Thursday, 9 June 2016

Asal Muasal Terciptanya Keindahan Cupang Serit


Cupang Serit ( Crowntail ), majalahikan.com - Ikan Hias Cupang adalah ikan hias air tawar yang mampu hidup di kondisi air yang minim akan oksigen, ikan cupang juga ikan air tawar yang teritorial " mempertahankan wilayah", cupang juga termasuk ikan hias air tawar predator " memangsa jentik nyamuk".

Ikan Cupang Serit

Ikan cupang ( Betta sp) merupakan ikan air tawar yang mendiami di beberapa Negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, dan juga Vietnam. Ada 3 jenis ikan cupang ya'ni ikan cupang hias, cupang aduan dan cupang alam atau liar.


Cupang hias sendiri ada berbagai jenis yang menurut bentuk ekornya terbagi atas cupang halfmoon, cupang plakat, cupang giant, cupang cagak "double tail" dan serit " crwontail ".


Ikan cupang serit adalah ikan cupang yang ekornya berbeda dari jenis ikan cupang lainya bahakan sangat cantik, indah dan juga unik, karena sobek sobek layaknya serit / sisir, cupang jenis ini juga dipopulerkan dengan nama Crwontail alias Mahkota.

Ikan Hias Cupang Serit

Seperti yang sering hobiis lihat, akan tetapi tahukah para hobiis siapa breeder yang menciptakan ikan cupang hias jenis serit ini, kapan terciptanya varian ini, dari persilangan jenis cupang apakah terbentuknya ekor serit ini dan bagaimana perjalanan kepopuleranya.

Asal Muasal Terciptanya Keindahan Cupang Serit


Cupang Serit Dari Cupang alam

Cupang hias awalnya adalah cupang liar atau cupang alam, lalu disusul dengan munculnya cupang slayer dan lahirlah cupang hias seperti halfmoon dan serit. Yang mempopulerkan cupang halfmoon adalah Rajiv Massimaloni (Swiss) dan Peter Goetner (USA).

Cupang serit dan cupang halfmoon


Cupang serit bisa dibilang adalah ikan hiasa ai tawar asli Indonesia, karena yang membreedeng adalah orang indonesia ya'ni Ahmad Yusuf atau lebih akrab dengan panggilan Bang Yus, sedangkan  yang mempopulerkan ke manca negara jenis ikan cupang hias serit ini adalah Henry Yin (Henry Gunawan).

yang mempopulerkan cupang serit

Entah jenis ikan cupang apa yang disilangkan oleh Bang Yus, "karena belum ada yang menggunakan log book untuk hasil ternakannya", yang pasti lahirnya ikan cupang serit adalah buah karya silangan yang dilakukan oleh Bang Yus.


Cupang serit buah karya Bang Yus dinaggap cacat dikalangan hobiis ikan cupang karena bentuk seritnya masih seperti gir dan sobekan-sobekan pada ekor seritnya belum teratur. Bahkan cupang serit Bang Yus menjadi ejekan dan bahan tertawaan oleh para peserta kontes ketika diikut sertakan kontes cupang yang diadakan di Pulau Dewata ( Bali).


Kecantikan dan keindahan dari cupang serit saat ini, merupakan kegigihan dan sifat pantang menyerahnya Bang Yus. Pasalnya setelah ditertawaknya di Bali Bang Yus tidak membuatnya patah semangat, bahkan beliau bekerja keras dan berusaha untuk menyempurnakan cupang serit bersama teman-temanya seperti Abah kamil, Pak Ahmadi dll yang ada di Slipi " Jakarta ".


Persilanganpun dilakukan dan akhirnya membuahkan hasil yang membuat Bang Yus dan kawan - kawan tersenyum, walaupun pada persilangan ini bentuk seritnya masih serit satu atau tunggal dan seritnya kurang dalam-dalam. Karena bentuk ekornya yang seperti itu lah maka di sebut cupang serit atau sisir.


Kurang dalamnya bentuk serit dan juga masih berantakan ini dikarenakan media yang dipakai untuk perawatan masih menggukakan botol. Hingga akhirnya tokoh breeder selanjutnya ya'ni Subur Juliani Alias Koh Asiung mencoba merawat ikan cupang serit-serit itu di akuarium besar bekas untuk memelihara ikan discus.


Yang dilakukan oleh Subur Juliani Alias Koh Asiung ternyata membuahkan hasil yang luar biasa, karena seritnya menjadi semakin rapi dan lebih dalam, lalu diikuti para breeder di daerah Slipi.


Seiring berjalanya waktu, cupang serit semakin populer dan peminatnya semakin banyak setelah seorang hobiis asal Tanggerang yang bernama Henry Gunawan  ( Henry Yin ) mempostingkan cupang serit yang diberi nama Crowntail ( mahkota ) di forum cupang hias.


Jenis Jenis Ikan Cupang Serit


Keberhasilan Bang Yus melahirkan cupang serit ternyata menjadikan varian cupang serit semakin beragam, bahkan para breeder ikan cupang mulai belomba-lomba menciptakan dan menmbah varian dari jenis ikan cupang serit ini, hingga pada akhirnya munculah berbagai jenis cupang Crowntail dan populer di kalangan pecinta ikan cupang hias. Berikut adalah jenis ikan cupang serit yang populer di Indonesia maupaun di manca negara.

Jenis Serit Tunggal atau combtaill


 Cupang Serit tunggal

Jenis ini merupakan bapaknya atau nenek moyangnya dari semua variant cupang serit pada saat ini, bahkan jika menginginkannya untuk dikoleksi bisa dikatakan mustahil, karena jenis comtail ini sudah sangat jarang atau langka.

Cupang Combtail ( serit tunggal ) adalah Ikan cupang yang mempunyai serit yang sangat kecil di ujung ray (sungut) sehingga terlihat bergerigi dan disebut juga dengan serit tunggal. 

Oleh IBC, Jenis cupang combtail disebut juga sebagai fringe finned betta. Hanya saja, IBC tidak memasukkan combtail sebagai bagian dari crowntail yang digunakan untuk menyebutkan cupang berserit dua atau lebih.

Cupang serit tunggal tetap disebut comb tail meskipun siripnya panjang dengan tambahan nama extended di belakangnya.
 

Jenis Serit Dua atau Double Ray Crowntail



Ikan Cupang Serit Crowntail

Variat double ray adalah ikan serit yang mempunyai susunan tulang primary dan pecahan ray secondary pada ekornya.

Seekor cupang dikatakan termasuk dalam jenis crowntail jika memiliki dua atau lebih tulang serit.

Tidak hanya berdasarkan jumlah tulang serit, perbedaan juga ditunjukkan dengan adanya selaput di antara tulang serit. Oleh sebab itu, crowntail dibagi menjadi dua, yaitu tipe balon dan tipe balok.


Cupang Serit Crowntail

Tipe balon ditunjukkan dengan adanya selaput lebar di antara tulang serit. Sementara tipe balok dicirikan dengan tulang serit kasar yang tidak memiliki selaput.

Dan cupang serit double ray inilah yang populer dan paling umum kita jumpai dimasa kini baik sebagai peliharaan, aduan maupun di arena kontes.

Jenis Serit Empat atau Double Double Ray (DDR)


 Cupang Serit Double Double Ray (DDR)

Jenis Variant Serit Empat atau Double Double Ray (DDR) merupakan jenis ikan serit yang mempunyai empat serit.
Biasanya ikan cupang serit seringkali seritnya pecah di ujungnya, jika pecahnya tara dan teratur menjadi empat, maka ikan cupang serit ini disebut serit empat atau DDR (double double ray).


Ikan serit empat mempunyai susunan tulang tulang primary dan pecahan ray secondary, serta pecahan ray tertiary pada ekornya.
Lain halnya jika pecahannya ngacak menjadi tiga atau empat, maka ikan serit ini disebut Random Ray alias Dji Sam soem.


Jenis Serit Delapan atau Double Double Double Ray (DDDR)


Serit delapan merupakan jenis ikan cupang serit yang mempunyai delapan serit yang semua seritnya rata. Yang mana mempunyai mempunyai susunan tulang tulang primary dan pecahan ray secondary,  pecahan ray tertiary hingga pecahan ray quartenary pada ekornya.


Jenis Serit Balon


Serit balon merupakan jenis ikan cupang serit yang mana memiliki selaput ekor yang lebih antar spasi ray. Yang menjadikanya terlihat menggelembung-gelembung menyerupai balon ketika sedang berenang.

Jenis Serit King Crowntail


Cupang Serit king crowntail

Ikan Cupang King Crowntail sebenarnya mirip dengan  jenis serit dua atau double ray ( Crowntail ). Akan tetapi jika diperhatikan dengan seksama sebenarnya ada perbedaanya.

Dan yang membedakan dari keduanya adalah ikan cupang serit King Crowntail memiliki serit yang melengkung dan saling menyilang, sedangkan jenis serit dua atau double ray ( Crowntail ) seritnya tidak menyilang.

Jenis Serit Cross Ray



 Cupang Serit Cross Ray

Ikan cupang Cross Ray merupakan salah satu jenis ikan cupang yang memiliki bentuk ray seperti Ikan Cupang King Crowntail.

Perbedaan dari keduanya adalah Ikan Cupang Cross Ray memiliki serit yang saling menyilang, akan tetapi tidak melengkung. Sedangkan, ikan cupang King Crowntail memiliki serit yang saling menyilang dan juga melengkung.

Inilah perjalanan Asal Muasal Terciptanya Keindahan Cupang Serit, semoga bermanfaat.

Baca juga:
5 Cara Mudah Untuk Pemula Berbudidaya Ikan Cupang

0 comments

Post a Comment

Mohon Maaf Sebelumnya Komentar Dengan Link Akan Di Hapus