Saturday, 5 November 2016

Budidaya Ikan Lemon Bisa Menjadi Peluang Usaha Bagi Anda



Budidaya Ikan Lemon, majalahikan.com | Ikan lemon merupakan jenis ikan hias yang asal usulnya dari negara Afrika. Akan tetapi yang tersebar di Indonesia merupakan hasil dari budidaya petani petani ikan hias yang ada di Indonesia. Siapa yang tak kenal dengan ikan lemon, ikan hias yang warnanya kuning bak buah lemon ini ternyata banyak peminatnya. Bahkan permintaan pasar akan ikan hias yang warnaya polos ini juga makin bertumbuh.

Gambar Budidaya Ikan Lemon Bisa Menjadi Peluang Usaha Bagi Anda

Disisi lain ikan lemon termasuk jenis ikan hias yang cocok juga dipelihara dan dirawat di aquascape, warnanya yang terang dengan berbagai subtrat dan tanaman aquascape, tentunya akan memanjakan Anda sebagai pecinta ikan hias.Dengan banyaknya hobiis ikan hias yang memelihara ikan lemon ini tentunya bisa menadi peluang usaha bagi anda dengan mebudidayakanya.

Untuk membudidayakan ikan lemon ini ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, bahkan jika dilakukan dengan baik dan terus berinovasi serta sering menimba ilmu maka tidak menutup kemungkinan keberhasilan yang akan anda dapatkan. sepert layaknya dalam budidaya ikan cupang, yang terpenting terus berusaha dan bereksperiman.

Jika Anda berminat untuk mengais rizki dari ikan lemon ini, maka berikut ini adalah langkah langkah cara budidaya ikan lemon yang bisa anda lakukan.



Langkah Langkah Mudah Cara budidaya Ikan Lemon


Gambar, Foto Budidaya Ikan Lemon Bisa Menjadi Peluang Usaha Bagi Anda

Langkah pertama adalah menyiapkan indukan ikan lemon yang akan dipijahkan ~ Untuk mendapatkan keberasilan dalam budidaya ikan lemon ini indukan haruslah yang sudah berumur 7 bulan lebih. Sedangkan untuk mengetahui mana ikan lemon jantan dan mana ikan lemon betina, maka berikut adalah ciri cirinya:

Ikan lemon jantan ~

Warna kuningnya lebih cerah dan bersinar
Ukuran tubuhnya lebih besar dan sedikit lebih panjang
Warna sirip atas dan sirip bawahnya berwarna hitam
Sirip perut lebih panjang
Kepala Lebih besar

Ikan lemon betina ~

Warna kuningnya ikan lemon betina lebih kusam ( kurang cerah ) dari pada ikan lemon jantan
Ukuran tubuhnya lebih kecil dan sedikit lebih pandek dari pada ikan lemon jantan
Warna sirip atas dan sirip bawah berwarna kuning
Ukuran kepalanya lebi kecil dibanding ikan lemon jantan
Sirip perut cenderung lebih pendek dibanding sirip perut ikan lemon jantan


Untuk indukan ikan lemon yang akan dipijahkan selain umurnya sudah lebih dari 7 bulan, pastikan juga kesehatanya. Jangan memijahkan ikan yang sakit. Langkah selanjutnya ketika anda sudah mendapati baik ikan lemon jantan maupun ikan ikan lemon betina adalah menyiapkan kolam pemijahan.

Langak kedua menyiapkan kolam pemijahan ~ Wadah pemijahan bisa menggunakan aquarium, sebaiknya akuarium sebelum diisi indukan ikan lemon diseting terlebih dahulu dengan gua gua atau dengan pipa. Ini dimaksudkan untuk menjadi sarang ikan lemon saat memijah.

Aquarium juga sebaikna berukuran besar agar ketika teradi ritual pijah yakni kejar kejaran antara lemon janan dan betina lebih leluasa, bisa juga dengan ukuran 100 cm panjangna, 50 meter lebarnya dan 40 cm tingginya.

Selain itu perlengkapan aquarium seperti misalnya filter dan juga aerator juga sebaiknya ada dalam pemijahan ikan lemon di aquarium ini.

Setelah semuanya dirasa siap, isilah aquarium dengan air dan sebaiknya separuh tinggi aquarium saja.

Dalam merawat indukan ikan lemon ini pemberian pakan yang baik untuk meransang pertumbuhan sel telur agar melimpah juga perlu. Seperti misalnya jentik nyamuk atau cacing tubifex.

Langkah ketiga Adalah Proses Pemijahan Dalam Budidaya Ikan lemon

Pada umumnya proes pemijaan ikan lemon ini ditandai dengan kejar kejaran antara ikan lemon jantan dan ikan lemon betina, yang mana diakhiri dengan mengendap endap di dasar kolam.

Itu sebabnya dalam budidaya ikan lemon di aquarium ini dasar aquarium musti di seting dengan gua gua atau celah celah, tujuanya untuk menjadi sarang dalam proes pemijahan.

Telur yang dihasilkan ikan lemon betina dalam sekali kawin kurang lebi berjumlah 100 butiran dan akan menetas kurang lebih selama 4 hari.

Disini, Anda bisa memilih untuk membesarkan burayak atau larva ikan lemon atau dibiarkan indukan yang akan merawatnya. Karena ikan lemon ini walaupun bersifat galak ternyata bisa merawat anak anaknya.

Jika anda memilih untuk membesarkan burayak atau larva ikan lemon, maka pisahkan idukan dengan anak anaknya. Dan lagkah selanjutnya adalah pembesaran.

Langkah keempat adalah Pembesaran ikan lemon

Setelah indukan dipisah, burayak diberi pakan alami berupa kutu air,infusoria atau pakan alami lainya yang berukuran kecil.

Setelah burayak ikan lemon sudah berumur, dan terlihat padat pada tempat pembesaran,lakukan pemisahan agar tidak terjadi kepadatan populasi.

Itulah langkah langkah cara budidaya ikan lemon yang bisa menjadi peluang usaha untuk anda. Sebaiknya Anda terus menggali ilmu untuk keberhasilanya, karena terkadang apa yang dilakukan petani satu dengan petani ikan hias lainya tidaklah sama. Sekian dan terima kasih. Semoga memberi manfaat dan bagi anda yang mencobanya semoga tidak ada kesulitan atau kendala.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua