Sunday, 18 September 2016

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Tidak Mati Mulai Dari Telur Hingga Siap Jual



Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Tidak Mati, majalahikan.com | Budidaya ikan cupang yang dilakukan admin ( suami ) ini tak tau belajar dari mana. Tapi, sejauh pengamatan admin terbukti berhasil hingga siap jual.

Inilah Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Tidak Mati Mulai Dari Telur Hingga Siap Jual

Ternak ikan cupang yang admin amati dan pantau terus perkembanganya ini dari berbagai jenis ikan cupang, mulai dari ikan cupang serit, ikan cupang halfmoon, ikan cupang plakat dan juga ikan cupang aduan, hanya saja admin belum melihat ( suami ) mengawinkan indukan ikan cupang giat.

Mungkin dari pengalaman yang admin amati ini bisa bermanfaat bagi sahabat majalah ikan. Ternak atau budidaya ikan cupang memang yang paling sulit adalah perawatan burayak mulai dari telur hingga burayak bisa berenang sendiri sampai bisa memangsa kutu air.

Masa itu kurang lebih 3 - 4 hari ketika telur dirawat induk cupang jantan, 3 - 4 hari setelah telur menetas dan dua minggu saat pelepasan ke kolam budidaya dan setelah ini cara merawat burayak ikan cupang bisa dibilang aman dan sudah jarang yang mati.

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Ketika Masih Dalam Kondisi Telur


Sebelum merawat atau memelihara burayak ikan cupang, pastikan dulu sahabat sudah siap untuk memijahkan atau mengawinkan indukan ikan cupang. Dan jika sahabat belum begitu memahami ciri ciri indukan yang sudah siap dikawinkan atau dipijahkan silahkan baca dulu ~> Ikan Cupang Siap Kawin Atau Pijah Inilah Cirinya  <~ 

Ketika sahabat dapati iduk betina sudah bertelur dan sang jantan mulai mengusir indukan betina, angkat atau ambil indukan betina. Nah tahap selanjutnya adalah giliran sang jantan untuk merawat telur telur.

Gambar, Foto Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Tidak Mati 
Sahabat tidak akan bisa merawat burayak jika perawatan telur ini tidak berhasil atau gagal, banyak pembudidaya ikan cupang juga terkadang kualahan untuk menjaga telur tetap utuh dan dirawat dengan baik oleh indukan jantan hingga akhirnya menetas.
Gambar, Foto Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Tidak Mati Mulai Dari Telur  
Masalahnya karena sang indukan jantan bukanya merawat telur malah telur dimakanya.

Nah untuk mengatasi ini seperti yang admin jelaskan di ciri ciri ikan cupang siap kawin adalah umur. jika umur indukan jantan terlalu muda biasanya telur akan dimakan, untuk itu pastikan sahabat mengawinkan induk jantan siap kawin atau umur lebih dari 4 bulan.

Sebenarnya ikan cupang yang sudah berumurpun terkadang kurang bertanggung jawab, untuk yang ini ada 5 solusi yang bisa sahabat baca di 5 Alasan Kenapa Anda Gagal Berbudidaya Ikan Cupang........ dan solusinya lagi jangan memberi sekat pada indukan jantan yang akan dikawinkan sebelum di jodohkan dengan betina. Karena sekat itu membuat indukan jantan semakin menjadi agresif, garang dan haaaaaaauuu hi hi hi.

Selain itu yang paling aman berikan pakan berupa jentik nyamuk ( sekali kasih untuk 3 hari ) selama induk jantan menjaga dan merawat telur.


Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Setelah Menetas



Admin penasaran setelah dipindahkanya iduk cupang betina, berapa hari telur telur ikan cupang menetas, selidikin ah.....ternyata ada yang 3 hari ada yang 4 hari. Mungkin karena suhu airnya kali ya???.

Sahabat majalah ikan amatin juga ya, nanti kalau ada yang lebih dari atau kurang dari itu, bisa dishare di kolom komentar, agar sahabat yang lain tau juga.

Gambar, Foto Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Tidak Mati Mulai Dari Telur, Menetas

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Tidak Mati Mulai Dari Telur, Menetas Dan Siap JualSetelah sahabat melihat 1 hingga 5 ekor burayak burayak mulai menetas, langsung angkat dan pindahkan induk cupang jantan. Kata ( suami ) admin dia pernah menunggu sampai burayak menetas semua dan sang induk cupang jantan tidak dipindahkan, hingga akhirnya ratusan burayak lenyap semua dimakan sang induk jantan.

Mungkin itu karena aku sering melihat secara dekat dan menjadikan induk jantan stress kata ( suami ). Nah dari pengalaman itu sahabat majalah ikan bisa mengambil kesimpulan ya?

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Tidak MatiSetelah induk jantan dipindahkan, biarkan semua burayak menetas, amati terus perkembanganya hingga burayak - burayak mampu berenang dengan lurus atau benar layaknya ikan dewasa kesana kemari untuk mencari mangsa.

Lepas tu ( kata ipin dan upin ) hi hi hi, sahabat bisa memberi makan dengan artemia, jika tidak punya sahabat bisa memberi kuning telur. Biasanya ( suami ) membeli telur puyuh ( yang sudah matang ) 3 butir....murah kok cuman seribu rupaiah.

Yang dilakukan ( suami ) admin, cara memberi makan burayak dengan kuning telur ini adalah sebagai berikut:

 ~ > Mula mula ambil kuning telur, lalu bungkus dengan kain yang memiliki pori - pori halus, lalu masukan dengan perlahan naik turun sembari sedikit ditekan agar butiran butiran kunig telur yang super halus keluar dari kain hingga para burayak cupang yang kelaparan mengerumuni buntalan kuning telur tadi. <~

Pakan atau makanan burayak ikan cupang yang berupa telur ini dilakukan hanya sehari, yaitu pagi dan sore hari. Setelah itu esoknya para burayak dimasukan ke kolam pembesaran. Ini dilakukan agar dalam cara merawat burayak ikan cupang agar tidak mati ini bisa sukses.

Karena jika dikasih makan dengan kuning telur, dan burayak masih berlama - lama di wadah pemijahan, maka mereka akan mati dengan tercemarnya air yang sedikit dengan sisa butiran halus kuning telur tersebut.

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Di Kolam Pembesaran



Mau Tau Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Tidak Mati Mulai Dari Telur Hingga Siap Jual

Kolam dengan segala isinya ( air, daun ketapang, tanaman air, dan kutu air ) sudah dipersiapkan ( suami ) satu minggu sebelum melakuakan pemijahan ikan cupang. Ini diharapkan burayak tidak mati karena kekurangan pakan, selain itu air sudah benar - benar tua dan berwarna coklat ( karena ada daun ketapangnya ) yang bagus untuk burayak.

Ada bocoran nih buat sahabat majalah ikan, ternyata eh ternyata setelah admin tanya ini tanya itu ama ( suami ), manfaat daun ketapang bukan hanya untuk penyambuhan luka ikan cupang bahkan lebih dari itu.

Ketika daun ketapang ( 20 an lembar mungkin ya ) yang direndam di kolam pembesaran termasuk bagian dari cara membuat makanan anak ikan laga ( cupang ), Itu karena ada hewan renik yang bisa jadi makanan anak ikan laga yang baru menetas.

Masukan burayak ke kolam pembesaran dengan perlahan, agar gelombang air tidak membuat mabuk burayak hi hi hi, setelah itu tutup kolam dengan apalah yang penting tidak ada hama masuk yang akan menghabiskan burayak sahabat.

Mau tau apa predator yang bakal menyantap burayak - burayak sahabat, mau tau banget atau bingit hi hi hi......ya udah tak kasih bocoran juga dannnnnnnnn ternyata  ini dia

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Tidak Mati Mulai Dari Telur Dan Penanganan Hama

Yups di Daerah admin sakarang lagi ada hantu malam yang siap menghantui burayak - burayak ikan cupang. Makanya tiap malem ( suami ) ronda tu, ampe ane ditinggalin kedinginan hi hi hi.

Setelah para burayak di lepasin ke kolam tinggal kasih aja makan sebanyak - banyaknya biar Endut, 2 kali sehari boleh atau 3 kali ya juga boleh. Terserah sahabat lah.
Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Tidak Mati Mulai Dari Telur Hingga Siap Jual Dan Juga Dari Hama 
Nah untuk membuat pakan burayak ikan cupang berupa kutu air ini, ( suami ) punya cara yang ajiiiiiiiiiiiib bangat, murah lagi yang bisa sahabat coba. Silahkan aja sahabat baca Budidaya Kutu Air Dengan Kol Dan Tanpa Bibit


Cuman dengan menggunakan metode ini sahabat musti tutup hidung terus pagi, siang, sore, apalagi malem....baunya huuuek. Itu kalau lokasi sahabat di dekat rumah, kalau jauh....ya sukur deh.


Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Di Masa Zona Aman Dari Kematian


Jenis ikan cupang apapun yang sahabat budidaya setelah melawati tahab tahab yang admin sebutkan tadi, berarati sahabat sukses dalam ternak ikan cupang atau ikan laga ini. Itu karena tingkat kematian burayak sudah bisa dipastikan tidak mungkin lagi.

 
 
 
Berilah makanan anakan ikan cupang di fase ini dengan jentik nyamuk, genjot burayak umur sekitar satu bulan ini dengan pakan alami dan bernutrisi tinggi tersebut (  jentik nyamuk yang masih kecil ) supaya lekas gede dan siap depet duit dari anak - anak disekitar sahabat,,,,hi hi hi.

Lantas berapa lama budidaya ikan cupang bisa siap untuk dijual? Nah yang ini tergantung sahabat mau duit sedikit atau yang lumayan? jika dipanen di usia ke 3 bulan, ikan cupang masih agak terlalu kecil dan biasanya dijual ke anak anak cuma Rp 2000 per ekornya.

Akan tetapi jika sahabat pelihara sebentar lagi, kira kira sudah membuat anak - anak kecil disekitar sahabat kegirangan ketika melihat sirip dan ekor ikan cupang yang mengembang dengan lebarnya,,,,,lumayan tu Rp 5000 per ekornya.

Masalah jual terserah sahabat majalah ikan deh, mau ke anak - anak kecil, ke pasar - pasar atau toko - toko ikan hias, atau keabang penjual kerupuk, abang tukan bakso hi hi hi yang penting dapet duit dan halal.

Cukup sekian Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Tidak Mati Mulai Dari Telur Hingga Siap Jual yang bisa majalah ikan suguhkan dari pengalaman yang akurat dan terpercaya hi hi hi. Terima kasih, dan jangan lupa dishare juga ya.

0 comments

Post a Comment

Mohon Maaf Sebelumnya Komentar Dengan Link Akan Di Hapus