Thursday, 17 March 2016

7 Besar Ikan Hias Paling Populer Di Indonesia, Yang Manakah Milik Anda?


7 Besar Ikan Hias Paling Populer Di Indonesia ~ Setelah pada postingan sebelumnya kita bahas ikan hias yang menjadi favorit di luar negri, tak lengkap rasanya kalau tidak membahas ikan hias populer di negri sendiri.

Nah berikut adalah 7 Besar Ikan Hias Paling Populer Di Indonesia. Adakah diantaranya yang belum anda miliki, atau jenis ikan hias yang mana milik anda?

7 Besar Ikan Hias Paling Populer Di Indonesia

Mari kita lihat dari urutan yang ke 7 hingga ke satu

7. Ikan Hias Guppy

Guppy, 7 Besar Ikan Hias Paling Populer Di Indonesia
budidayaikanhiasguppy.blogspot.com

Guppy memiliki nama latin Poecilia reticulata. Merupakan salah satu spesies ikan hias air tawar yang juga cukup populer di dunia apa lagi di negri ini. Selain ikan hias yang indah, guppy juga mudah menyasuaikan diri, gampang beranak-pinak. Makanya untuk budidaya ikan guppy relatif mudah.

Silahkan baca :  Budidaya Ikan Guppy, Mudah Dan Siapapun Anda Bisa Berhasil

Bukan hanya populer di dunia dan dalam negri, guppy merupakan favorit para petani ikan hias, karena harganya yang relatif bagus,  dan guppy adalah ikan hias omnivora yang juga doyan makan lumut.

Di berbagai tempat di Indonesia guppy telah menjadi ikan liar yang memenuhi parit parit dan selokan. Dalam perdagangan ikan hias, guppy dikenal juga dengan nama millionfish, selain itu guppy di berbagai daerah juga punya nama yang berbeda-beda, seperti misalnya orang betawi menamainya dengan gepi, sunda memanggilnya bungkreung, untuk jawa cethul atau cithul dan sebagainya.

Untuk jenis guppy silahkan baca juga : Jenis Ikan Guppy Terbaru Dan Paling Lengkap

6. Ikan Hias Koi

Di urutan ke 6 dari 7 Besar Ikan Hias Paling Populer Di Indonesia adalah koi.

koi  Ikan Hias Paling Populer Di Indonesia
bintorocorp.co.id

Nama latin koi adalah Cyprinus carpio. Ikan ini banyak dipelihara untuk menghias halaman rumah, karena koi adalah salah satu ikan hias kolam, bukan untuk akuarium.

Koi juga populer sebagai ikan hias hoki. Ikan ini sangat masyhur di Jepang yang mana sebenarnya berasal dari Tiongkok.

5. Ikan Hias Cupang

Cupang Plakat 7 Besar Ikan Hias Paling Populer Di Indonesia
www.kaskus.co.id
Cupang Halfmoon 7 Besar Ikan Hias Paling Populer Di Indonesia
ikancupangcom.weebly.com

Cupang Serit 7 Besar Ikan Hias Paling Populer Di Indonesia
kingaquarior.weebly.com
Urutan ke 5 dari 7 Besar Ikan Hias Paling Populer Di Indonesia adalah cupang. Nama latinya Betta sp, adalah ikan air tawar yang habitat asalnya di beberapa negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailan, Malaysia dan Vietnam.

Cupang itu ikan hias unik dalam bentuk dan karakternya dan cenderung agresif dalam memepertahankan wilayahnya. Di kalangan penggemar ikan hias, umumnya ikan cupang terbagi atas tiga jenis, ya'ni cupang hias, cupang aduan dan cupang liar.

Tepatnya di Pampang, Kalimantan Timur cupang Betta channoides adalah ikan hias asli Indonesia.

4. Ikan Hias Louhan

Di posisi ke 4 dari 7 Besar Ikan Hias Paling Populer Di Indonesia ditempati oleh louhan.
Louhan, 7 Besar Ikan Hias Paling Populer Di Indonesia
duduul.com


Flowerhorn, 7 Besar Ikan Hias Paling Populer Di Indonesia
www.anneahira.com

Dalam bahasa inggris Ikan Louhan di sebut Flowerhorn, terkenal sebagai salah satu ikan hias yang dipelihara di akuarium, dikarenakan warna sisiknya yang hidup serta benjolan kepalanya yang berbentuk khas dan berjuluk "benjol kelam" dan juga populer sebagai ikan hias hoki.

3. Ikan Hias Koki

koki Ikan Hias Paling Populer
miqbalfff.wordpress.com
koki 7 Besar Ikan Hias Paling Populer Di Indonesia
www.duniaq.com

Ikan koki atau populer juga dengan ikan mas koki nama latinya Carrassius auratus. Ikan hias ini masih dalam satu keluarga ikan mas. Ikan yang lucu nan indah memiliki daya tarik tersendiri bagi penggemar ikan hias.


Ikan koki sendiri awalnya berasal dari daratan Cina dan yang kemudian menyebar keberbagai wilayah di dunia khususnys Indonesia.

Banyak dari pecinta ikan hias memelihara dan merawat ikan koki di akuarium, akan tetapi banyak juga yang memeliharanya di kolam, karena ikan koki juga cocok, cantik dan tatap saja indah jika di tempatkan pada kolam ikan hias.

Banyaknya permintaan akan hias koki di pasaran dan penggemarnya pun mulai dari anak kecil hingga dewasa, menjadikan banyak pula di kalangan masyarakat yang mencoba budidaya ikan koki ini.

Untuk sentranya ikan koki yang terbesar ada di Tulungagung, Jawa Timur. Karena di sini mampu memproduksi ikan koki hingga 55 juta ekor setiap tahunya. 

Harga ikan hias koki dipasaran lumayan murah, anda disa memebawa pulang satu ekor ikan koki cukup dengan rp 5000 hingga Rp 10.000 saja.

2. Ikan Hias Discus 

Runner up kotegori 7 Besar Ikan Hias Paling Populer Di Indonesiaal  adalah ikan discus. Ikan ini berasl dari sungai amazon ( Brazil ).

discus 7 Besar Ikan Hias Paling Populer Di Indonesia
menembus7cakrawala.wordpress.com

discus  Ikan Hias Paling Populer
akuariumhias.blogspot.com


Nama ikan hias discus terinpirasi dari lempengan CD atau disc, sedangkan nama latinya Symphysodon discus. Jenis ikan diskus banyak ragamnya yang populer seperti Angel Blue Diamond, Gold Yellow Diamond, Marlboro Red, Pearl Pigeon, Red Ribbon dan Checker Board Pigeon.

Ikan discus sangat cantik, mata ikan ini memeliki warna merah dan garis garis tengah tubuhnya yang paling besar sekitar 15 cm. Perilaku ikan discus sangat unik, mereka cendering menyandiri atau berkelompok dengan sesama jenisnya saja.

Untuk cara merawat ikan discus berilah pakan alami, karena pakan alami lebih disukai ikan discus ketimbang pakan buatan. Selain itu, pakan alami bisa melatih instingnya dan menjadikanya lebih lincah.

Sedangkan untuk budidaya ikan discus cocoknya iklim tropis yang memiliki suhu 25-30 derajat celcius. Indukan yang baik dan berumur 12-18 bulan. Ikan discus memiliki pasangan sendiri, dan pasangan inilah yang baik untuk dijadikan indukan.

1. Ikan Hias Arwana


arwana Ikan Hias Paling Populer Di Indonesia
totoerwantoto.blogspot.com

ikan naga  Ikan Hias Paling Populer
www.arwanawiki.com
arowana 7 Besar Ikan Hias Paling Populer Di Indonesia
bisnis.10terbaik.com
Diposisi pertama dari 7 Besar Ikan Hias Paling Populer Di Indonesia adalah ikan arwana. Kepopuleranya tak diragukan lagi, Bahkan di luar negri arwana adalah ikan hias yang paling favorit.

Ikan ini adalah ikan asli indonesia, nama latinya Sleropages formousus sedangkan nama julukan populernya adalah Siluk Merah.

Arwana adalah salah satu spesies  ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang, sirip dubur terletak jauh dibelakang badan.

Arwana asia disebut juga Ikan Naga, karena sering dihubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa.

Ada empat varietas warna ikan arwana:

1. Hijau, ditemukan di Indonesia, Vietnam, Thailan, dan Malaysia
2. Emas dengan ekor merah, ditemukan di Indonesia
3. Emas, ditemukan di Malaysia
4. Merah, ditemukan di Indonesia

Cara merawat ikan arwana yang terpenting adalah pakan. Makanan arwana yang baik banyak jenisnya, tapi tidak semua makanan arwana baik untuk kesehatanya.

Makanan arwana seperti udang air tawar, ikan seribu, anak ikan mas, anak ikan gabus, katak, kelabang, jangkrik dan belalang pada umumnya sangat disukai ikan arwana.

Itulah 7 Besar Ikan Hias Paling Populer Di Indonesia.

Referensi :
http://www.arwanawiki.com/2014/02/jenis-makanan-arwana-yang-baik-untuk-kesehatan-arwana.html.


0 comments

Post a Comment

Mohon Maaf Sebelumnya Komentar Dengan Link Akan Di Hapus