BTemplates.com

Profil Dan Klasifikasi Ikan Hias Corydoras Serta Cara Merawatnya

Profil Dan Klasifikasi Ikan Hias Corydoras Serta Cara Merawatnya, majalahikan.com | Ikan Corydoras merupakan jenis ikan hias air tawar dari keluarga Callichthyidae dan subfamili Corydoradinae.

Gambar Profil Dan Klasifikasi Ikan Hias Corydoras Serta Cara Merawatnya

Nama Corydoras berasal dari Yunani Kory (helm) dan doras (kulit). Ikan Corydoras didistribusikan di Amerika Selatan di mana ditemukan timur Andes ke Atlantik pantai, dari Trinidad ke Río de la Plata drainase di utara Argentina.

Ikan Corydoras umumnya ditemukan di sungai kecil, sepanjang tepi sungai yang lebih besar dan di rawa-rawa. Ikan ini adalah ikan yang menghuni dasar, yang mencari makan di pasir, kerikil atau detritus.

Makanan utama Corydoras di alam bebas adalah serangga dan larva serangga dan berbagai cacing, serta beberapa tumbuh tumbuhan. Ikan ini tidak memangsa ikan, akan tetapi corydoras terkadang juga makan ikan yang sudah mati.

Di alam bebas ikan cory ketika mencari makan membenamkan mulutnya hingga sebatas hidung, dan menggunakan sungutnya untuk mendeteksi makanan.

Untuk alasan itu, ketika dirawat di akuaruim, penggunaan subtrat pasir yang lembut sangat disarankan.


Pada umumnya ikan cory berkelompok satu spesies, terkadang juga beberapa spesies. Kelompok ini bisa terdiri dari ratusan ekor bahkan ribua ekor.

Ikan corydoras berbeda dengan jenis ikan lele yang lainya, yang mana pada umumnya aktif di malam hari, sedangkan ikan corydoras lebih banyak aktif di siang hari.

Spesies atau jenis ikan corydoras ini sangat banyak, kurang lebih ada 180 spesies, untuk lebih jelasnya silahkan baca JENIS IKAN CORYDORAS PALING POPULER DAN TERLENGKAP

Klasifikasi Ikan Corydoras


klasifikasi ilmiah
Kerajaan:     Animalia
Divisi:     Chordata
Kelas:     klasifikasi
Memesan:     Siluriformes
Keluarga:     Callichthyidae
subfamili:     Corydoradinae
Marga:     Corydoras



Cara Merawat Ikan Corydoras di akuarium aquascape


Gambar Dan Foto Profil Dan Klasifikasi Ikan Hias Corydoras Serta Cara Merawatnya

Jika sahabat ingin mencari ikan yang bisa menemani hingga tua, ikan corydoras merupakan ikan yang tepat. Karena Ikan corydoras merupakan jenis ikan hias air tawar yang berumur panjang, seperti misalnya  C. aeneus, jenis ini dilaporkan dalam penangkaran bisa hidup hinga 27 tahun.

Corydoras bukanlah type ikan yang agresif, untuk itu bisa dicampur dengan berbagai jenis ikan hias lainya.

Corydoras juga ikan yang pemalu, maka untuk merawatnya disarankan minimal 3 ekor dalam satu akuarium.

Subtrat pasir yan lebut dengan berbagai enis tanaman aquascape, sanat ideal untuk ikan penghuni bawah air ini.

Karena ikan ini penghuni bawah air, maka untuk makanan sediakan pakan yang bisa tenggelam.

Dalam merawat ikan ini yang terpenting adalah kualitas air harus rendah akan nitrit, karena tingginya tingkat nitrit bisa menyebabkan sungutnya tidak berfungsi untuk mendeteksi keberadaan makanan.


Demikianlah sekilas tentang Profil Dan Klasifikasi Ikan Hias Corydoras Serta Cara Merawatnya. Semoga bermanfaaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel