dengan air.

Nah disinilah fungsi albumin, ketika albumin mengikat darah dan ternayata jumlahnya tidak sesuai, maka albumin akan memisahkan sel sel dalam darah dan cairan, sehingga darah tetap normal dan dalam keadaan sehat.

Disilah kenapa albumin sanagat bermanfaat untuk ibu hamil, karena darah yang sehat dan normal sangat diperlukan ibu yang sedang hamil, terutama bagi janin yang ada dalam kandunganya.

2. Albumin Menjaga Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh

Selain darah yang sehat dan juga normal, ibu hamil juga sangat membutuhkan kadar normal air. Karena ketidak normalan air dalam tubuh ibu hamil ( cairan tubuh kurang dan kering ) maka akan sangat mempengaruhi kesehatan ibu dan juga janinya.

Nah inilah salah satu fungsi albumin, yakni menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, karena jika cairan dalam tubuh seimbang maka sel sel dalam tubuh tetap berfungsi dengan sempurna.

Untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, albumin bekerja dengan cara membantu mengarahkan air di dalam darah masuk dalam sel, untuk mengembalikan kadar normal air dalam sel tersebut.

3.  Albumin Memperbaiki Kerusakan Jaringan Dalam Tubuh

Selain menjadi agen pembentukan sel, albumin juga memeiliki peranan yang sangat penting yakni meregenerasi sel.

Adanya regenerasi sel dan juga adanya agen pembentukan sel sangatlah diperlukan bagi ibu hamil, karena kerusakan sel tanpa adanya regenerasi sel dan agen pembentukan sel sangatlah tidak baik bagi ibu hamil dan juga janin yang ada dalam kandunganya.

Maka dari itu dengan mengkonsumsi ikan gabus, yang akan membuat kandungan albumin seimbang dan menjadikan kesehatan dan kekuatan sel akan tetap terjaga, sangat bagus bagi ibu hamil.

4. Albumin Menjadi Saluran Berbagai Nutrisi Dan Juga Hormon

Sehat tidaknya ibu hamil dan juga janin sangat dipengaruhi oleh asupan nutriasi yang tepat. Maka dari itu asupan nutrisi yang seimbang haruslah dipenuhi agar baik ibu maupaun janinya sehat.

Baik dalam proses kehamilan dan kelahiran, berbagai hormon sangat dibutuhkan. Dengan mengkonsumsi ikan gabus yang akhirnya memenuhi kbutuhan akan albumin, maka akan sangat mengurangi kesulitan dalam masa kehamilanya.

Itulah beberapa manfaat ikan gabus untuk ibu hamil, jika dengan mengkonsumsinya menjadikan asupan albumin dalam tubuh terpenuhi.

Akan tetapi sebaliknya, jika kandungan albumin dalam tubuh berlebihan maka juga kurang baik bagi si ibu yang sedang hamil, seperti misalnya Gangguan pernafasan, Menyebabkan penyakit leukimia, Menyebabkan iritasi kulit, Merusak fungsi ginjal, Menimbulkan peradangan sendi.

Demikian dan semoga memberi manfaat pada pembaca semua.

Baca juga :

0 comments

Post a Comment

Mohon Maaf Sebelumnya Komentar Dengan Link Akan Di Hapus