Sunday, 12 June 2016

Makanan Ikan Arwana Dan Cara Pemberianya


Makanan ikan arwana, majalahikan.com - Ikan arwana adalah ikan air tawar yang populer baik di dalam negri maupun di luar negri karena kecantikan ring yang ada pada sisiknya.

Jenis Makanan Ikan Arwana Dan Cara Pemberianya

Kepopuleran ikan arwana juga dikarenakan adanya kepercayaan bahwasanya ikan arwana adalah ikan pembawa hoki. Kami pernah menyinggungnya yang juga bisa anda sekalian lihat di 3 Jenis Ikan Hias Yang Menjadi Favorit Luar Negri. 

Selain dari pada itu ikan arwana merupakan ikan hias yang harganya mahal. Nah bagi anda sekalian yang ingin memelihara ikan hias mahal ini, tentunya tidak ingin kan ikan kesayangan anda kurang sehat, kurang menarik dan kurang berstamina saat berada di akuarium hias anda.

Kesehatan, warna dan stamina ikan arwana ditentukan oleh perawatan yang baik. Cara merawat ikan arwana yang kurang optimal akan berdampak buruk pada ikan arwana anda.

Terutama kualitas air akuarium itu sendiri, lampu dan yang paling utama adalah makanan ikan arwana.

Tahukah anda, sebenarnya ikan arwana adalah ikan predator " pemangsa", dan dalam memberi makanan ikan arwana sebaiknya adalah pakan hidup.

Baca juga : Jeni-Jenis Ikan Predator Air Tawar Yang Unik Dan Populer Dipelihara Di Aquarium


Berikut adalah makanan ikan arwana yang baik untuk anakan ikan arwana maupun dewasa dan cara memberikanya.

Makanan Ikan Arwana  Yang Masih Kecil Dan Pola Pemberianya Yang Baik


Makanan ikan arwana yang diberikan pada anakan dengan ikan arwana dewasa berbeda, karena tingkat kebutuhan nutrisinya juga berbeda.

Untuk anda yang ingin budidaya ikan arwana, makanan ikan arwana yang masih kecil " burayak / anakan " haruslah kecil dan lunak, dan yang tepat adalah artemia, cacing sutra, cacing darah dan juga kutu air.

Baca juga : Budidaya Kutu Air Dengan Kol Dan Tanpa Bibit

Sedangkan makanan ikan arwana yang beranjak dewasa juga berbeda dari ikan arwana yang masih dalam bentuk burayak " baru menetas ".

Cacing beku, ikan kecil, udang, serangga, dan juga katak kecil merupakan pilihan yang baik untuk makanan ikan arwana remaja dengan pola pemberian sebagai berikut:

a, Pagi, sekitar jam 07, 00 - 08, 00 bisa diberikan jangkrik dan juga belalang dengan dibuang kakinya sebanyak 2-3 ekor untuk 1 ekor ikan arwana remaja.

b, Siang, sekitar jam - jam 11, 00 bisa diberikan anak katak sebanyak 1 ekor untuk 1 ikan arwana.

c, Sore, sekitar jam 16, 00 - 17, 00 berikan juga anak katak 1 ekor juga untuk 1 ikan arwana.

Dalam pemberian makanan ikan arwana remaja yang terpenting adalah kandungan protein dalam pakan cukup tinggi agar supaya pertumbuhan ikan arwana anda cepat besar.

Dan pemberian pakan berupa anak katak tidaklah bersifat opsional, anda bisa menggantinya dengan udang air tawar ataupun ikan kecil.

 

Makanan Ikan Arwana  Dewasa Yang Baik


Makanan ikan arwana dewasa juga berbeda dengan ikan arwana yang masih kecil dan ikan arwana remaja, karena yang dibutuhkan ikan arwana dewasa bukan lagi untuk mempercepat pertumbuhan, akan tetapi untuk membuat kualitas ikan arwana itu sendiri semakin bagus, prima, dan juga berstamina.

berikut adalah jenis jenis makanan ikan arwana dewasa:

1, Kecoa, Makanan Ikan Arwana Penambah Nafsu Makan

Kecoa Makanan Ikan Arwana Dan Cara Pemberianya


Sebisa mungkin kecoa yang diberikan pada ikan arwana bukanlah kecoa yang anda tangkap dari tempat sampah ataupun yang berkeliaran di dapur, karena untuk menghindari kontaminasi insektisida yang membahayakan arwana anda, sebaiknya dapatkan kecoa dari peternakan.

Kecoa memiliki kandungan protein yang tinggi dan konon kecoa juga mampu merangsang nafsu makan ikan arwana. Oleh sebab itu, kecoa sangat cocok untuk ikan arwana anda yang sedang mengalami penurunan nafsu makan.

Selain itu kecoa mengambang / mengapung di permukaan air dan itu baik untuk mata ikan arwana agar tidak juling. Karena salah satu ciri ikan arwana yang berkualitas adalah pandangan mata arwana lurus.

2, Kadal Dan Cicak, Makanan Ikan Arawana Selingan Saja


Cicak Makanan Ikan Arwana Dan Cara Pemberianya 

Kenapa cicak dan kadal hanya sebagai makanan selingan ikan arwana, karena tidak baik untuk warna ikan arwana. Dan pemberian cicak dan kadal hanya bertujuan agar ikan arwana mendapat variasi makanan.

Pilihlah cicak dan kadal yang bisa masuk di mulut ikan arwana saat dimangsa / ditangkapnya. Dan cobalah dahulu pada arawana anda, karena tidak semua ikan arwana mau makan cicak dan kadal.

3, Kelabang, Makanan Ikan Arwana Untuk Mencerahkan Warna

Kelabang Makanan Ikan Arwana Dan Cara Pemberianya


Kelabang merupakan makanan ikan arwana yang berkhasiat untuk membantu mencerahkan warna pada sisik-sisik tubuhnya,  karena kelabang mempunyai kandungan betacarotene.

Akan tetapi memberikan kelabang yang berlebih pada ikan arwana berdampak kurang baik.

Dampak kurang baik jika anda memberikan kelabang ini pada ikan arwana adalah keengganan ikan arwana terhadap jenis makanan lain yang anda berikan setelahnya ( selalu minta kelabang sebagai makananya ).

Dampak yang kedua adalah makanan ikan arwana berupa kelabang akan menguras kantong anda, karena mahal dan keberadaan kelabang sangat sulit untuk didapatkan.

Kelabang cocoknya adalah sebagai menu selingan makanan ikan arwana.

Jangan lupa jika ingin memberikan kelabang pada arwana anda untuk mengambil taring / capitnya terlebih dahulu sebelum dimasukan ke akuarium.

4, Jangkrik, Menu Utama Makanan Ikan Arwana


Jangkrik Makanan Ikan Arwana Dan Cara Pemberianya

Jangkrik sangat baik untuk menu utama makanan ikan arwana, karena kandungan betacarotenenya mampu membantu mencerahkan warna pada ikan arwana, khususnya ikan arwana jenis super red dan golden red.

Selain baik untuk warna ikan arwana, jangkrik juga baik untuk mata ikan arwana agar tidak juling, karena jangkrik merupakan jenis makan yang mengapung dipermukaan air.

Jangan lupa sebelum diberikan pada arwana anda, kaki-kaki jangkrik dihilangkan terlebih dahulu dan pilihlah jangkrik yang masih muda.

5, Udang, Makanan Ikan Arwana Yang Paling Disukai

Udang Makanan Ikan Arwana Dan Cara Pemberianya

Selain jenis makanan yang paling disukai ikan arwana, udang juga sangat bagus untuk meningkatkan perubahan warna pada arwana anda.

Akan tetapi perlu anda ketahui bahwanya udang juga mengandung resiko jika diberikan pada ikan arwana anda, terutama pada matanya.

Ketidakbaikan udang untuk makanan ikan arwana itu kerena udang selalu berada didasar air,  jadi ikan arwana pandangannya selalu ke arah bawah dan jika hal ini terlalu sering ikan arwana matanya dikawatirkan akan mengalami juling.

6, Ikan Kecil, Makana Ikan Arwana Yang Perlu Diwaspadai

Ikan Kecil Makanan Ikan Arwana Dan Cara Pemberianya

Ikan kecil, merupakan jenis makanan ikan arwana yang juga digemari ikan arwana sebagi mangsa.

Akan tetapi ketika anda hendak memberikan ikan kecil untuk makanan arwana anda, yang perlu diperhatikan adalah kesehatan ikan kecil tersebut.

Karena ada kemungkinan ikan kecil tersebut membawa penyakit, seperti misalnya jamur white sopt. Selain itu sisiknya yang lepas juga akan membuat air akuarium mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Walaupun ikan kecil makanan yang disukai ikan arwana, sebaiknya anda memberikan dalam kondisi yang tidak sadar. Karena jika tidak, akan terjadi kejar mengejar yang bisa menyebabkan arwana menabrak-nabrak kaca atau menabrak heater/pemanas sampai pecah yang bisa menyebabkan masuknya aliran listrik langsung ke air. Dan itu membahayakan arwana anda.

7, Pelet, Makan Ikan Arwana Yang Paling Mudah Didapatkan


Pelet Makanan Ikan Arwana Dan Cara Pemberianya

Pelet atau makan buatan merupakan pakan untuk ikan yang paling mudah untuk didapatkan, karena tersedia di toko-toko ikan hias.

Sebenarnya pelet tidak lazim diberikan untuk ikan arwana. Tapi makanan tersebut dapat diberikan karena sudah banyak mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan oleh ikan arwana.


Pola Dan Cara Memberi Makanan Ikan Arwana Dewasa Yang Baik

Untuk ikan arwana dewasa sebaiknya tidak memberikan makanan setiap hari. Karena, dengan memberikan makan setiap hari makanan ikan arwana tersebut tidak semuanya dimakan.

Sebaiknya biarkan ikan arwana merasa lapar dulu hingga nafsu makannya meningkat, seperti misalnya beri makan arwana 2 hari sekali.

Jaringlah sisa-sisa makanan yang tidak dihabiskan oleh arwana agar tidak membusuk dan mengotori air aquarium.

Sekian penjelasan Makanan Ikan Arwana Dan Cara Pemberianya, semoga bermanfaat.

Baca juga:
Gambar Ikan Hias Air Tawar Jenis Arwana Super Red
Arwana, Ikan Hias Air Tawar Termahal
7 Besar Ikan Hias Paling Populer Di Indonesia, Yang Manakah Milik Anda?


0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua