Monday, 16 May 2016

Ikan Buntal Air Tawar (Spotted Green Puffer) Asli Indonesia Dan Jenis - Jenisnya Dari Berbagi Belahan Dunia


Ikan Buntal Air Tawar, majalahikan.com - Tak heran jika ikan buntal adalah ikan hias yang populer. Karena selain warnanya yang cantik, ikan ini juga lucu dan menggemaskan, bagaimana tidak menggemaskan, kemampuanya yang dapat menghisap udara atau air hingga bentuknya mirip dengan balon yang ditiup ataupun bola yang bundar.

Ikan buntal air tawar asli indonesia

Ada banyak jenis ikan buntal (Puffer Fish) di dunia, yang terbanyak dari semua spesiesnya hidup di air laut, yang hidup di air payau ada kurang lebih 40 spesies, sedangkan untuk ikan buntal yang hidup di air tawar hanya ada 29 spesies.

Nah, mari kita tengok untuk ikan buntal air tawar dulu sebelum merambah yang habitatnya di air laut.

Bangganya kita sebagai warga Indonesia, karena ternyata di antara semua jenis ikan buntal di seluruh dunia, kita punya juga. Akan tetapi penyebaranya terbatas cuma ada di pulau sumatra dan kalimantan.


(Spotted Green Puffer) Ikan Buntal Air Tawar Asli Indonesia


Layaknya ikan arwana, ranbow, belida, yang mana merupakan ikan hias asli indonesia, kita juga punya Ikan Buntal Air Tawar.

Seperti yang admin utarakan, bahwasanya Spotted Green Puffer
ini berasal dari Sumatra ya'ni di kab. Banyuasin dan di Kalimantan Barat yang tepatnya di sungai sambas.

Sebenarnya Spotted Green Puffer, juga menyebar dari Afrika ke Asia, mulai dari Sri Lanka ke Indonesia dan utara ke Cina.

Spotted Green Puffer juga sering disebut dengan nama Green Spotted Puffer atau Spotted Puffer

Ukuran tubuhnya yang super mini sangat cantik dengan warna tubuh dan juga belang hitam bulat-bulat yang mengkombinasinya.

Pada postingan sebelumnya yang ber-judul Jenis Jenis Ikan Hias Kecil Yang Super Cantik, admin tidak menyebutkanya, akan tetapi sebaiknya juga jangan dilewatkan untuk di simak, karena pembahasanya sangat menarik.

Selain menggembungkan badanya untuk menakut-nakuti predator lain atau sebagai bentuk pertahanannya, ciri khusus ikan buntal air tawar yang lian diantaranya adalah adanya duri - duri beracun yang berfungsi untuk melindungi diri dari musuh.

Selain ciri-ciri itu, ikan buntal ternyata adalah ikan karnivora (pemakan daging)


Ikan buntal air tawar spotted

Puffer Fish atau ikan buntal ini ketika hidup pada alam liar ya'ni baik di sungai sambas maupun di sungai yang ada di banyuasin biasa dan dapat kita jumpai pada pinggir-pinggir sungai yang mana terdapat banyak vegetsi yang terendam.

Anda tertarik ingin memelihara ikan hias lucu ini. Jika iya, tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk cara merawat ikan buntal air tawar ini di akuarium anda.

Persiapan-persiapan ini bertujuan agar ikan buntal yang akan anda pelihara tidak stres dan juga sehat, karena akuarium harus dibuat sedemikian rupa layaknya habitat aslinya.Nah berikut ini adalah beberapa tipsnya.

Tips - Tips Untuk Cara Merawat Ikan Buntal Air Tawar



Ikan Buntal Air Tawar (Spotted Green Puffer)

  • Hal pertama adalah memahami sifatnya dan perilaku ikan buntal air tawar.

1. Ikan buntal air tawar tidak suka cahaya terang,  untuk itu berilah akuarium tanaman air yang mengapung supaya menghalangi cahaya dari atas dan menjadikan kondisi air di dalam akuarium remang-remang.

2. Ikan buntal air tawar cenderung teritorial, penambahan akar bogwood sangat disukai karena layaknya ia hidup di habitat alaminya.

Disamping itu akar bogwood, berguna untuk tempat persembunyianya dan daerah kekuasaanya.

Sifat teritorial ini berarti jangan sekali-kali mencampur ikan buntal dengan ikan lain dalam satu akuarium. Apalagi jenis ikan hias yang pergerakanya lambat, seperti ikan koki atau ikan hias yang bersirip panjang.

Memilih ikan yang bergerak cepat dan ukuranya sama seperti ikan corydoras, rasbira, danio dan rainbowfish adalah pilihan tepat jika ingin mencampur ikan hias buntal dengan jenis ikan lain.

3. Ikan buntal air tawar adalah predator

Siapa sangka bahwasanya ikan mungil ini termasuk jenis ikan predator air tawar.

Untuk itu ketika memeliharanya, pemberian pakan ikan buntal air tawar yang paling bagus dan disukainya adalah pakan hidup seperti misalnya Siput, kerang, cacing darah.


Yang perlu dperhatikan dalam memeberi makanan ikan buntal air tawar adalah adanya pemberian siput secara rutin. Dalam hal ini bertujuan agar gigi ikan buntal tidak tumbuh panjang ke bawah.
  • Yang kedua adalah memahami kondisi air di habitat alami dimana ikan buntal air tawar hidup

4. Di habitat alaminya dimana ikan buntal air tawar hidup adalah sungai, yang mana kualitas air selalu baik karena air mengalir.

Selalu pastikan kualitas air akuarium dalam kondisi baik, Untuk itu mengganti air akuarium secara berkala harus dilakukan.

Selain itu usahakan pH air dalam akuarium berada di sekitar 5-7 dan suhunya di antara 24-28 derajad Cecius.

Itulah ikan buntal air tawar ikan hias asli Indonesia, yang berikutnya adalah jenis-jenis yang lain dari berbagai negara.

Jenis Ikan Buntal Air Tawar Dari Bebagai Negara 


1. Ikan Buntal Fahaka (Tetraodon lineatus)

Ikan Buntal Air Tawar Fahaka

Ikan buntal air tawar Tetraodon lineatus ditemukan di lembah Sungai Nil, Chad, Niger, Volta, Gambia, Geba dan Senegal Rivers di Afrika. 

Tetraodon lineatus mendiami sungai besar dan air terbuka, serta bersarang di gulma (ruput pinggiran sungai) dan daerah bervegetasi. 

Nama-nama umum lain dari Tetraodon lineatus adalah Striped Puffer, Nil Puffer, Band Puffer, lineatus puffer, dan Globe Fish.

2. Ikan Buntal Amazon (Colomesus asellus)


Ikan Buntal Air Tawar Amazon




Colomesus asellus ditemukan di seluruh lembah Sungai Amazon di Amerika Selatan.  Nama-nama umum untuk Colomesus asellus adalah Amerika Selatan Pufferfish, SAP, Amerika Selatan Freshwater Puffer, Bee Puffer, Bumble Bee Puffer Fish, Brasil Puffer, Brasil Freshwater Puffer, dan Asell ini Puffer

3. Golden Puffer ( Auriglobus modestus )

Ikan Buntal Air Tawar Golden Puffer


Golden Puffer adalah ikan asli negara Thailand, Malaysia dan juga Indonesia.

Biasanya ditemukan di sungai-sungai besar dan yang arusnya deras.
Nama lain untuk Golden Puffer adalah Alpukat Puffer dan Bronze Puffer.

4. Malabar Puffer ( Carinotetraodon travancoricus )


Ikan Buntal Air Tawar Malbar Puffer


Malabar Puffer merupakan ikan buntal air tawar yang di temukan  di Asia; Sri Lanka ke Indonesia dan utara ke China.

Nama- nama yang umun untuk Malabar Puffer adalah Dwarf Puffer Fish, Pea Puffer, Indian Malabar Pufferfish.

5. Pignose Puffer (Tetraodon suvattii)


Ikan Buntal Air Tawar Pignose Puffer

Pignose Puffer merupakan ikan buntal air tawar yang ditemukan di sungai Mekong di Asia Tenggara.

Nama lain dari Pignose Puffer adalah  Mekong Puffer, Suvatti Puffer, Hognose Puffer, dan Ikan buntal berwajah babi.

Pignose Puffer adalah predator yang menakjubkan dikala berburu, cara ikan buntal air tawar Pignose Puffer dalam berburu pasalnya dia mengburkan diri di pasir hingga yang terlihat matanya saja, tetkala ikan lain lewat di depanya maka Pignose Puffer menyergap dan memangsanya dengan ganas.

Inilah Ikan Buntal Air Tawar (Spotted Green Puffer) Asli Indonesia Dan Jenis - Jenisnya Dari Berbagi Belahan Dunia. Semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua