Monday, 19 September 2016

Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Minyak Ikan



Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Minyak Ikan, majalahikan.com | Tidak sedikit wanita hamil yang ragu mengkonsumsi suplemen minyak ikan, baik yang bentuknya pil, jel maupaun yang bisa dikunyah.

Padahal para ibu hamil ini tahu akan manfaat minyak ikan untuk dirinya maupaun untuk anak yang ada dalam kandunganya.

Gambar, Foto Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Minyak Ikan

Pada kesempatan yang lalu majalah ikan juga membahas permasalahan akan manfaat minyak ikan, baca : Minyak Ikan Untuk Ibu Hamil Yang Dianjurkan, di ulasan tersebut bukan hanya manfaat minyak ikan saja, kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi, berapa dosis yang dianjurkan, merek dan harga juga dijelaskan.

Ada juga sebagian wanita hamil yang ragu atau tidak mengkonsumsi suplemen minyak ikan karena kurang begitu memahami manfaat minyak ikan itu sendiri.

Sebagian wanita hamil juga ada yang merasa ragu untuk mengkonsumsi suplemen minyak ikan, karena mereka tahu sampai saat ini belum adanya rekomendasi resmi yang mengharuskan bahwa wanita hamil harus mengkonsumsi suplemen yang mengandung asam lemak omega 3 ini.

Belum adanya rekomendasi resmi ini, menjadikan banyak wanita yang sedang dalam masa kehamilan bertanya - tanya sebenarnya
bolehkah ibu hamil mengkonsumsi minyak Ikan?
Untuk alasan itu majalah ikan mencoba berbagi solusi dari pertanyaan itu, yang mana sedikit banyak jawabanya dilansir dari wabsite terpercaya www.alodokter.com.

Jawaban Dari Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Minyak Ikan


Mengkonsumsi suplemen minyak ikan bagi wanita atau ibu yang dalam masa kehamilan boleh boleh saja, itu karena memang splemen minyak ikan ini kaya akan manfaat, baik untuk sang ibu maupun bayi yang dikandungnya.

Hanya saja sebagai seorang ibu pasti menginginkan yang terbaik bagi anakanya, dan itu mengharuskan anda untuk bijak dan cermat  memilih dari jenis atau merek - merek suplemen minyak ikan yang beredar.

Pilihlah suplemen minyak ikan yang relatif aman untuk ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Melihat dan mengetahui kadar DHA dan EPA yang yang tercantum di setiap merek juga mesti harus cermat. Itu karena terlalu tinggi kedua kandungan tersebut juga beresiko terjadinya pendarahan.

Sebaiknya pilihlah suplemen minyak ikan yang mengandung DHA dan EPA 450 mg per hari, karena itu setara dengan mengkonsumsi ikan 1 hingga 2 porsi selama seminggu.

Selain itu bagi Bunda yang sedang hamil juga harus cermat untuk memilih suplemen minyak ikan yang tidak ada kandungan vitamin A nya. Biasanya suplemen yang mengandung vitamin A ini terbuat dari hati ikan, seperti misalnya hati ikan kod.

Minyak hati ikan kod ini umumnya mengandung retinol dalam kadar tinggi, yaitu vitamin A dalam bentuk lain. Dan kehadiran vitamin A pada ibu yang sedang hamil justru dianggap membahayakan bayi.

Terlebih jika Kehadiran vitamin A ini terlalu banyak. Itu karena bisa menyebabkan meningkatnya resiko sang buah hati cacat ketika lahir nantinya.

Yang terpenting dari semua itu, ketika bunda ingin mengkonsumsi suplemen minyak ikan, terlebih dahulu tanyakan pada dokter agar lebih aman dan tenang.

Mengkonsumsi Ikan Jauh Lebih Baik Ketimbang Ibu Hamil Mengkonsumsi Minyak Ikan


Untuk memenuhi akan manfaat Omega 3 alangkah lebih baiknya bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi ikan. Mengkonsumsi ikan selain kaya akan Omega 3 juga mengandung protein yang sangat bermanfaat dan dibutuhakan oleh tubuh.

Selain itu mengkonsumsi ikan secara langsung juga bisa mendapatkan kandungan vitamin dan mineral, yang mana kandungan - kandungan ini tidak bisa bunda dapatkan dari mengkonsumsi suplemen minyak ikan.

Tidak hanya berhenti sampai disitu, mengkonsumsi ikan sacara langsung juga mengurangi risiko mengalami persalinan dengan berat bayi kurang ataupun prematur, maupun mengalami preeklamsia.

Walaupun begitu, 2 porsi daging ikan dalam sepekan yang dianjurkan. sekali lagi, jangan terlalu banyak mengkonsumsi ikan.

Selain itu bunda juga harus bijak memilih jenis jenis ikan konsumsi, karena daging atau protein yang ada di ikan juga beresiko mengandung merkuri.

Pilihlah jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan juga untuk bayi. Seperti misalnya ikan salmon, ikan tuna, ikan teri, ikan sarden, ikan tawar seperti misalnya ikan mas, ikan lele dan ikan ikan yang lainya.

Sedangkan bagi bunda yang alergi untuk mengkonsumsi ikan, makanan lainya yang juga kaya akan Omega 3 juga banyak. Seperti misalnya  sereal, yoghurt, telur, susu, jus dan juga margarin yang diperkaya akan omega 3.

Bolehkah ibu hamil mengkonsumsi minyak ikan? Nah dari uraian tadi bunda bisa mengambil kesimpulan kan?

0 comments

Post a Comment

Mohon Maaf Sebelumnya Komentar Dengan Link Akan Di Hapus