Wednesday, 14 September 2016

Jenis Ikan Hias Tawar Yang Berwarna Hijau


Jenis Ikan Hias Tawar Yang Berwarna Hijau, majalahikan.com | Jika sahabat majalah ikan ingin membuat akuarium ataupun akuarium aquascape semakin berwarna, tepat sekali sehabat masuk ke artikel ini.


Tulisan ini sebenarnya untuk para sahabat yang meminta untuk dipaparkan jenis ikan hias air tawar yang berwarna hijau. Ada juga para sahabat majalah ikan yang minta disusunkan jenis ikan hias air tawar yang berwarna kuning. Tapi lain kali juga insyaalloh akan disharekan juga.

Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Berwarna Hijau Beserta Gambarnya.


1. Lemon Tetra

Gambar, Foto Lemon tetra Jenis Ikan Hias Tawar Yang Berwarna Hijau


Lemon tetra (Hyphessobrycon pulchripinnis) adalah jenis hias air tawar yang berasal dari Amerika Selatan, dan dari keluarga Characidae .

Ikan Lemon tetra diperkenalkan sebagai ikan hias air tawar untuk akuarium sejak tahun 1932. Walaupun warnanya seperti buah lemon, akan tetapi agak lari kehijau - hijauan.

2. Ikan Sumatera

Gambar, Foto Ikan Sumatra Jenis Ikan Hias Tawar Yang Berwarna Hijau

Ikan sumatra (Puntius tetrazona) dalam dunia ikan hias, ikan sumatra adalah nama populernya. Akan tetapi dalam bahasa inggris ikan sumatra lebih dikenal dengan sebutan sumatra barb atau tiger barb. Ikan hias air tawar keci yang cantik ini adalah anggota suku Cyprinidae anak-suku Cyprininae.

Panjang maksimal ikan sumatra (beserta ekor) mencapai 70 mm. Warna tubuhnya kekuningan dengan empat pita tegak berwarna gelap, pita yang pertama melewati mata dan yang terakhir pada pangkal ekor.

Gurat sisi tak sempurna, 22-25 buah dengan hanya 8-9 sisik terdepan yang berpori. Batang ekor dikelilingi 12 sisik. Tinggi tubuh sekitar setengah kali panjang standar (tanpa ekor)
 

Pada sirip perut dan ekor berwarna kemerahan. Sirip punggung dan sirip dubur berwarna hitam, akan tetapi warna hitam pada sirip punggung dibatasi oleh garis merah.

Jenis ikan sumatra yang diperdagangkan, selain yang berwarna kekuningan, ada pula jenis yang berwarna kemerahan, kehijauan dan albino.

Jenis yang berwarna kehijauan,  sebenarnya adalah gejala melanisme pada ikan sumatra, dan yang berwarna albino merupakan hasil dari pembiakan selektif dalam penangkaran untuk meningkatkan nilai jual ikan sumatra ini.

3. Ikan Buntal Air Tawar ( Green Spotted Puffers )

Gambar, Foto Ikan Buntal air Tawar Jenis Ikan Hias Tawar Yang Berwarna Hijau

Ikan hias air tawar selanjutnya adalah ikan buntal air tawar atau Green Spotted Puffers. Ikan ini adalah ikan asli Indonesia, jika sahabat ingin merawat ikan ini, yang perlu diperhatikan adalah cara pemberian makananya, karena ikan yang warnanya hijau ini termasuk jenis ikan predator.

Selain warna hijau, jenis ikan buntal air tawar ini banyak pilihanya.

4. Ikan Corydoras

Gambar, Foto Corydoras Jenis Ikan Hias Tawar Yang Berwarna Hijau


Ikan Corydoras merupakan salah satu ikan catfish yang laris manis juga diserbu para hobiis ikan hias. Ikan ini akrab dengan sebutan ikan tikus, karena cara berenangnya yang mirip dengan seekor tikus yang lari terbirit birit dikarenkan keberadaanya terlihat oleh manusia.

Nama Corydoras berasal dari bahasa Yunani yaitu Kory yang artinya topi zirah dan doras yang berarti kulit. Ikan Corydoras memiliki banyak spesies atau jenis. Sampai hari ini, terdapat 180 spesies yang baru teridentifikasi

Untuk jenis lainya, yang mestinya juga cantik - cantik warnanya silahkan baca : Jenis Ikan Corydoras Paling Populer Dan Terlengkap

5. Ikan Arwana Pino


Gambar, Foto Arwana Pino Jenis Ikan Hias Tawar Yang Berwarna Hijau


Bagi sahabat yang baru mulai tertarik untuk memelihara ikan arwana, terlebih yang demen ama warna hijau, ikan arwana pino
bisa sebagai pilihan. Ikan hias yang memiliki nama latin atau ilmiah Scleropages formosus ini merupakan jenis arwana Asia.

Jenis ikan arwana pino ini  memiliki warna tubuh sedikit kehijauan pada bagian sisik - sisiknya. Sedangkan bagian sirip dan ekornya berwarna agak gelap kecoklatan. Tentunya warna ini sangat menarik dan terkesan cantik bagi sahabat yang lagi cari ikan hias air tawar yang berwarna hijau.

Harga ikan arwana jenis pino ini juga tergolong murah, walaupun begitu ikan arwana pino ini levelnya di atas arwana silver.

6. Ikan Guppy Green Cobra

Gambar, Foto Guppy Green Cobra Jenis Ikan Hias Tawar Yang Berwarna Hijau

Ikan guppy green cobra adalah salah satu dari jenis ikan guppy yang harganya mahal. Ikan ini sangat populer, untuk jantan memiliki warna hijau yang hidup dengan pola kulit ular. Sedangkan sirip ekor bermotif dengan warna kuning dan hitam.


 7. Diamond Tetra


Gambar, Foto Diamond Tetra Jenis Ikan Hias Tawar Yang Berwarna Hijau

Diamond Tetra juga akrab dengan sebutan Pittier Tetra dan Diamond Characin adalah ikan hias yang dianggap paling cantik dari semua genus nya.  Dengan warna hijau dan emas atau iridescents oranye menjadikan daya tarik tersendiri bagi diamond tetra, di tambah dengan warna sisik - sisiknya keperakan-violet dan nampak berkilau.

Jika sahabat majalah ikan tertarik dengan ikan hias air tawar yang berwarna hijau ini diharapkan untuk sedikit bersabar untuk melihat diamond tetra dengan warna terindahnya. Itu karena puncak keindahan warna ikan diamond tetra ketika sudah dewasa.

8. GloFish Electric Green Tetra





Gambar, Foto Glofish Electric Green Tetra Jenis Ikan Hias Tawar Yang Berwarna Hijau

GloFish Electric Green Tetra adalah ikan asli South America, ikan hias air tawar ini tidak ditemukan di alam liar, karena ikan ini adalah hasil dari silangan yang sangat selektif dari White Skirt Tetra dan gen lainya.

 9. Ikan Cupang


Gambar, Foto Cupang Jenis Ikan Hias Tawar Yang Berwarna Hijau

Ikan Cupang (Betta sp.) adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

Warna dan Jenis ikan cupang sangat beragam mulai dari cupang plakat, cupang halfmoon, cupang serit, cupang aduan, hingga cupang giant.

10. Discus


Gambar, foto Discus Jenis Ikan Hias Tawar Yang Berwarna Hijau

Ikan Discus (Symphysodon spp.) merupakan satu dari tiga spesies ikan air tawar cichlid yang asal muasalnya dari lembah Sungai Amazon.

Ikan Discus adalah ikan hias akuarium yang popular di beberapa negara Asia. Pilihan warnya sangat beragam yang pastinya sahabat akan terkesan dengan kecantikanya.

Demikian Jenis Ikan Hias Tawar Yang Berwarna Hijau yang bisa majalah ikan rangkumkan untuk sahabat semua. Untuk membuat tulisan ini makin lengkap, tolong dibantu juga ya untuk menambahinya. Dan jangan lupa dishare ya.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua