Tuesday, 4 October 2016

Kenali Profil Soaboa (Sawbwa resplendens) Dan Cara Merawatnya


Kenali Profil Soaboa (Sawbwa resplendens) Dan Cara Merawatnya, majalahikan.com | Ketika majalah ikan merangkum Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap, ada satu ikan hias yang menjadi kejangggalan admin, yakni ikan hias Soaboa.

Gambar Kenali Profil Soaboa (Sawbwa resplendens) Dan Cara Merawatnya

Kebanyakan dari semua artikel yang membahas ikan hias yang cocok untuk aquascape, menyebut ikan ini dengan nama soaboa. Akan tetapi ketika admin pastikan, yang benar penulisanya adalah Sawbwa, mungkin karena lidah orang jawa dalam menyebut menjadikan ditulis seperti apa yang diucapkan.

Sawbwa resplendens > Sawbwa berarti pangeran atau kepala sedangkan Resplendens berarti bersinar atau berkilau.

Ikan Sawbwa resplendens ini merupakan jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Danau terisolasi gunung Inle dan DAS terkait di Shan State, timur Myanmar.

Sawbwa resplendens juga salah satu jenis ikan hias air tawar langka, ikan ini terdaftar  di IUCN karena penurunan yang signifikan pada populasi liar.

Panjang maksimal ikan Sawbwa resplendenssaat dewasa hanya
25 - 35 mm atau  3,5 cm (1,4 in). Di alam bebas ikan ini memakan
invertebrata kecil dan zooplankton.

Selain memiliki kepala yang berwarna merah atau oranye, ikan jantan pada tubuhnya berwarna keperakan - biru dengan sisi sirip ekornya juga berwarna merah.

Klasifikasi Ikan Hias Sawbwa resplendens


klasifikasi ilmiah
Kerajaan:     Animalia
Divisi:     Chordata
Kelas:     klasifikasi
Memesan:     Cypriniformes
Keluarga:     Cyprinidae
Marga:     Sawbwa
Jenis:     S. resplendens
nama binomial
resplendens Sawbwa


Cara Merawat Ikan Hias Sawbwa resplendens

Gambar Dan Foto Kenali Profil Soaboa (Sawbwa resplendens) Dan Cara Merawatnya

Untuk memlihara ikan berkepala merah ini, akuarium yang ideal adalah yang ukuranya 60 x 30 cm. Untuk suhu bisa sahabat atur dikisaran 18 - 22 ° C, sedangkan pH 6,0-8,0.

Jenis tanaman aquascape juga perlu ditambakan, agar terlihat alami. Subtrat yang agk gelap juga penting, agar ikan ini semakin menyala.

Untuk pemberian pakan Ikan Sawbwa resplendens bisa diberikan pakan idup seperti kutu air, atau pakan buatan yang sesuai dengan mulutnya.

Ikan Sawbwa resplendens juga bisa dicampur dalamsatu akuarium dengan jenis ikan hias lainya, yang terpenting ukuranya sama dan menerima kondisi air yang sama.

Memelihara ikan Sawbwa resplendens untuk yang sejenis sebaiknya di hindari, karena ikan ini layaknya ikan cupang yang bertarung antara ikan jantan.

Sebaiknya dalam satu akuarium perbandingan 4 betina dan 1 jantan. Akan tetapi seperti jenis ikan hias yang ada dipasaran, ikan Sawbwa resplendens juga yang memiliki warna indah adalah jantan. Dan itu menjadikan sulit menemukan ikan betina.

Untuk itu memelihara Ikan Sawbwa resplendens di akuarium yang ukuranya besar dengan berbagi tanaman aquascape akan memisahkan antara Ikan Sawbwa resplendens jantan dengan jantan lainya.

Demikian ulasan tentang Kenali Profil Soaboa (Sawbwa resplendens) Dan Cara Merawatnya. Semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua