Tuesday, 26 July 2016

Ikan Cupang Siap Kawin Atau Pijah Inilah Cirinya


Ikan Cupang Siap Kawin Atau Pijah Inilah Tanda Dan Cirinya, majalahikan.com - Dalam budidaya ikan cupang, dari segala jenis ikan cupang. Baik ikan cupang plakat, serit, halfmoon, maupaun ikan cupang aduan. Hal terpenting adalah adanya ikan cupang jantan dan ikan cupang betina yang sudah siap untuk dikawinkan.

jenis Ikan Cupang Siap Kawin Atau Pijah Inilah Cirinya

Bagi para master bredeng mengetahui ikan cupang yang sudah siap pijah bukan masalah lagi, karena tingkat kesulitan budidaya ikan cupang sebenarnya ada di awal - awal burayak lahir dari telurnya, dan difase ini banyak para breder yang gagal menghasilkan anakan ikan cupang yang hidup hingga 100 % .

Akan tetapi bagi kita yang sedang ingin belajar membudidayakan ikan cupang atau disebut pemula, mengetahui tanda dan ciri ikan cupang siap kawin atau pijah adalah langkah awal yang harus diketahui.

Untuk itu berikut ini adalah ulasan yang sangat tepat untuk sahabat majalah ikan yang ingin mencoba membudidayakan ikan cupang.

Ikan Cupang Siap Kawin Atau Pijah Ciri cirinya Yang Jantan



Ikan Cupang Siap Kawin Atau Pijah Inilah Cirinya

 Banyak dari tutoial tentang cara budidaya ikan cupang, yang mana di dalamnya di jelaskan bahwasanya tanda ikan cupang jantan siap untuk kawin atau pijah adalah munculnya gelembung udara yang semakin banyak di permukaan air.


Bahkan pada tulisan majalah ikan yang berjudul ~ 5 Cara Mudah Untuk Pemula Berbudidaya Ikan Cupang ~ juga dikatan hal yang sama.

Nah kali ini majalah ikan mencoba memperjelas kembali apa yang pernah di ulas dan yang menurut dari kebanyakan tutorial budidaya ikan cupang dianggap benar .

Gelembung  udara yang dibuat oleh ikan cupang jantan sebenarnya bukanlah tanda atau ciri ikan cupang jantan sudah siap kawin atau istilahnya shobu.
Memang benar adanya sarang gelembung yang dibangun oleh cupang jantan adalah karena merupakan bagian dari proses pembibitan / pemijahan / kawin / budidaya.

Akan tetapi sarang gelembung itu bukanlah ciri ciri ikan cupang siap untuk kawin. Karena di alam liar, hampir semua ikan cupang jantan dari waktu ke waktu membuat gelembung udara.

Akan tetapi tidak diketahui waktu pasti kapan ikan cupang jantan membuat gelembung udara / busa. Terkadang harian, mingguan dan terkadang bulanan.

Bahkan tanpa kehadiran ikan cupang betina, cupang jantan tetap membuat sarang gelembung udara. Proses pembuatan gelembung udara ini adalah alami, dan yang mana sebenarnya adalah apresiasi dari sehat dan nyamannya sang ikan cupang jantan berada di tempat itu.

Lalu seperti apa tanda ikan cupang jantan siap kawin / pijah?

Matangnya umur......

Berati kalau begitu umur berapa ikan cupang jantan siap untuk dikawinkan?

Untuk mengawinkan ikan cupang, bahkan sejak ketika usia 3 bulan cupang jantan sudah bisa kawin, akan tetapi di usia dini ini sang induk jantan kurang bertanggung jawab atas burayak burayaknya, bahkan menurut pengalaman admin sendiri induk cupang jantan bisa memakanya.

Idealnya untuk menciptakan keberhasilan dalam budidaya ikan cupang, umur cupang jantan sudah lebih dari empat atau lima bulan. Karena sang induk sudah ada tanggung jawab untuk merawat burayaknya.


Ikan Cupang Siap Kawin Atau Pijah Untuk Yang Betina


Ikan Cupang Siap Kawin

Setelah kita tahu ikan cupang jantan yang sudah siap untuk di kawinkan atau dibudaidayan, sekarang mari kita lihat ikan cupang betina yang juga sudah siap untuk dikawinkan.

Jika pada bagian bawah perutnya ada titik putih berarti ikan cupang pijahkan. Oh ya sebisa mungkin pilihlah yang perutnya besar, karena kandungan telurnya banyak.

Demikian penjelasan Ikan Cupang Siap Kawin Atau Pijah Inilah Tanda Dan Cirinya, semoga bisa membantu persoalan sahabat semua.

0 comments

Post a Comment

Mohon Maaf Sebelumnya Komentar Dengan Link Akan Di Hapus