Sunday, 22 May 2016

19 Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan, Ibu Hamil, Bayi Dan Anak

Manfaat Ikan Tuna, Majalahikan.com ~ Ikan tuna adalah ikan laut yang bisa hidup di air apapun di laut yang penting tidak terlalu dekat dengan dasar laut atau disebut dengan (ikan laut plagik).





19 Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan

Dan berikut adalalh Klasifikasi ilmiah ikan tuna:


Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Skombride
Bangsa: Thunnini



Baca juga: Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Mas (Latin: Cyprinus Carpio)



Bentuk ikan tuna yang mirip terpedo menjadikanya mampu berenang dengan cepat, bahkan pernah dibuktikan bahwasanya ikan tuna mampu berenang hingga mencapai 77 km/jam.

Itulah sekelumit tentang ikan tuna, pada postingan terdahulu yang berjudul: 5 Jenis Ikan Yang Baik DiKonsumsi Untuk Ibu Hamil Dan Bayi, admin tidak menyebutkan ikan tuna.

Postingan ini dibuat terpisah karena jika ada yang ingin mencari tahu tentang manfaat ikan tuna secara langsung.

Kembali ke poin, karena kita sedang membahas manfaat ikan tuna bagi kesehatan tubuh manusai.

Nah berikut adalah kandungan nutrisi ikan tuna:

1. Asam lemak omega 3
2. Zat besi
3. Kalsium
4. Fosfor
5. Protein
6. Energi
7. Sodium

Setelah kita lihat begitu banyaknya kandungan nutrisi pada ikan tuna, tentunya kandungan-kandungan nutrisi tersebut akan ada banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Ikan tuna yang kaya akan kandungan gizi ini ternyata juga sangat bermanfaat bila dikonsumsi bagi ibu hamil dan juga untuk bayi maupun anak.

Berikut kami sajikan manfaat ikan tuna bagi kesehatan terlebih dahulu.

Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan


Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan



1. Manfaat ikan tuna Mencegah Penyakit Jantung Dan Menjaga Funsi Jantung

Ikan tuna bermanfaat mampu mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Penyakit jantung beresiko jika manusia mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kolesterol dan lemak jenuh tinggi.

Nah jika mengkonsumsi ikan tuna akan sangat bermanfaat menangkal meningkatnya resiko terkena penyakit jantung, karena kandungan gizi yang terdapat pada ikan tuna dapat menaikan rasio HDL untuk LDL.

Kandungan omega3 ikan tuna juga membantu menekan terjadinya pembekuan darah, dan menjaga ritme denyut jantung serta Menjaga Funsi Jantung.

Seperti kita ketahui bahwasanya jantung adalah organ terpenting dalam kehidupan manusia, dikarenakan jantung bekerja memompa darah keseluruh tubuh, nah apabila kenirja jantung terganggu maka akibatnya akan berbahaya sekali.

Nah untuk itu sayangi jantung dengan mengkonsumsi ikan tuna secara teratur.

2. Menfaat Ikan Tuna bisa Mencegah Penyakit Kangker

Kanker juga merupakan penyakit terganas selain jantung, yang akibatnya adalah meninggal.

Mengkonsumsi ikan tuna secera tertur memiliki manfaat mencegah terjadinya penyakit kanker, terutama penyakit kanker payudara dan kanker yang menyerang pada ginjal.

Terjadinya penyakit kanker karena akibat dari kelainan pada siklus sel yang akhirnya menyebabkan tidak normalnya pembelahan yang melebihi batas dan pada akhirnya tumbuhlah sel-sel kanker.

Nah kandungan omega3 ikan tuna berfungsi untuk menghambat enzim proinflammatory yang disebut cyclooxygenase 2 (COX 2) yang merupakan enzim pendukung terjadinya kanker payudara.

3. Manfaat Ikan Tuna Bisa Mencegah Darah Tinggi
 

Kandungan gizi ikan tuna, terutama Omega3 mampu mencegah timbulnya tekanan darah tinggi.

4. Manfaat Ikan Tuna Bisa Mencegah Penyakit Stroke

Penyakit stroke sangatlah berbahaya dan menyerang siapa saja, bahkan diusia yang masih produktif. Stroke menyerang secara mendadak dan mengakibatkan tidak bisa berjalan secara normal dan bahkan kelumpuhan.

Stroke terjadi karena aliran darah yang menyuplai otak terganggu, yang pada akhirnya otak tidak dapat bekerja dengan baik.

Dengan rutin mengkonsumsi ikan tuna, dapat mengurangi resiko penyakit stroke.

Sebuah penelitian mengatakan bahwasanya ketika orang mengkonsumsi ikan tuna 1-4 porsi dari sebagian makananya akan memiliki 27 % lebih rendah terserang penyakit stroke iskemik dan apabila perminggu mengkonsumsi ikan tuna lebih dari 5 porsi maka memiliki resiko terserang stroke lebih rendah lagi mencapai 30 %.

5. Manfaat Ikan Tuna Bisa Mencegah Obesitas

Kandungan gizi pada ikan tuna berupa EPA yang tinggi dapat menstimulasi hormone leptin yang mana berkhasiat untuk mencegah obesitas.

Karena dengan regulasi tersebut, tubuh akan terhindar dari konsumsi makanan yang berlebihan.

6. Manfaat Ikan Tuna Bisa Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak.

Kandungan gizi pada ikan tuna yang berupa omega-3 bisa membantu meningkatkan fungsi mengingat atau fungsi kognitif otak, yang akhirnya menghindarkan kita dari penyakit degenarasi fungsi otak seperti Alzheimer.

7. Manfaat Ikan Tuna Bisa Menurunkan Risiko Inflamasi

Omega-3 yang terdapat pada ikan tuna juga membantu menurunkan risiko inflamasi, memperantarai signal agar dapat diterima oleh otak, pada orang yang menderita penyekit Alzhemeir akan mengalami gangguan dalam hal penyampaian signal atau impuls ke otak.

8. Manfaat Ikan Tuna Bisa Meningkatkan response hormon Insulin

Bagi yang menderita diabetes tipe-2 dianjurkan mengkonsumsi ikan tuna, karena kandungan gizi ikan tuna yang berupa omega-3 sangat melimpah.

Berbagai penelitian menyarankan, kandungan omega-3 pada ikan tuna –mampu mencegah dari kegemukan dan juga meningkatkan respon hormon insulin pada tubuh.

EPA atau Asam lemak omega-3 inilah yang membantu meregulasi berat badan dan juga metabolisme tubuh dengan mensekresi hormon leptin.

9. Manfaat Ikan Tuna Adalah Sumber Protein

protein adalah senyawa organik yang sangat dibutuhkan tubuh. Biasanya kita mendapat protein dari telur.

Nah tahukah anda, ikan tuna juga merupakan sumber protein, mengkonsumsi ikan tuna mempunyai kandungan protein yang dapat mempercepat terbentuknya otot-otot di dalam tubuh.

10. Manfaat Ikan Tuna Bisa Membantu Proses Detoksifikasi Selenium

Gluthathione peroxidase merupakan jenis antioksidan sedangkan hati yang sehat akibat dari jenis antioksidan ini.

Nah kandungan omega-3 ini membantu proses detoksifikasi Selenium.

11. Manfaat Ikan Tuna Merupakan Sumber Vitamin B

Kandungan vitamin B pada ikan tuna membantu meningkatkan Energi pada tubuh dan juga memelihara serta membangun sel-sel darah.
 

Itulah beberapa manfaat ikan tuna untuk kesehatan. Dan untuk ibu-ibu hamil, ikan tuna juga memiliki banyak manfaat. Berikut adalah urainya...

Manfaat Ikan Tuna Bagi Ibu Hamil


Manfaat Ikan Tuna Bagi Ibu Hamil



1. Kandungan protein pada ikan tuna yang cukup tinggi menjadikan seorang ibu hamil tetap terlihat cantik.

Selain itu Ikan tuna memiliki kandungan asam amino bebas histidin yang cukup tinggi, oleh karena itu mengkonsumsi ikan tuna secara teratur bagi wanita ataupun ibu hamil sangat baik untuk program diet.

2. Dengan menkonsumsi ikan tuna sangat baik bagi ibu hamil, karena ikan tuna di percaya membuat sehat otak sang janin.

3. zat protein yang terkandung dalam ikan tuna membantu pembentukan kulit rambut dan juga kuku yang cantik untuk si kecil.

Bukan itu saja, protein tersebut juga bagus untuk menjaga otot-otot sang janin tetap kuat juga membantu membersihkan darah sang ibu menjadi sehat.

4. Kesehatan ibu dan bayi akan terjaga dengan baik karena kandungan gizi ikan tuna seperti kalori, karbohidrat, vitamin dan juga mineral.


Setelah manfaat ikan tuna untuk kesehatan dan juga bagi ibu hamil, ternyata ikan tuna layaknya ikan salmon yaitu juga baik sekali untuk bayi dan juga anak


Manfaat Ikan Tuna Untuk Bayi Dan Juga Anak


Manfaat Ikan Tuna Untuk Anak


1. Meningkatkan Kecerdasan

Pada saat anak mulai tumbuh dan makanan pendamping ASI sudah diperkenalkan, maka ikan tuna bisa menjadi salah satu pilihan untuk menu makan sang anak. Ini sangat bagus untuk mengoptimalkan perkembangan kecerdasa otaknya.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh anak
 

Menurut sebuah riset bahwa anak yang menkonsumsi ikan tuna secara rutin akan memiliki sistem kekebalan tubuh setingkat lebih baik dari pada anak yang tidak pernah mengkonsumsinya.

Itu disebabkan Karena kandungan omega-3 yaitu DHA yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

3. Anak Menjadi Fokus Dan Pengelihatanya Baik
 

Selama masa kehamilan, Ibu hamil yang mencukupi kebutuhan DHA  akan berpengaruh terhadap kemampuan fokus anak.

Selain itu kandungan gizi pada ikan tuna ( DHA ) juga bermanfaat untk menjaga kesehatan retina mata, sehingga mengoptimalkan perkembangan penglihatan pada anak.

4. Mencegah Penyakit Kulit

Omega-3 pada ikan tuna ternyata juga bisa menghindarkan berbagai jenis penyakit kulit, bila sang anak diberi ikan tuna secara rutin.

Bukan berhenti smapi disitu saja manfaat ikan tuna, karena Kandungan omega-3 juga bagus terhadap kesehatan anggota tubuh yang lainnya.

Ikan tuna memiliki kandungan nutrisi tinggi dibandingkan dengan ikan jenis air laut lainya, disamping itu  sangat rendah kandungan merkuri, sehingga aman untuk anak.

Maka jangan bimbang dan ragu untuk memberi ikan tuna pada buah hati anda, tentunya dengan olahan ikan tuna yang tidak membuat bosan anak.
 

Baca juga: Minyak Ikan Untuk Ibu Hamil Yang Dianjurkan

Semoga bermanfaat

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua