Sunday, 11 September 2016

Manfaat Ikan Teri Bagi Kesehatan Tubuh Kita



Manfaat Ikan Teri Bagi Kesehatan Tubuh Kita, majalahikan.com | Ikan teri ( Anchovy ) atau juga akrab dengan sebutan ikan bilis adalah sekelompok ikan laut kecil dari anggota suku Engraulidae.

Nama ikan teri ini mencakup berbagai ikan dengan warna tubuh perak kehijauan atau kebiruan.

Manfaat Ikan Teri Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Ikan teri merupakan jenis ikan konsumsi yang ditemukan di 17 negara, termasuk Indonesia. Ikan yang memiliki ukuran kecil ini memiliki 144 species.

Masyarakat Indonesia sendiri sangat menggemari ikan teri ini, terlebih ibu - ibu rumah tangga. Itu karena ikan teri bisa di olah dengan beragam resep, seperti misalnya resep ikan teri sambal kering. Selain itu harga ikan teri sangat ekonomis.

Ternyata ikan yang ukuran terbesarnya hanya 23 cm ini memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Bagi penderita penyakit Diabetes mengkonsumsi ikan teri ternyata juga baik.

Ikan teri juga salah satu jenis ikan yang baik dikonsumsi oleh oleh ibu yang sedang hamil karena kandungan gizinya.

Selain itu kandungan yang ada di ikan teri juga bermanfaat untuk menyehatkan jantung. Dan masih banyak lagi manfaat ikan teri bagi kesehatan tubuh kita, dan berikut adalah urainya.

Manfaat Ikan Teri Bagi Kesehatan Tubuh Kita Dan Penderita Diabetes


Ikan teri basah adalah ikan teri yang belum dikeringkan, ikan teri yang masih segar ini masih kaya akan kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita jika di konsumsi. Berbeda dengan ikan teri kering atau ikan teri asin, kandungan gizinya sudah berkurang akibat dari pengeringan itu sendiri. 

Akan tetapi menurut penelitian Harun A. Gunawan (2006), yang majalah ikan kutip  dari https://www.klikdokter.com/ - > ikan teri jengki mengandung kalsium dan fluor dalam bentuk senyawa CaF2 dalam konsentrasi yang cukup besar. Karena ikan ini mudah rusak, perlu dilakukan suatu cara untuk mengawetkannya. Cara yang lazim dipakai adalah pengasinan. Ternyata, proses pengawetan maupun pemasakan ikan teri jengki ini tidak mempengaruhi CaF2 yang dikandungnya < -

Baik sedikit berkurang ataupun tidak, kandungan gizi ikan teri seperti kalsium dan yang lainya tetap masih tinggi.

1. Manfaat Ikan Teri Bagi Penderita Penyakit Diabetes

Seseorang yang menderita diabetes diharuskan menyelaksi makanan - makanan dengan pola yang dianjurkan oleh Dokter, terlebih makanan yang memiliki kandungan karbohidrat dan lemak jenuh.

Nah, ikan teri merupakan sumber protein yang dibutuhkan oleh tubuh dan ini sangat bagus bagi penderita diabetes. Itu karena ikan teri memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah dan tidak mengandung karbohidrat akan tetapi kaya akan protein.

Bagi penderita diabetes mengkonsumsi ikan teri tidak akan memengaruhi kadar gula darahnya.

2. Manfaat Ikan Teri Bagi Wanita Yang Mengalami Nyeri Haid

Ikan teri merupakan ikan yang biasanya diklasifikasikan sebagai ikan berminyak.

Kandungan minyak yang ada pada ikan teri ini ternyata sangat berpotensi sebagai pereda nyeri bagi para wanita yang sedang mengalami nyeri haid atau dismenorea.

3. Manfaat Ikan Teri Menjaga Jantung Tetap Sehat

Seperti penjelasan sebelumnya, ikan teri termasuk dalam klasifikasi ikan berminyak, itu artinya ikan berminyak merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik.

Selain itu ikan teri juga memiliki kandungan gizi yang berupa asam lemak omega 3, layaknya ikan tuna, makarel, salmon, dan sarden. Dan kandungan omega 3 ini terbukti sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Bagi penderita hipertensi menjaga atau membatasi asupan makanan harus dilakukan agar hipertensinya dalam jangka panjang tidak terjadi komplikasi, seperti misalnya gagal jantung, stroke, pergeseran pembuluh darah, gagal ginjal dan komplikasi lainya.

Asupan makanan yang harus dihindari atau dibatasi oleh penderita hipertensi salah satunya adalah makanan yang mengandung sodium ( NA ).

Ikan teri memang kaya akan manfaat, terlebih bagi penderita penyakit hipertensi. Akan tetapi yang banyak beredar di pasaran ikan teri biasanya diawaetkan dengan cara di asinkan.

Ikan teri kering atau ikan teri asin bisa jadi terlalu tinggi untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang menderita penyakit tertentu, seperti hipertensi dan gagal jantung.

Kandungan Ikan Teri Dan Manfaat Ikan Teri Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Untuk bisa mengetahui manfaat ikan teri apabila kita mengkonsumsinya, secara tidak langsung kita juga harus tahu kandungan gizi yang ada di dalam ikan teri itu sendiri.

Karena manfaat ikan teri baik basah maupun yang sudah dikeringkan sangat banyak, itu berarti ikan teri memiliki kandungan gizi yang banyak pula. Dan berikut ini adalah uraianya.

1. Kandungan Ikan Teri Berupa Kalsium Dan Manfaatnya

Kalsium adalah mineral yang amat penting bagi manusia, antara lain bagi metabolisme tubuh, penghubung antar saraf, kerja jantung, dan pergerakan otot.

Di setiap 100 gr ikan teri terdapat sekitar 972 mg kalsium. Sedangkan manfaat kalsium itu sendiri bagi tubuh kita sangat lengkap, seperti misalnya : Mengaktifkan saraf, Melancarkan peredaran darah, Melenturkan otot, Menormalkan tekanan darah, Menyeimbangkan tingkat keasaman darah, Menjaga keseimbangan cairan tubuh, Mencegah osteoporosis (keropos tulang), Mencegah penyakit jantung, Menurunkan risiko kanker usus, Mengatasi kram, sakit pinggang, wasir, dan reumatik, Mengatasi keluhan saat haid dan menopause, Meminimalkan penyusutan tulang selama hamil dan menyusui, Membantu mineralisasi gigi dan mencegah pendarahan akar gigi, Mengatasi kering dan pecah-pecah pada kulit kaki dan tangan, Memulihkan gairah seks yang menurun/melemah, Mengatasi kencing manis (mengaktifkan pankreas)

2. Kandungan Ikan Teri Berupa Protein Dan Manfaatnya

Protein (asal kata protos dari bahasa Yunani yang berarti "yang paling utama") adalah senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomer-monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Molekul protein mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor. Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus.

Di setiap100 gr ikan teri segar sekitar 10,3 gr protein, sedangkan protein itu sendiri sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita seperti misalnya: Menambah kekuatan dan juga daya tahan tubuh, Pembentukan massa otot dan baik untuk massa pertumbuhan.

3. Kandungan Ikan Teri Berupa Vitamin A Dan Manfaatnya

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin larut dalam lemak yang berperan penting dalam pembentukan sistem penglihatan yang baik.

4. Kandungan Ikan Teri Berupa Fosfor Dan Manfaatnya

Disetiap 100 gr ikan teri basah atau yang masih segar, terdapat kandungan fosfor 252 mg. 

Sedangakan manfaat fosfor sendiri untuk kesehatan tubuh kita sangatlah banyak, seperti misalnya: kesehatan pencernaan, menjaga kekuatan tulang dan gigi, pembentukan protein, kesehatan otak, memperbaiki sel tubuh, mengatasi kelahan dan kelemahan otot, membantu fungsi ginjal dan masih banyak lagi.

5. Kandungan Ikan Teri Berupa Zat Besi Dan Manfaatnya

Zat besi adalah suatu zat dalam tubuh manusia yang erat dengan ketersediaan jumlah darah yang diperlukan. Dan disetiap 100 gr ikan teri basah atau yang masih segar, mengandung sekitar 3,9 mg zat besi.
Manfaat zat besi bagi tubuh kita sangat penting karena zat besi mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel.

6. Kandungan Ikan Teri Berupa Vitamin B1 Dan Manfaatnya

Tiamina, vitamin B1, aneurin (bahasa Inggris: thio-vitamine, thiamine, thiamin) adalah vitamin yang terlarut dalam air.

Vitamin B1 memiliki kemampuan vitamin B1 yang mampu mengubah karbohidrat menjadi energi. Selain itu, Vitamin B1 juga membantu mengoptimalkan kerja otak.

7. Kandungan Ikan Teri Berupa Lemak Dan Manfaatnya

Di setiap 1,4 gr lemak dari 100 gr ikan teri segar atau basa. Sperti penjelasan di atas, kandungan lemak jenuh ikan teri sangat rendah, hingga penderita diabetes saja memiliki keuntungan dengan mengkonsumsi ikan teri.

Inilah Manfaat Ikan Teri Bagi Kesehatan Tubuh Kita yang bisa majalah ikan ulas, jika artikel ini bermanfaat bagi sahabat, tolong bantu di share ya. Dan terima kasih

0 comments

Post a Comment

Mohon Maaf Sebelumnya Komentar Dengan Link Akan Di Hapus