Sunday, 20 September 2015

Arwana, Ikan Hias Air Tawar Termahal


Ikan Hias Air Tawar Termahal- Arwana adalah salah satu ikan hias yang hidupnya di air tawar, sebenarnya banyak ikan hias air tawar bagus dan indah yang bisa melengkapi koleksi akuarium anda dan juga mahal, tapi ikan arwana adalah yang paling mahal dan penggemarnyapun bukan orang biasa-biasa, walaupun demikian kalau anda adalah salah satu hobiis ikan hias maka wajib tau alasan ikan arwana mahal.

Ikan Hias Air Tawar Termahal arwana
Ikan Arwana Emas
Arwana Asia (Scleropages formosus), atau Siluk Merah adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang; sirip dubur terletak jauh di belakang badan. Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan. Arwana Asia juga disebut "Ikan Naga" karena sering dihubung-hubungkan dengan Naga dari Mitologi Tionghoa.


Secara morfologis (ciri-ciri fisik), badan dan kepala arwana agak padat. Tubuhnya pipih dan punggungnya datar, hampir lurus dari mulut hingga sirip punggung. Garis lateral atau gurat sisi yang terletak di samping kiri dan kanan tubuh arwana panjangnya antara 20-24 cm. Bentuk mulutnya mengarah keatas dan mempunyai sepasang sungut pada bibir bawah. Ukuran mulutnya lebar dan rahangnya cukup kokoh. Giginya berjumlah 15-17. Bagian insangnya di lengkapi dengan penutup insang. Letak sirip punggungnya berdekatan dengan pangkal sirip ekor (caudal).Sirip anusnya lebih panjang dari pada sirip punggung (dorsal), hampir mencapai sirip perut (ventral). Panjang arwana dewasa sangat variatif, antara 30-80 cm. Bentuk badannya gepeng dan bersisik besar meliuk-liuk indah saat berenang di aquarium. Ditambah tumbuhnya dua sungut di ujung bibir bawah membuat ikan ini mirip liong atau naga. Karena itu, tidak mengherankan jika sebagian masyarakat menyabutnya dengan kimliong atau ikan naga emas. Layaknya naga, arwana juga dianggap sebagai symbol keberhasilan, keperkasaan, dan kejayaan.

Ikan Hias Air Tawar Termahal jenis arwana
Ikan Hias Arwana
Arwana adalah ikan bertulang air tawar dari keluarga Osteoglossidae, juga dikenal sebagai bonytongues. Arwana sebenarnya termasuk jenis ikan purba yang hingga kini belum punah. Banyak nama yang melekat padanya,di antara ikan siluk, ikan kayangan, ikan kalikasi, dan ikan kelasa.

Ikan Hias Air Tawar Termahal ikan naga
Arwana
Arwana Asia terdaftar dalam daftar spesies langka yang berstatus "terancam punah" oleh IUCN tahun 2004. Jumlah spesies ini yang menurun dikarenakan seringnya diperdagangkan karena nilainya yang tinggi sebagai ikan aquarium terutama oleh masyarakat Asia Pengikut Feng Shui dapat membayar harga yang mahal untuk seekor ikan ini, mungkin karena alasan  "terancam punah" ikan ini menjelma jadi Ikan Hias Air Tawar Termahal.

Ikan Hias Air Tawar Termahal Jenis Arwana

Apa yang membuat arwana jadi ikan termahal?
Memelihara arwana itu rumit, yang perlu diperhatikan itu air dan lampu, air dan lampu memengaruhi kelangsungan hidup arwana.
Air harus bersih. Jika kotor, air harus segera diganti, apalagi jika arwana di-tanning agar menjadi merah.
Jika menggunakan air sumur atau PAM, air sebaiknya difilter untuk menghasilkan air yang bagus.
Sebaliknya, air gunung tak perlu disaring. Lampu yang digunakan NAN atau LED untuk viewing, dan bohlam jenis 827 atau 840 untuk tanning, karena mengandung ultraviolet. Tak menherankan Jika Arwana jadi Ikan Hias Air Tawar Termahal, dikarenakan tingkat perawatanya yang super sulit, kalau orang jawa bilang "koyo ngemong cah bayi"


Ikan Hias Air Tawar Termahal warna bagus

Arwana dark base (dasar gelap) susah di-tanning, jika salah cara pengerjaannya, arwana terlihat gosong.

Ikan Hias Air Tawar Termahal arwana merah
Arwana Merah
Arwana merah menjadi daya pikat dan diyakini mendatangkan kemakmuran. Untuk menjadi merah dibutuhkan waktu 1- 1,5 tahun.

Ikan Hias Air Tawar Termahal jenis arwana putih
Ikan Arwana Putih
 Arwana white base (dasar putih) lebih mudah di-tanning.


Ikan Hias Air Tawar Termahal arwana cantik
Ikan Hias Air Tawar Termahal warna kuning
Arwana emas susah di-tanning merah, tapi jika berhasil tanning, warna merah akan terlihat bagus.


Ikan Hias Mahal perawatan sulit
Itulah alasan kenapa Arwana harganya selangit.

Ikan Hias Air Tawar Termahal 1 milyar

Tak heran jika harga arwana selangit, karena kerumitan perawatannya. Arwana jenis super red dijual seharga Rp 10 juta (ukuran kecil untuk silver albino), Rp 35 juta untuk super red dengan nama Oppa Gangnam dan 50 Centi, dan platinum dibanderol Rp 198 juta. Super red  adalah Ikan Hias Air Tawar Termahal dalam jenis Arwana, karena harganya mencapai Rp 1 miliar.

Ikan Hias Mahal super red
Super Red

  Inilah arwana Rp 1 milyar

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua