Friday, 19 August 2016

11 Manfaat Ikan Sidat Untuk Bayi Dan Kesehatan Tubuh Kita



11 Manfaat Ikan Sidat Untuk Bayi Dan Kesehatan Tubuh Kita, majalahikan.com - Ikan sidat (ordo Anguilliformes) merupakan ikan yang masuk dalam daftar ikan yang memiliki tubuh berbentuk menyerupai ular. Dalam bahasa Inggris disebut Giant mottled Eel.


Inilah 11 Manfaat Ikan Sidat Untuk Bayi Dan Kesehatan Tubuh Kita

Bagi para sahabat majalah ikan yang belum begitu mengenal dengan ikan sidat, yang mungkin karena nama ikan ini tidak begitu akrab di daerah para sahabat. Ada baiknya pula kita kenal beberapa nama yang biasa disebutkan untuk ikan sidat ini.

Ikan sidat diberbagai daerah di Indonesia memang berbeda beda penyebutanya, seperti misalnya di Jawa, ikan sidat disebut dengan nama ikan pelus.

Selain itu ikan sidat juga disebut dengan nama ikan uling, ikan masapi, ikan moa, ikan lumbon, ikan larak, ikan lubang, ikan gateng, ikan denong, ikan mengaling, ikan lara, ikan luncah, dan ikan sigili.

Ikan sidat masuk dalam Ordo Anguilliformes, yang mana terdiri atas 4 subordo, 19 famili, 110 genera, dan 400 spesies. 6 jenis diantaranya ada di Indonesia. Akan tetapi hanya 2 jenis yang pada umumnya dibudidayakan, ya'ni ikan sidat kembang (Anguilla marmorata) dan ikan sidat anjing (anguilla bicolor).

Umumnya ikan sidat hidup di laut akan tetapi ada pula ikan sidat yang hidup di air tawar.

Itulah sekilas tentang ikan sidat, Nah kembali kepembahasan, ya'ni 11 manfaat ikan sidat untuk bayi dan kesehatan tubuh kita. Berbicara mengenai manfaat, berarti ada kandungan yang memberi manfaat dong.

Nah sahabat majalah ikan harus tau, bahwasanya kandungan yang ada di dalam ikan sidat lebih baik dari pada kandungan yang ada di dalam ikan salmon dan tengiri, khususnya DHA dan EPA nya.

Bukan hanya itu, ikan sarden yang kaya akan vitamin A nya, ternyata juga masih dibawah kandunagan vitamin A yang ada di dalam ikan sidat. Mari kiat lihat seberapa banyak kandungan gizi yang ada pada ikan sidat!


Kandungan Gizi Ikan Sidat Memiliki Manfaat Yang Jauh Lebih Banyak Ketimbang Ikan Konsumsi Lainya



Khasiat Dan 11 Manfaat Ikan Sidat Untuk Bayi Dan Kesehatan Tubuh Kita

Seperti keterngan di atas bahwasanya kandungan DHA dan EPA daging ikan sidat lebih banyak daripada ikan salmon dan juga ikan tengiri, karena ikan sidat memiliki kandungan DHA hingga 1.337mg/100g. Sedangkan untuk kandungan EPA nya mencapai 742mg/100g.

Sedangkan DHA yang ada pada ikan salmon hanya mencapai 820 mg/100g dan EPA nya 492 mg/100 g.

Untuk ikan tengiri sendiri kandungan DHA nya hanya sebatas 748mg/100g dan EPA nya  409 mg/100g.

Itu sebabnya majalah ikan memberi judul manfaat untuk bayi terlebih dahulu ketimbang untuk kesehatan kita, karena riset mengatakan bahwasanya DHA dan EPA sangat baik untuk menunjang kecerdasan bayi atau anak anak.

Selain kandungan DHA dan EPA ikan sidat yang melimpah, ternyata ikan sidat juga memiliki kandungan vitamin A yang jauh lebih tinggi ketimbang ikan sarden dan juga mentega, terlebih hati ikan sidat.

Jika ikan sarden memiliki kandungan vitamin A 60 IU/100g, daging ikan sidat terdapat kandungan vitamin A hingga 4.700 IU/100g.

Mentega yang kaya akan vitamin A juga ternyata masih jauh di bawah kandungan vitamin A yang ada di hati ikan sidat, mentega hanya memiliki kandungan vitamin A 1.900 IU/100g, sedangkan hati ikan sidat kandungan vitamin A nya mencapai 15.000 IU/100g.

Itulah nilai kandungan gizi yang ada pada ikan sidat, yang tentunya akan sangat memberi manfaat untuk bayi dan juga kesehatan kita bila dikonsumsi dengan benar.


11 Manfaat Ikan Sidat Untuk Bayi Dan Kesehatan Tubuh Kita


Inilah beberapa manfaat bila kita mengkonsumsi daging ikan sidat secara benar.

1. Menunjang Kecerdasan Otak Bayi / Anak - Anak Dan Otak Kita

Kandungan DHA dan EPA yang ada pada ikan sidat sangat baik untuk bayi dan juga anak anak yang dalam masa pertumbuhan, karena kedua kandungan gizi tersebut dipercaya menunjang untuk mencerdaskan otak mereka.

Daging ikan sidat juga baik untuk kita, karena mampu meningkatkan daya ingat, agar kita tidak mudah pikun saat sudah tua nanti.

2. Bagus Untuk Perkembangan Otak Kita

Terbentuknya lemak fosfat bisa ditunjang dengan mengkonsumsi ikan sidat. Mengkonsusi ikan sidat juga sangat baik untuk perkembangan otak besar kita.

3. Mengobati Pembuluh Darah Otak

Mengkonsumsi ikan sidat juga bermanfaat membantu mengobati pembuluh darah otak.

4. Menjaga Mata Dan Mengobati Mata Kita

Seperti kita ketahui vitamin A yang terkandung di dalam ikan sidat sangat tinggi. Sedangkan vitamin A memiliki peran penting dalam kesehatan indera penglihatan kita.

Vitamin ini membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar. Senyawa yang berperan dalam hal ini adalah retinol.

Nah mengkonsumsi ikan sidat berarti dapat membatu:

  • membantu mengatasi rabun jauh
  • membantu mengatasi rabun dekat
  • membantu mengatasi mata yang kering akibat kelelahan
  • membantu mengatasi penyakit gloukoma ( Glaukoma adalah penyakit mata dimana tekanan cairan dalam bola mata menjadi terlalu tinggi, sehingga merusak serat lembut saraf optik yang membawa sinyal penglihatan dari mata ke otak. Kerusakan ini tidak dapat disembuhkan dan dapat menyebabkan kebutaan pada tahapan yang parah)
5. Berfungsi Sebagai Antioksidan

Salah satu bentuk Vitamin A yang dikenal dengan Beta Karoten, merupakan senyawa dengan aktifitas antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Baik radikal bebas yang berasal dari oksidasi tubuh mupun polusi dari luar.

Nah mengkonsumsi ikan sidat yang kaya akan vitamin A ini akan membantu meningkatkan imunitas tubuh kita, karena berperan sebagai antioksidan alami. Sehingga daya tahan tubuh kita lebih terjaga.

6. Membantu Mencegah Kangker 

Salah satu fungsi Vitamin A adalah mampu melawan kanker dengan menekan pertumbuhan DNA dalam sel-sel kanker.

Nah ikan sidat yang kaya akan vitamin A ini tentunya dapat membantu mencegah penyakit kangker.

7. Membantu Menyembuhkan Luka

Masih dengan vitamin A yang terkandung di daging ikan sidat. Yang mana vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan jaringan di dalam tubuh kita. Sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

8. Membantu Mencegah Penyakit Aterosklerosis

Mengkonsumsi ikan sidat terbukti mampu mencegah munculnya penyakit aterosklerosis dan juga sekaligus mengurangi keletihan.


9. Membantu Mengatasi Lemak Tak Baik Atau Jahat

Lemak tak baik atau lemak jahat yang ada dalam darah kita bisa berkurang. Sehingga mengkonsumsi ikan sidat secara teratur sangat cocok bagi kita yang sedang menjalani program diet.

10. Membantu Memperbaiki Sirkulasi Kapiler

Fungsi dari pembuluh kapiler adalah sebagai tempat pertukaran cairan, makanan, hormon, elektrolit, dan juga bahan bahan lainya. Secara otomatis rusaknya pembuluh kapiler bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit.

Nah jika kita mengkonsumsi ikan sidat secara teratur, tentunya akan membantu memperbaiki sistem sirkulasi kapiler dalam tubuh.

11. Mampu Menjaga Tekanan Darah

Dengan mengkonsumsi ikan sidat mampu menjaga tekanan darah kita agar tetap normal dan stabil.

Inilah 11 Manfaat Ikan Sidat Untuk Bayi Dan Kesehatan Tubuh Kita yang bisa majalah ikan share. Ditunggu komentar para sahabat di kolom komentar agar ulasan ini lebih sempurna dan tentunya lebih bermanfaat bagi siapa saja.

Terima kasih, dan jika artikel ini bermanfaat untuk sahabat majalah ikan, tolong bantu dishare ya.

0 comments

Post a Comment

Mohon Maaf Sebelumnya Komentar Dengan Link Akan Di Hapus