Sunday, 20 March 2016

5 Jenis Ikan Yang Baik DiKonsumsi Untuk Ibu Hamil Dan Bayi

ikan untuk ibu hamil




Ikan Untuk Ibu Hamil - majalahikan.com. Bagi seorang ibu yang sedang hamil, mencukupi kebutuhan gizi yang baik sangat diperlukan.

Ibu yang sedang hamil sangat memerlukan gizi untuk mempertahankan vitalitas dan kekebalan tubuh, sementara itu bayi yang ada dalam kandunganya memerlukan nutrisi yang cukup supaya perkembanganya baik.

Dalam hal ini mengkonsumsi ikan bagi ibu hamil sangat dianjurkan oleh para pakar kesehatan. Ikan memang kaya akan gizi sehingga memebantu ibu hamil untuk memeperoleh bayi yang sehat.

Ikan, terutama kaya akan lemak omega 3 yang sangat diperlukan bagi perkembangan otak bayi. Di lain itu, ibu hamil membutuhkan lemak omega 3 untuk menjaga sistem kekebalan tubuhnya dalam masa kehamilan.

Ikan juga termasuk salah satu protein hewani selain daging dan telur yang mana secara umum semua itu diperlukan untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan manusia, terlebih ikan untuk ibu hamil sangat baik.

Ikan Yang Baik Untuk Ibu Hamil, Wanita Ingin Hamil, Ibu Menysui Dan Anak-Anak. 


Semua jenis ikan pada dasarnya sangat baik untuk kesehatan maunusia, terlebih bagi ibu hamil dan dan perkembangan bayi/janin dalam kandunganya.

Akan tetapi sayangnya para ahli menemukan bahwa beberapa jenis ikan laut termasuk makanan laut lainya mengandung polutan yang disebut dengan merkuri.

Ikan yang mengandung merkuri tinggi berpotensi merugikan perkembangan sistem saraf pusat bayi, baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui lebi-lebih ibu yang sedang hamil.

Merkuri bisa terbentuk pada lingkungan secara alami, dan terakumulasi dalam rantai makanan akuatik. Di banyak negara bahkan sudah ditemukan bahwa polusi juga dapat meningkatkan merkuri.

Akan tetapi sebagian besar ikan yang hidup di perairan laut samudra hindia yang meliputi Australia memiliki kandungan merkuri yang sangat rendah.

Tingkat rendah merkuri dari ikan yang hidup di wilayah tersebut tidak menimbulkan resiko kesehatan bagi masyarakat umum. Namun bagi ibu hamil, menyusui, dan anak-anak di bawah 6 tahun perlu membatasi asupan ikan laut ataupun makanan laut tertentu lainya untuk mengurangi kadar merkuri.

Fakta Kadar Merkuri Pada Ikan

1. Semua jenis ikan mengandung tingkat kadar merkuri, dan ini terjadi pada lingkungan perairan.

2. Khususnya bagi ibu hamil dan menyusui, wanita yang berencana hamil dan anak-anak di bawah umur 6 tahun harus membatasi mengkonsumsi beberapa jenis ikan yang tinggi merkuri. Pembatasan ini tidak lebih dari satu porsi dalam setiap dua minggu.
Ikan hiu, ikan todak, ikan makarel raja dan ikan marlin adalah jeni-jenis ikan yang sangat dikenal tinggi kadar merkurinya, termasuk juga ikan karang seperti ikan kerapu.

3. Semua jenis ikan yang dikategorikan amanpun tetap harus dibatasi, yang direkomendasikan adalah 2 sampai 3 kali per minggu.

4. Kandungan merkuri dalam ikan tidak dapat berkurang dengan teknik mengolah ikan seperti pengalengan, pendinginan ataupaun memasak ikan.

5 Manfaat Ikan Bagi Kesehatan, Khususnya Wanita Yang Mau Hamil, Ibu Hamil, Menyusui Dan Anak - Anak

1. Ikan sangat kaya akan nutrisi sehat, yang merupakan bagian penting dari diet seimbang terutama untuk ibu hamil dan menysui

2. Ikan mengandung asam lemak Omega-3, Yodium, Vitamin B12 yang sangat penting untuk perkembangan sistem saraf pada janin dan anak kecil

3. Ikan juga mengandung protein tinngi dan rendah lemak jenuh.

4. Penelitian menunjukan bahwa omega-3 dalam bentuk alami lebih mudah diserap tubuh dari pada bentuk suplemen.

5. Meningkatkan kecerdasan anak

Jenis Jenis Ikan Air Tawar Dan Laut Yang Baik Dan Aman Untuk Ibu Hamil


Banyak dari jenis - jenis ika air tawar ataupun air laut yang mengandung Omega-3 tinggi yang baik dan aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Berikut ini admin telah menysun jenis jenis ikan air tawar dan air laut yang baik bagi ibu hamil beserta alasanya, silahkan disimak.

1. Ikan Teri 
teri Ikan untuk ibu hamil
manfaat.co.id


Kita mulai dari jenis ikan air laut, siapa sangaka ikan teri yang ukuranya kecil ini memiliki keistimewaan yang luar biasa dibanding dengan jenis ikan lain.

Ikan teri sangat kaya akan kalsium, zat yang penting untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi / janin. Selain itu ikan teri juga kaya akan protein, fosfor, zat besi, beberapa vitamin dan mineral lainya.

Yang lebih penting dari itu semua ikan teri sangat rendah markuri sehingga aman untuk dikonsumsi pada masa kehamilan.

2. Ikan Salmon

salmon ikan untuk ibu hamil
minyakikan.web.id

Ikan laut memang disanrankan untuk tidak dikonsumsi dalam masa kehamilan karena adanya kandungan merkuri.

Merkuri adalah zat yang dapat merusak pertumbuhan janin. Meski begitu kandugan merkuri dari masing-masing jenis ikan laut berbeda-beda, ada yang tinggi ada pula yang rendah.

Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan laut yang kandungan merkurinya rendah yang mana sangat bermanfaat bagi masa-masa kehamilan, sehingga ikan salmon baik dikonsumsi untuk ibu hamil.

Ikan salmon mengandung Omega 3, DHA dan EPA. Ketiga kandugan ini adalah zat yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan neorologis dan pegelihatan pada janin.

Ikan salmon adalah ikan yang habitatnya di Samudra Atlantik dan Pasifik, yang mana sang tepat, aman dan dinjurkan di konsumsi bagi ibu hamil yang menginginkan kelak anaknya cerdas.

3. Ikan Sarden
sarden ikan untuk ibu hamil
mencegahpenyakit.com

Ikan sarden adalah ikan laut yang di kalengkan yang juga rendah merkuri dan mengandung protein tinggi yang juga baik dikonsumsi untuk ibu hamil.

Tips memilih dan mengkonsumsi ikan sarden:
  • Pastikan ikan kalengan yang dibeli benar-benar berbahan dasar ikan sarden bukan ikan makarel.
  • pilih ikan kalengan yang rendah sodium, apalagi bagi anda yang mengalami hipertensi selama masa kehamilan.
4. Ikan Mas

ikan mas baik untuk ibu hamil
id.wikipedia.org

Selanjutnya ikan yang baik untuk ibu hamil dan yang rendah merkuri dari jenis ikan air tawar adalah ikan mas. Bahkan ikan mas bisa dibilang tidak ada kandungan merkurinya. Karena ikan mas tidak bisa hidup diperairan yang tercemar.

Ikan mas kaya akan protein, lemak baik, kalsium, fosfor dan vitamin yang dapat mencukupi kebutuhan gizi bagi pertumbuhan janin.

5. Ikan Lele

jualbibitlele.wordpress.com

Diantara ikan air tawar lainya, ikan lele menjadi salah satu yang terbaik untuk dikonsumsi bagi ibu hamil selama kehamilan.

Ikan lele mengandung lemak baik dan protein yang tinggi. Dua zat gizi yang menyokong bagi pertumbuhan dan perkembangan maksimal pada janin.

Selain itu ikan lele juga kaya akan fosfor dan kalium, fosfor merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang janin. Sedangkan kalium dapat membantu jantung dan pembuluh darah untuk lebih sehat.

Selain dari jenis-jenis ikan yang disebutkan tadi, ikan yang rendah merkuri dan juga baik untuk ibu hamil seperti misalnya: lobster berduri, ikan forel, ikan putih, cumi-cumi, kepiting, mullet, udang karang, tiram dan tilapia.

Gambar Ikan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Ibu Hamil




lopster berduri ikan yang baik untuk ibu hamil
www.mongabay.co.id



3vta.blogspot.com

ikan forel untuk ibu hamil
www.laporanpenelitian.com

ikan cumi untuk ibu hamil
www.liputan6.com


kepiting dan ikan untuk ibu hamil
kaya-reflections.blogspot.com


ikan mullet untuk ibu hamil
www.seputarikan.com

udang karang, ikan untuk ibu hamil
www.mynewshub.cc

tiram, ikan untuk ibu hamil
obatlemahsyahwat.web.id

ikan tilapia untuk ibu hamil
en.wikipedia.org
Nah itulah 5 Jenis Ikan Yang Baik DiKonsumsi Untuk Ibu Hamil Dan Bayi, yang majalahikan rangkum. Semoga bermanfaat.

Referensi :
http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/ikan-terbaik-dan-aman-bagi-ibu-hamil.html

http://www.ibu-hamil.web.id/2015/09/5-ikan-yang-baik-untuk-ibu-hamil-agar.html


0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua