Wednesday, 2 November 2016

Cara Budidaya Atau Mengkultur Infusoria Untuk Pakan burayak Ikan Air Tawar



Cara Budidaya Atau Mengkultur Infusoria Untuk Pakan burayak Ikan Air Tawar, majalahikan.com | Para pembudidaya ikan, baik ikan air tawar maupaun ikan hias air tawar pasti tak asing dengan makanan favorit burayak yang satu ini, ya namanya adalah infusoria, makhluk berukuran kecil yang kaya akan gizi untuk menunjang pertumbuhan burayak atau larva ikan.

Gambar Cara Budidaya Atau Mengkultur Infusoria Untuk Pakan burayak Ikan Air Tawar

Akan tetapai berbeda bagi yang lagi moncoba menekuni budidaya ikan air tawar, terkadang beliu beliau ini belum atau hanya sekilas baru mendengar ifusoria.


Lalu apa itu infusoria? Infusoria adalah hewan yang pada umumnya hidup di air tawar dan termasuk kelas protozoa. Yang mana di kelas ifusoria ini ada sub kelas ciliata. Seperti contohnya balantidium, colpada, didinium dan paramesium.

itulah sekilas pengenalan kita akan hewan renik infusora, dan tujuan dari penulisan ini adalah cara budidaya atau mengkultur ifusoria untuk pakan burayak ikan air tawar atau ikan hias air tawar.


Cara Budidaya Atau Mengkultur Infusoria sebagai Pakan Alami Burayak Ikan Air Tawar


Seperti kita ketahui, baik budidaya ikan air tawar ataupun budidaya ikan hias air tawar yang menentukan kesuksesan kita adalah sukses dalam merawat burayak ikan hingga sang burayak berumur 1 bulan, ketika kita bisa melewatinya dan burayak bisa bertahan hidup hingga 75 % itu berarti kita sukses, karena setelah si burayak lebih dari satu bulan rentan akan kematian jauh lebih sedikit.

Nah untuk membuat kita sukses dalam merawat burayak ikan air tawar yang kita budidaya, salah satunya adalah ketersediaan pakan yang melimpah. Selain itu, pakan juga yang harus sesuai dengan ukuran burayak serta kaya akan kandungan untuk menunjang pertumbuhan sang burayak.

Ada banyak jenis pakan yang bisa menjadi alternatif untuk merawat burayak, seperti misalnya artemia, kutu air dan yang akan kita bahas kali ini adalah ifusoria.


Infusoria ini merupakan makanan alami yang juga sangat disukai oleh burayak atau larva ikan. Itu karena ukuranya yang pas dengan mulut burayak, serta pergerakanya menggoda sang burayak. Selain itu, infusoria dengan kandungan yang ada di dalamnya akan membuat laju pertumbuhan burayak semakin cepat.

Ada beberapa media yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk budidaya infsoria ini, seperti misalnya sayur kol atau kubis, sayur daun ketela, Bayam  dan lain lain.


Cara Budidaya Atau Mengkultur Infusoria Dengan Media Sayur Kol Atau Kubis


Langkah langkanya adalah senagai berikut:

Pertama siapkan wadah untuk budidaya atu mengkultur, wadah ini disesuaikan dengan kebutuhan sedikit banyaknya infusoria yang akan dipanen.

Kedua siapkan air yang sudah diendapkan dan dicampur dengan air aquarium yang sudah diganti dan masukan ke wadah budidaya. Makanya alangkah lebih baiknya ketika anda mengganti air aquarium, air yang sudah ganti jangan dibuang, karena sangat bermanfaat dalam budidaya infusoria ini.

Ketiga kol atau kubis, ini juga disesuaikan dengan kebutuhan

Keempat rebus kol atau kubis hingga kelewat matang ( hancur ), lalu diamkan hingga dingin, setelah dingin peraslah kewadah yang sudah disiapkan dan aduklah.

Kelima agar tidak dihinggapi nyamuk untuk bertelur dan agar sirkulasi udara baik, maka tutuplah wadah dengan kain.Lalu biarkan kurang lebih selamam 4-5 hari.

Keenam panen infusoria bisa dilakukan setelah hari ke lima, dan bisa diberikan pada burayak ikan air tawar anda. Caranya dengan mengambil beserta airnya dan tuangkan ke wadah budidaya ikan air tawar Anda, pemberianya sebaiknya 6-8 kali dalam sehari.


Cara Bdidaya Infusoria menggunkan sayur bayam dan daun ketela


Sebenarnya dalam budidaya infusoria menggunakan bayam dan daun ketela ini prakteknya sama dengan menggunakan media kol atau kubis.

Dalam budidaya atau mengkultur infusorisa ini juga bisa dilakukan dengan menambahkan aerator, agar tingkat keberhasilanya jauh lebih tinggi.

Demikianlah Cara Budidaya Atau Mengkultur Infusoria Untuk Pakan burayak Ikan Air Tawar, semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua