Tuesday, 14 June 2016

Cupang Plakat, Sejarah Lahir Dan Jenisnya


Cupang Plakat, majalahikan.com -  Ikan Cupang plakat merupakan salah satu jenis ikan cupang yang berasal dari Negri Gajah Putih "Thailand". Ciri Cupang plakat memiliki sirip ekor yang pendek.

Cupang Plakat


" Plakat " adalah bahasa Thailand > Plakad< yang biasanya digunakan dan merujuk pada cupang aduan.

Pemberian nama cupang plakat dalam dunia ikan hias khususnya ikan cupang sebenarnya untuk membedakan antara cupang ekor pendek yang aduan dan cupang ekor pendek untuk kontes.

Sedangkan perbedaan cupang plakat hias dan cupang aduan adalah warna. Cupang plakat kontes " hias " merupakan hasil dari persilangan cupang alam dan cupang aduan yang akhirnya munculah warna dan sisik yang indah dan akhirnya terfokus dikembangkan untuk kontes.

Dalam perkembanganya plakat semakin berfariasi mulai dari sirip maupun warna dengan persilangan dengan jenis ikan cupang halfmoon dan double tail.

Hasil dari persilangan plakat dengan cupang halfmoon adalah cupang plakat dengan ekor yang pendek membundar (setengah lingkaran) dengan sokongan lebih banyak tulang ekor.

Ini sangat berbeda dengan plakat tradisional atau biasa yang hanya disokong oleh dua tulang ekor.

Sedangkan silangan plakat dengan double tail menghasilkan plakat double tail atau cupang cagak ekor pendek dan plakat simetris.

Cupang plakat cagak masih belum banyak di pasaran pada dewasa ini.

Sedangkan plakat simetris adalah cupang yang memiliki sirip punggung ( Dorsal ) yang tinggi dan lebar.

Penampilan ikan cupang plakat simetris sangat anggun dan menawan sehingga oleh International Betta Congress (IBC) dimasukan ke dalam kelas tersendiri. untuk membedakan dengan plakat halfmoon & plakat tradisional

Baca juga :
Asal Muasal Terciptanya Keindahan Cupang Serit

Jenis Jenis Cupang Plakat Hias


1. Cupang Plakat Fancy
 

Cupang Plakat Fancy

Plakat Fancy merupakan salah satu jenis cupang plakat yang cantik karena memiliki banyak corak warna.

Corak corak warna yang dimiliki Plakat Fancy paling sedikit ada 3 corak warna yang terdapat dibagian tubuh, ekor dan sirip ikan.

Sehingga corak tubuh ikan itu menjadi sesuatu yang sangat menarik perhatian para penghobi ikan cupang.


2. Cupang Plakat Koi


Cupang Plakat koi

Plakat Koi merupakan salah satu jenis plakat yang sangatlah unik karena memiliki corak warna seperti ikan koi. Oleh karena itu, jenis ikan cupang ini dinamakan plakat Koi.

Kedua jenis cupang ini "fanci dan koi" merupakan jenis jenis cupang plakat yang paling banyak diminati.

3.  Cupang Plakat Halfmoon


Cupang Plakat halfmoon

Plakat Halfmoon merupakan salah satu jenis cupang plakat yang tertua di Indonesia bila dibandingkan dengan ketiga jenis plakat lainnya

4. Cupang Plakat Giant

Cupang Plakat Giant

Plakat Giant merupakan salah satu jenis cupang plakat yang memiliki ukuran paling besar diantara jenis ikan cupang lainnya.

Plakat Giant merupakan hasil  persilangan antara cupang alam dengan plakat yang berbadan agak besar yang menjadikan ikan jenis baru yaitu ikan cupang giant plakat.

Plakat Giant dikembangkan agar tubuhnya tumbuh lebih besar dan juga indah di banding dengan cupang umumnya.

Ukuran panjang Cupang Plakat Giant sekitar 10 – 12 cm yang diukur dari ujung mulut samapai ujung ekornnya. Yang mana besarnya kurang lebih dua kali besar ikan cupang normal.


Plakat Giant bisa dibilang jenis ikan cupang termahal karena pada saat pertama kali di perkenalkan di Jakarta International Betta Show 2007 di arena Flora 2007 Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, harga cupang plakat giant ini dibandrol US$1.000,- atau setara dengan Rp.10.000.000,- pada masa itu.


Itulah jenis jenis cupang plakat, sekarang mari kita lihat sejarah kemunculnya.



Sejarah Munculnya Cupang Plakat Fancy Dan Koi


Cupang Plakat yellow koi

Cupang Plakat hias koi

Pada awalnya plakat merupakan jenis ikan cupang yang berasal dari Thailand. Akan tetapi, di sana ikan-ikan tersebut justru dianggap reject dan dianggap tidak menarik. "Jadi banyak ikan yang dianggap reject di Thailand lalu dibawa ke Indonesia khususnya di Kota Medan.

Selanjutnya, di Indonesia plakat tersebut dikembangkan lebih jauh. Yakni dengan cara dilakukan perkawinan dengan jenis ikan cupang berbeda lainnya yang ada seperti pengembangan pada halfmoon.

Hasilnya, perkawinan yang dilakukan itu melahirkan ikan cupang plakat fancy dan plakat koi.


Dan ternyata, justru tidak di duga-duga ikan ini banyak diminati di Indonesia bahkan di dunia.
 

Pada awalnya hanya sebagai ikan yang tidak diunggulkan. Akan tetapi akhirnya menjadi ikan yang sangat dipopulerkan,

Pada pertama kehadirannya, kedua jenis plakat tersebut " fancy dan koi " sengaja diperkenalkan untuk menggairahkan pasar ikan cupang kembali.


Pada saat itu, dunia ikan hias sedang booming-boomingnya sabotase ikan Lou Han, sehingga kehadirannya ditujukan untuk melawan hal itu.

Semenjak diperkenalkan, plakat makin banyak penggemarnya karena tampil dengan warna baru dan bentuk yang sangat unik. Alhasil ikan cupang pun mulai kembali di lirik para pecinta ikan cupang.

Plakat sendiri pada kemunculannya mempunyai ekor berbentuk seperti skop atau spade tail dengan tulang ekor yang hanya dua cabang.

Cupang yang seperti ini biasa disebut plakat tradisional yang mana memiliki ujung yang memanjang karena sirip dasinya atau ventralnya lebih panjang dari pada sirip bawahnya.

Sekarang ini untuk plakat fancy dan plakat koi banyak dikembangkan di Medan yang selanjutnya diekspor hingga ke luar negeri.

Selain dari pada itu, daya tarik dari plakat fancy dan plakat koi telah berlangsung cukup lama. Tetapi hingga sekarang, antusias dari para penggemarnya belum juga menurun malahan bertambah banyak.


Ciri Ciri Cupang Plakat Kontes


Cupang Plakat kontes




Bagi anda yang ingin mengikut sertakan cupang kesayangan anda ke kontes maka berikut ciri-ciri cupang plakat kontes yang musti anda perhatikan sebelum membawa kearena kontes.


- Sehat
- Badan dan sirip terlihat bersih
- Tidak ada cacat
- Sisik terlihat rapi
- Punya mental yang berani
- Tulang sirip melengkung rapih atau nampak lurus
- Sirip harus berdiri tegak
- Saat ngedok, tutup insang terbuka lebar
- Terlihat agresif dan lincah ketika melihat lawannya
- Kalau kita tarik garis tengah dari bagian tubuhnya, memperlihatkan bayangan simetris antara bagian atas dan bawahnya
- Bentuk harus proporsional antara ukuran tubuh dan siripnya
- Badan agak mengecil sedikit pada bagian pangkal ekor
- Bentuk, lebar dan ukuran sirip punggung "dorsal" harus mendekati bentuk, lebar dan ukuran sirip bawah "anal"
- Bukaan ekor "caudal" membentuk sudut 180 derajat yang di ukur dari tulang ekor pertama hingga tulang ekor terakhir
- Bagian luar dari ketiga sirip (sirip punggung, ekor, bawah) harus membentuk lingkaran yang saling menutupi dan tidak adanya sepasi di antaranya
- Pencabangan tulang sirip sekunder dan terlihat memiliki jarak yang sama panjang pada tulang siripnya atau rata
- Pada cupang kontes idealnya mempunyai warna yang indah dengan identitas yang sama

- Pada kontes cupang kelas warna dasar solid, tidak ada warna lain terlihat pada sirip dan tidak ada noda warna lain di dalam badannya
- Pada kontes cupang kelas warna kombinasi cupang harus memiliki warna gelap dan terang yang memiliki warna kontras
- Secara keseluruhan tampilan warna harus tampak menarik, indah dan juga mengkilap.



Inilah Cupang Plakat, Sejarah Lahir Dan Jenis serta ciri ciri cupang plakat kontes yang bisa kami suguhkan, semoga menambah wawasan kita mengenai ikan hias air tawar.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua