Thursday, 28 April 2016

Tahukah Anda Kenyataan Tentang Ikan Piranha


Ikan Piranha, majalahikan.com ~ Teddy Roosevelt, presiden Amerika Serikat yang ke 26 ini pernah menulis bahwasanya ikan piranha adalah "ikan yang paling ganas di dunia" sekembalinya dari Brazil. 

Mereka akan menyambar jari-jemari yang dimasukan ke air dan akan melahap dan memakan manusia hidup-hidup ataupun hewan yang terluka.


penilis tentang ikan yang paling ganas di dunia

Semua orang saya rasa tahu ikan piranha, karena banyak banget film ataupun vidio yang mengisahkan keganasanya. Seperti misalnya film james bond, film piranha 2, dan juga game tomb rider 3.

Ikan piranha makan manusia, menyarang secara berkelompok dan membabi buta bahkan hanya dengan hitungan detik saja ikan ini mampu menghabiskan mangsanya dan hanya tinggal tulang-belulang.

Seperti itulah gambaran tentang ikan piranha dalam banyak film dan vidio yang akhirnya membuat manusia takut denganya.


korban ikan piranha

Untuk itu majalahikan.com akan menguak fakta keganasan dibalik film piranha...dan setelah ini anda akan mulai berfikir bahwasanya ikan piranha adalah ikan air tawar yang cantik dan bahkan akan berfikir untuk memeliharanya dalam aquarium.


Ikan Piranha Amazon


ikan piranha amazon

Ikan piranha adalah ikan air tawar yang mendiami sungai amazon. Spesiesnya sangat banyak, bahkan tercatat ada 40 spesies. Panjangnya mencapai 5,5 hingga 17 inci dan beratnya bisa mencapai 7,7 kg.

Jika kita amati piranha dan bawal sangat mirip, mereka sama-sama dari sungai Amazon.

Ikan bawal pertama kali masuk di Indonesia sebagai ikan hias yang dipelihara di aquarium ataupun kolam, akan tetapi karena perkembangan ikan bawal sangat cepat menjadikan bawal tidak cantik lagi untuk dijadikan ikan hias. Di tambah dengan rasa daging ikan bawal yang gurih, akhirnya ikan bawal menjadi ikan konsumsi.

Perbedaan ikan piranha dan ikan bawal adalah sebagai berikut:

Ikan piranha


ikan piranha dan bawal

~ Gigi piranha tajam dan runcing serta rapi bak gergaji
~ Pada dahi piranha agak menonjol
~ Dan tidak adanya bercak hitam pada tubuh piranha

Ikan bawal


Perbedaan ikan piranha dan bawal

~ Pada gigi ikan bawal mirip bentuk sekop yang bagian ujungnya meruncing
~ Dahi ikan bawal tidak menonjol, bahkan terlihat cekung
~ Biasanya pada bagian samping tubuh ikan bawal ada bercak

Nama latin ikan piranha adalah Pygocentrus nattereri. Yang mana masuk dalam keluarga characidae, yang berarti termasuk ikan omnivora.

Omnivora berarti memakan apa saja, bukan hanya daging bahkan juga tumbuhan. Sebagian spesies ikan piranha bahkan hanya memakan tumbuh-tumbuhan.

Biasanya piranha makan hewan-hewan air yang ada dilingkunganya seperti misalnya siput, katak, ikan, serangga, tumbuhan, bunga, biji-bijian dan juga buah-buahan.

Ikan piranha jenis perut merah (red bellied) adalah yang paling ganas dan agresif dari pada spesies piranha yang lainya. Giginya runcing dan tajam bahkan tersususn sangat rapi.


gigi ikan piranha

Ikan piranha juga disebut ikan kanibal, karena pada saat dimana ia hidup dan persediaan makanan mulai jarang ditemukan, maka ia mulai agresif terhadap sesamanya dan melakukan kanibalisme.

Nah jika piranha ini adalah salah satu jadi ikan hias peliharaan anda, maka jangan sampai telat dalam pemberian pakan jika tidak ingin mereka saling menyerang dan memakan satu sama lain.

Baca juga: Langkah-Langkah Cara Merawat Ikan Piranha Di Akuarium

Ungkapan Profesor Ivan Sazima Kenyataan Yang Sebenarnya Tentang Ikan Piranha

Profesor Ivan Sazima peneliti ikan piranha

Ikan predator terganas, mungkin itulah yang ada dibenak masyarakat tentang ikan piranha. Penguasa sungai amazon dan bahkan piranha makan manusia.

Ikan yang menyerang secara berkelompok dan memakan mangsa dengan hanya hitungan detik. Itulah yang sering kita lihat dalam film piranha.

Seperti yang sudah kita ulas tadi, bahwasanya ikan piranha adalah termasuk hewan omnivora. Nah sebagian yang makan daging mereka hidup secara berkelompok yang jumlahnya kurang lebih 20 an ekor, bahkan bisa lebih.



gerobolan ikan piranha


Bergerombolnya piranha ini sebenarnya adalah sistem pertahanan yang dimiliki dalam kelompok tersebut, bukan berarti keagresifanya.


Piranha suka bergerombol karena sebuah bentuk pertahanan dari ancaman predator, jumlah gerombolanya ditentukan dengan seberapa besar ancaman yang mereka hadapi. Bahkan sebenarnya dalam kelompok atau gerombolan piranha melindungi anak-anak dan ikan yang dalam masa produktif.

Kenyataan yang sebenarnya piranha tak pernah menyerang bahkan memakan manusia. Orang meninggal yang pernah ditemukan di dalam sungai dan tinggal tulang dan daging-dagingnya dimakan ikan pirahan, ternyata mayat tersebut memang sudah berada di sungai selama 4 hari, dan kemudian baru sang piranha memakannya.

Bukan hanya pada satu mayat saja, akan tetapi penelitian Profesor Ivan Sazima juga pada mayat yang sudah tenggelam di sungai dan ditemukan daging tangan dan kaki hilang.

Satu lagi mayat yang juga di teliti Profesor Ivan Sazima, ya'ni orang yang meninggal akibat serangan jantung dan dalam beberapa jam hanya sedikit dagingnya saja yang dimakan ikan piranha.

Dari semua manyat yang pernah ditemukan dan di teliti oleh Profesor Ivan Sazima, bahwasanya mereka dimakan setelah menjadi manyat, bukan diserang ikan piranha pada saat masih hidup.


Pernyataan Dan Pembuktian Richard Conniff pada bukunya yang berjudul Swimming with Piranhas at Feeding Time


menyelam bersama piranha

Di dalam bukunya ini ia mengatakan bahwasanya piranha tidaklah seperti yang dibesar-besarkan oleh sineas Hollywood. Pasalnya Richard Conniff juga membuktikanya dengan berendam di Aquarium Seaworld di Dallas dan sang ikan piranha sedang diberi makan.

Lain halnya dengan Barry Chernoff, dia mengatakan bahwasanya piranha adalah monster palsu. Profesor Studi Lingkungan dari Wesleyan University ini menduga bahawa dahulu penjelajah Eropa yang pergi ke Amerika Selatan diharuskan kembali dengan membawa sepesimen-sepesimen dan cerita yang menarik dan mengesankan untuk mendapat dana.


piranha monster air tawar palsu

Nah dari situlah mulai ada cerita bahwa piranha adalah spesimen yang ganas, ikan predator Amzon yang memakan manusia dan lain sebagainya.

Akan tetapi dengan mata kepalanya sendiri Barry Chernoff menyaksikan bahwa anak-anak penduduk setempat yang berenang di sungai tak terjadi penyerangan oleh piranha.


Inilah kenyataan tentang Ikan Piranha, semoga setelah membaca ini para pembaca yang budiman memahami seberapa ganas dan bahayanya piranha.

Baca juga: Ikan Predator Air Tawar Unik Dan Populer Dipelihara Di Aquarium 

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua