Thursday, 18 August 2016

Khasiat Dan Manfaat Ikan Patin Untuk Kesehatan Kita


Khasiat Dan Manfaat Ikan Patin Untuk Kesehatan Kita, majalahikan.com - Ikan patin merupakan ikan konsumsi air tawar yang banyak dibudidayakan.


 Inilah Khasiat Dan Manfaat Ikan Patin Untuk Kesehatan Kita

Dagingnya yang lembut menjadikan ikan patin pilihan lauk pendamping nasi yang digemari. Berbagai kreasi resep ikan patin baik yang cara masaknya sederhana seperti digoreng atau yang berkuah seperti sup hingga dipepes.

Banyak dari kita yang mengkonsumsi ikan patin, akan tetapi sedikit sekali yang tahu akan kandungan gizi dan manfaatnya.

Berangkat dari itu, majalah ikan akan berbagi tentang khasiat dan manfaat ikan patin untuk kesehatan kita. Karena tanpa sadar dengan mengkonsumsi ikan patin ternyata kita telah berupaya melindungi jantung kita dan kesehatan kita.

Manfaat ikan patin ternyata juga baik bagi ibu hamil dan bayi dalam kandunganya, itu karena ikan patin mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Berbicara tentang khasiat dan manfaat ikan patin tentunya tak lepas dari kandungan gizi yang terkandung di dalam ikan patin, sebelum kita lanjut ke khasiat dan manfaatnya, ada baiknya kita lihat terlebih dahulu kandungan gizinya.


Melihat Kandungan Gizi Agar Tahu Khasiat Dan Manfaat Ikan Patin Untuk Kesehatan Kita


Ikan patin memiliki kandungan lemak lebih rendah ketimbang ikan konsumsi air tawar lainya.

Bahkan rendahnya kandungan lemak esensial ikan patin ( DHA & EPA) bisa dibilang sama dengan ikan konsumsi air laut yang hidupnya diperairan air dingin, seperti misalnya ikan salmon, ikan tuna dan ikan sarden.

Yang mana kandungan lemak esensial DHA adalah sekitar 4,74% sedangkan lemak esensial EPA nya sekitar 0,31%.

Total keseluruhan kandungan lemak yang ada di dalam daging ikan patin adalah 2,55% menjadi 3,42%, yang mana asal lemak tak jenuhnya di atas 50%.

Dan tahukah anda ternyata ikan patin memiliki kandungan Asam Oleat yang sangat melimpah. Asam oleat adalah asam lemak tak jenuh tunggal, dan ikan patin memilikinya sekitar 8,48%.

Setelah kita lihat lemak tak jenuh yang ada di ikan patin adalah 50%, ternyata menurut penelitian sangat bagus untuk mencegah resiko terjangkitnya penyakit kardiovaskular.

Dan lemak tak jenuh juga bermanfaat untuk mengurangi jumlah kolesterol total dan juga kolesterol LDL yang terkandung dalam darah, sehingga mampu mencegah dan mengurangi penyakit jantung koroner.


4 Khasiat Dan Manfaat Ikan Patin Untuk Kesehatan Kita


Ada 4 manfaat ikan patin baik untuk kesehatan baik laki laki, perempuan yang mencoba untuk diet, wanita hamil dan juga untuk bayi. Bahkan ikan patin juga memiliki khasiat untuk mencegah penyakit jantung.


Khasiat Dan Manfaat Ikan Patin Untuk Diet dan mengurangi Kolesterol


Seperti kita lihat di atas bahwasanya ikan patin memiliki banyak kandungan gizi dan rendahnya kadar kolesterol yang terdapat dalam ikan patin menjadikan ikan air tawar ini sangat baik dan sehat intuk dikonsumsi dalam jangka panjang.

Ikan patin merupakan ikan yang bagus bagi anda yang sedang menjalani progam diet dan juga baik untuk mengurangi kadar kolesterol.


Khasiat Dan Manfaat Ikan Patin Untuk Mencegah Penyakit Jantung Koroner 


Lemak tak jenuh yang terdapat di dalam ikan patin sangat baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Lemak tak jenuh ini juga sangat bermanfaat menurunkan atau menekan kolesterol total dan kolesterol LDL pada darah. dan hal ini dapat mencegah dari penyakit jantung koroner.


Khasiat Dan Manfaat Ikan Patin Untuk Memenuhi Asupan Nutrisi Kita 


Mengkonsumsi ikan patin secara teratur ternyata dapat memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Itu karena kandunga gizi yang berupa protein hewani yang terkandung di dalam ikan patin lebih besar dibanding ikan konsumsi air tawar yang lainya.


Khasiat Dan Manfaat Ikan Patin Untuk Ibu Hamil dan Bayi Yang Dikandugnya


 Khasiat Dan Manfaat Ikan Patin Untuk Kesehatanibu hamil

Disamping ibu yang sedang hamil, bayi yang ada dalam kandunganya juga membutuhkan banyak asupan nutrisi agar ibu sehat dan juga sang buah hati sehat, kuat dan tetap terjaga.

Kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan patin cukup tinggi, dan itu baik membantu mencerdaskan otak sang bayi.

Ikan patin juga memiliki kandungan DHA yang sangat bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan bayi supaya tetap normal dan sehat.

Usai sudah penjelasan mengenai  Khasiat Dan Manfaat Ikan Patin Untuk Kesehatan Kita, bila sahabat majalah ikan ada yang tahu banyak tentang ikan patin, terlebih manfaatnya, ditunggu di kolom komentar untuk menyepurnakan tulisan ini agar lebih bermanfaat lagi. dan terima kasih.

Baca juga: Cara Memasak Ikan Patin Goreng
   

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua