Saturday, 17 September 2016

Tanaman - Tanaman Aquascape Untuk Pemula Yang Mudah Sekali Perawatanya


Tanaman Aquascape Untuk Pemula, majalahikan.com | Jenis ikan hias air tawar ada yang cocok untuk menghuni aquascape ada juga yang tidak cocok. Jenis ikan hias yang biasanya harus dihindarkan dari aquascape adalah ikan hias yang cenderung merusak tanaman ( Omnivora ). Dan juga ikan hias yang ukuranya terlalu besar.

Sedangakan ikan hias air tawar yang biasa dan populer dipelihara dan dirawat di aquascape berukuran kecil, berwarna cerah mencolok dan tidak merusak tanaman aquascape.

Selain ikan hias, aquascape juga sangat cocok untuk berbagai jenis udang hias. Nah jika sahabat sudah menentukan ingin memelihara ikan hias atau udang hias untuk menghuni aquascape sahabat, sekarang saatnya sahabat memilih tanaman aquascape untuk pemula.

Sahabat majalah ikan jangan tersinggung dengan kata pemula ya, kata pemula ini bermaksud tanaman aquascape yang mudah dirawat alias tidak memerlukan perawatan ekstra. Nah langsung saja mari kita lihat jenis jenisnya.

Tanaman - Tanaman Aquascape Tanpa Co2 Dan Bagus Untuk Pemula


Tanaman aquascape itu berarti tanaman atau tumbuhan yang biasa ditanam atau diletakakan di akuarium untuk mempercantik akuariaum. Akan tetapi bukan hanya itu fungsi atau manfaat tanaman aquascape.

Selain itu tanaman ini juga berfungsi sebagai penyeimbang lingkungan di akuarium, juga untuk kenyamanan si ikan hias baik untuk main petak umpet maupun tempat berlindung sang burayak ikan hias.

Layaknya tumbuhan yang tumbuh di darat yang mana membutuhkan Co2 untuk proses fotosintesis, tanaman aquascape juga demikian. Untuk itu diperlukan tabung co2 yang diletakan di dekat akuarium untuk menyuplai gas co2 pada tanaman aquascape tersebut.

Akan tetapi ada banyak dari jenis tanaman aquascape ini yang bisa hidup tanpa co2, dan inilah yang akan majalah ikan bagi informasinya pada sahabat semua.

Hanya saja tanaman aquascape untuk pemula yang hidup tanpa co2 ini tetap saja membutuhkan perawatan agar tetap hidup, seperti misalnya mengganti 30 % air setiap satu minggu sekali, bukan hanya itu sahabat juga harus menjaga suhu air tetap di bawah 30 derajat celcius.

Meletakan atau menentukan posisi setiap jenis tanaman aquascapae juga perlu diketahui bagi pemula, itu karena agar tanaman tumbuh dengan baik dan nilai estetikanya terlihat.

Sedangkan jenis tanaman aquascape ini pada dasarnya dibagi menjadi tiga bagian.

1, Foreground - Tanaman foreground merupakan tanaman depan atau tanaman yang ditanam dibagian depan dalam akuarium atau aquascape dan untuk tipe ini bagusnya adalah tanaman karpet.

2, Midground - Tanaman midground atau mididdle ground dalam dunia aquascapae berarti tanaman tengah ( tanaman yang ditanam dibagian tengah aquarium )

3, Background - Tanaman background merupakan tanaman belakang atau tanaman yang ditanam dibagian belakang dalam akuarium atau aquascape.


Inilah Jenis - Jenis Tanaman Aquascape Untuk Pemula


Jenis Jenis Tanaman Aquascape  Foreground
Tanman aquascape jenis ini untuk ukuran daunya cenderung lebih kecil, pertumbuhanya tidak menjulang tinggi akan tetapi horisontal dan menyebar luas hingga memenuhi dasar akuarium. Contoh dari tanaman ini sebagai berikut:

1. Java Moss

Java Moss - Tanaman - Tanaman Aquascape Untuk Pemula Yang Mudah Sekali Perawatanya

Tanaman ini sangat cocok bagi aquascaper pemula untuk dijadikan dasar akuarium, karena sangat mudah dalam perawatan. Biak dari pencahayaan maupun suhu air.

Untuk pencahayaan  java moss sangat toleran karena bisa hidup dengan semua jenis cahaya. sedangkan untuk suhu java moss juga terbilang toleran, karena mampu menerima suhu mulai dari 21 derajat celciu hingga 32 derajad celcius. Akan tetapi yang paling ideal dalam merawat tanman aquascape java moss ini suhu bekisar di 21 hingga 24 derajat celcius.

Warnanya yang hijau terang yang menghampar di dasar akuarium akan semakin hidup dengan adanya burayak - burayak ikan hias yang bersembunyi untuk berlindung dan mencari makan.

Java moss sangat cocok jika dipasangkan pada kayu apung maupun batu.

2. Hemianthus Callitrichoides


Hemianthus Callitrichoides - Tanaman - Tanaman Aquascape Untuk Pemula Yang Mudah Sekali Perawatanya

Tanaman aquascape ini juga akrab dengan sebutan Dwarf Baby Tears dan bisa menjadi pilihan sahabat majalah ikan sebagai karpet akuarium. Selain perawatanya yang mudah, tanaman ini akan tumbuh memenuhi dasar akuarium dengan lebat.

Sahabat harus tetap memberi cahaya pada tanaman ini, jika tidak
Dwarf Baby Tears akan tumbuh berantakan ( ke atas dan tidak lagi mengahmpar di dasar akuarium ) karena mencarai sumber cahaya. Karena sifat dari tanaman ini tumbuh dengan mengikuti arah cahaya.

Sedangkan untuk suhu dalam merawat tanaman aquascape
dwarf baby tears ini idealnya 22 hingga 23 derajat cecius.

3. Hygrophila Difformis ( Water Wisteria )

Hygrophila Difformis ( Water Wisteria ) - Tanaman - Tanaman Aquascape Untuk Pemula Yang Mudah Sekali Perawatanya

Pilihan tanaman aquascape dasar ( karpet ) selanjutnya adalah water wisteria. Untuk merawatan water wisteria ini cahaya yang diperlukan adalah pencahayaan sedang, sedangkan suhunya 23 hingga 28 derajat celcius.

Water Wisteria adalah tanaman aquascape yang mampu tumbuh dengan cepat.

4. Lilaeopsis

Lilaeopsis - Tanaman - Tanaman Aquascape Untuk Pemula Yang Mudah Sekali Perawatanya


Lilaeopsis juga salah satu pilihan tanaman aquascape untuk lantai atau dasar akuarium. Cara merawat Lilaeopsis ini juga terbilang mudah, hanya saja sahabat perlu meluangkan waktu sejenak untuk memangkas Lilaeopsis ini bilamana sudah terlihat meyerang tanaman aquascape lainya.

Selain itu usahakan sahabat atur suhu air di titik 23 hingga 29 derajat celcius. Pencahayaan sedang juga dianjurkan dalam merawat tanman Lilaeopsis ini.

Tanman ini tumbuh hingga 5 cm, dan hampir serupa dengan gulma atau rumput liar yang sering kita lihat disekitar kita.

5. Echinodorus Tenellus

Echinodorus Tenallus - Tanaman - Tanaman Aquascape Untuk Pemula Yang Mudah Sekali Perawatanya

Tanaman aquascape karpet ( Foreground ) yang mudah dalam perawatan dan cocok untuk pemula selanjutnya adalah Echinodorus Tenellus. Tanaman ini juga tumbuh dengan cepat, tentunya dengan pencahayaan yang baik.

Echinodorus Tenellus mirip dengan Eleocharis parvula (atau dikenal sebagai 'hairgrass'), hanya saja penampilanya sedikit lebih kasar, dan kesan yang ditimbulkan di dalam akuarium lebih liar tapi sangat menarik dan sedikit berbeda.

Kecepatan tumbuh Echinodorus Tenellus akan menjadikan tanaman karpet yang tebal dan padat dan cepat menyebar di dasar akuarium. Tumbuh kembangnya akan lebih optimal jika CO2 digunakan dalam akuarium.

6. Marsilea Minuta

Marsilea Minuta - Tanaman - Tanaman Aquascape Untuk Pemula Yang Mudah Sekali Perawatanya

Marsilea minuta adalah anggota dari keluarga pakis dan sering disebut semanggi air sebagai kurcaci, Marsilea minuta menyebar dan tumbuh dengan cepat.

Marsilea minuta mudah untuk ditanam, dipelihara dan dirawat, dan cocok banget untuk pemula aquascaper. Marsilea minuta tumbuh dengan baik di kerikil atau pasir-jenis tanah yang kaya nutrisi.

Untuk menamnya kedalaman substrat minimal 1 sampai 2 inci akan memberikan dasar yang baik bagi akar tanaman ini.

Meskipun marsilea minuta mudah tumbuh, akan tetapi pemberian pupuk substrat yang berkualitas tinggi dianjurkan untuk memberikan gizi yang diperlukan.

7. Hairgrass

Hairgrass - Tanaman - Tanaman Aquascape Untuk Pemula Yang Mudah Sekali Perawatanya

Bisa dibilang hampir semua aquascapers mengenal dan menanam Hairgrass pada aquascapenya. Itu karena tanaman ini mampu tumbuh dengan cepat, lebat dan menjadikan akuarium tampil dengna bersih.

Menanam Hairgrass, walaupun sahabat masih pemula dengan perawatan yang optimal akan terlihat seperti aquascaper yang profesional atau berpengalaman.

8. Dwarf Sagittaria

Dwarf Sagittaria - Tanaman - Tanaman Aquascape Untuk Pemula Yang Mudah Sekali Perawatanya

Dwarf Sagittaria juga sangat pas buat aquascaper pemula, perawatanya yang mudah baik dari kualitas air maupun lampu. Biarpun begitu kondisi air yang ideal untuk merawat Dawarf Sagittaria ini adalah suhu 22-28 ÂșC dan ph 6,5-7,5.

Penambahan CO2 sebenarnya dianjurkan, walaupun tanpan CO2 juga tumbuh dengan baik, hanya saja jika akuarium sahabat tidak dilengkapi dengan suplai CO2, pencahayaannya harus ditambah agar tanaman ini tumbuh dengan baik.

Ukuran tinggi maksimum Dwarf Sagittaria 12 Inci (30,5 cm), yang perlu sahabat perhatikan dalam merawat tanaman ini adalah kadar zat besi. Karena Dwarf Sagittaria sangat sensitif dengan rendahnya zat besi. Dan setiap menguningnya daun tanaman ini berarti kekurangan zat besi. Yang artinya sahabat musti memberi pupuk.


Jenis Tanaman Aquascapae Untuk Middle ground Dan Background


1. Amazon Sword


Amazon Sword - Tanaman - Tanaman Aquascape Untuk Pemula Yang Mudah Sekali Perawatanya

Amazon Sword merupakan tanaman aquascape yang populer, dan banyak tersedia di toko - toko ikan hias atau hewan peliharaan. Jadi sahabat tidak akan merasa kesulitan untuk mendapatkanya.

Yang perlu sahabat ketahui, tanaman Amazon Sword ini banyak jenisnya dan biasanya para penjual akan menyebutnya dengan nama yang sama. Seperti misalnya Echinodorus bleheri yang memiliki daun lebar, Echinodorus amazonicus memiliki daun sempit.

Selain itu sahabat juga harus memilih tanaman Amazon Sword yang daunya hijau panjang dan sehat, pastikan juga daun tidak berlubang, retak maupun bintik - bintik coklat. Periksa juga akarnya dan pastikan memiliki struktur yang kuat dan sehat.

Cara merawat Amazon Sword juga cukup mudah. Amazon Sword akan membuat akuarium sahabat tampak seperti hutan karena daun dari tanaman ini. Hutan akuarium akan semakin menarik dengan latar belakang warna hitam.

Lebatnya tanaman Amazon ini juga sangat sesuai untuk menyembunyikan tabung filter, daya atau pemanas akuarium.

Untuk jenis ikan yang harus di hidari ketika akuarium sahabat ada tanaman amazon ini antara lain, ikan oscar, ikan sapu sapu, ikan dari jenis cichlid seperti Jack Dempsey, Texas Cichlids atau roughens.

Merawat ikan koki di aquascape atau akuarium yang ada tanaman amazon ini juga tidak dianjurkan, karena ikan koki juga cenderung memakan tanaman ini.

2. African Water Fern ( Bolbitis )


African Water Fern ( Bolbitis) - Tanaman - Tanaman Aquascape Untuk Pemula Yang Mudah Sekali Perawatanya

African Water Fern juga sangat cocok untuk aquascaper pemula, karena perawatanya yang mudah dan mudah tumbuh dengan sendirinya secara alami yang akhirnya akan menghiasi aquascape hingga bertahun - tahun.

Untuk mulai menamam dan merawat tanman African Water Fern ini mula mula sahabat lepaskan tanaman dari pot pembibitan lalu bersihkan rimpangnya. Ikatkan (bungkus) rimpang African Water Fern pada media batu atau sepotong kayu. Dan seiring waktu tanaman ini akan tumbuh dengan sendirinya.

Tanaman African Water Fern sebenarnya tanpa dipupuk sekalipun bisa tumbuh subur, akan tetapi untuk memaksimalkan laju pertumbuhan pada awal awal sahabat menanamnya bisa juga dipupuk dengan pupuk cair yang seimbang sekali per minggu dan infus air dengan CO2.

Untuk suhu Tanaman African Water Fern idealnya antara 68 dan 80 derajat Fahrenheit / 20 hingga 26 derajat Celcius. Sedangkan untuk cahaya sebaiknya yang tidak begitu terang.

3. Java Fern (Microsorum pteropus)

Java Fern ( Microsorum pteropus ) - Tanaman - Tanaman Aquascape Untuk Pemula Yang Mudah Sekali Perawatanya

Java Fern salah satu tanaman untuk aquascape yang mudah untuk dirawat. Ada banyak pilihan jenis dari tanaman ini yang bisa sahabat pilih sedangkan yang paling umum tersedia di toko toko ikan hias adalah daun sempit, daun jarum, yang windelov dan daun tombak.

Yang membuat Java Fern ini begitu menarik bagi aquascaper adalah sifatnya yang mudah tumbuh, biasanya akan tumbuh seperti rumput liar dan tersebar di akuarium.

Java fern bisa ditanam hampir di mana saja di akuarium dan dapat ditempatkan pada kayu apung, batu atau langsung ke gravel (tapi pastikan untuk tidak mengubur dalam substrat). Ketika menempatkannya di kayu apung atau batu, akar harus terpasang dan diikat dengan benar.

Sedangkan untuk pencahayaan, tanaman java fern ini membutuhkan cahaya yang lebut atau tidak terang. Ketika tanaman ini diberi cahaya yang terlalu terang daun akan berubah menjadi coklat dan transparan. Ketika itu terjadi segera kurangi terangnya cahaya hingga benar benar pulih.

Untuk suhu air, tanaman java fern ini membutukan sekitar 22 - 27 derajat celcius. Dan ph 6 - 8.

4. Green Tiger Lotus


Green Tiger lotus - Tanaman - Tanaman Aquascape Untuk Pemula Yang Mudah Sekali Perawatanya

Green Tiger Lotus adalah tanaman aquascape asli dari afrika, sahabat akan terkesan dengan kecantikan tanaman ini. Daunya yang hijau brilian dengan corak bintik bintik akan membuat akuarium sahabat menjadi hutan Green Tiger Lotus yang indah.

Untuk cahaya Green Tiger Lotus membutuhkan cahaya menengah dengan ph 5 - 8. Dan tanaman ini termasuk untuk aquascape latar belakang.

5. Anubias Nana


Anubias Nana - Tanaman - Tanaman Aquascape Untuk Pemula Yang Mudah Sekali Perawatanya

Tanaman yang satu ini juga cocok banget buat pemula aquascape. Anubias Nana merupakan salah satu dari jenis tanaman aquascape yang paling populer. Anubias Nana bisa tumbuh hingga 8 inci, warna daunya hijau gelap yang indah.

Dan biasanya memiliki garis diagonal berjalan dari pusat vena ke perimeter daun. Selain itu bentuk daun dari Anubias Nana biasanya menunjuk bulat telur.

Anubias Nana bisa bertahan hidup pada air yang bersuhu antara 22 hingga 28 derajat celcius. Dan dengan ph 6,0-7,5.

Jika sahabat ingin menanam Anubias Nana ini, bisa dilakukan dari rimpang dan akar yang diikat dibatu ataupun kayu apung tentunya dengan hati hati. Anubias Nana juga tumbuh dengan baik bila ditanam di kerikil.

Anubias Nana tidak memerlukan perawatan khusus, tanaman ini mampu tumbuh dengan baik walau tanpa suplai CO2 maupun dengan CO2. Hanya saja Anubias Nana ini pertumbuhanya tidak secepat tanaman aquascape yang lainya.

6. Cryptocoryne Becketti

Cryptocoryne Becketti - Tanaman - Tanaman Aquascape Untuk Pemula Yang Mudah Sekali Perawatanya

Cryptocoryne Becketti adalah tanaman yang indah dan terkesan padat untuk setiap tipe aquarium atau aquascape. Keindahanya terlihat dari daunya yang berwarna hijau dan agak coklat, dengan bentuk daun panjang, mengurucut pada ujungnya dan tidak begitu bergelombang.

Demikianlah informasi mengenai Tanaman - Tanaman Aquascape Untuk Pemula Yang Mudah Sekali Perawatanya yang bisa majalah ikan bagi. Terima kasih dan jangan lupa untuk dishare ya.

0 comments

Post a Comment

Mohon Maaf Sebelumnya Komentar Dengan Link Akan Di Hapus