Monday, 9 May 2016

Ikan Aligator Terbesar Dari Semua Jenis Jenis Gar


Ikan Aligator Terbesar, majalahikan.com ~ Ikan hias yang satu ini memang berbeda dengan yang lainya, bahkan yang memeliharanya juga orang-orang tertentu, ya'ni para hobiis ikan hias predator.

JENIS IKAN ALIGATOR TERBESAR

Ikan air tawar yang berasal dari sungai Amazon ini bentuknya menyeramkan. Mulutnya moncong seperti buaya, giginya juga tajam dan runcing.

Ikan ini bersifat karnifora, makanan ikan aligator di habitat asalnya adalah serangga, berudu, katak, krustasea, cacing, dan siput dan ikan - ikan kecil.
 
Ikan ini sangat rakus, yang mana memiliki perbandingan bobot dan makan 1:10. Artinya jika berat ikan ini 10 kg, maka akan memangsa 100 ekor ikan.

Ikan aligator tebesar yang pernah di tangkap oleh Paul Morris memiliki berat 230 pon atau 104.32625 kg / 104kg.

Ikan Aligator Terbesar yang tertangkap

Nah berikut adalah jenis-jenis ikan aligator yang akan admin sharekan pada sahabat majalahikan.

Jenis - Jenis Ikan Aligator Yang Belum Punah Dan Yang Populer


Ada banyak ikan gar yang sudah punah dan juga yang cacat genetik, mungkin pada pastingan yang akan datang akan admin sharekan pada sahabat semua.

Sebenarnya ikan aligator adalah jenis dari gar, yang terjadi di lapangan dari semua jenis ikan gar disebut dengan aligator.

Seperti misalnya jenis Shortnose gar disebut dengan aligator jenis shortnose atau Florida gar sering kita dengar disebutnya ikan aligator jenis Florida gar.

Nah majalahikan mencoba share untuk sahabat semua bahwasanya yang benar adalah ikan aligator gar termasuk dari jenis-jenis ikan gar dan dia yang terbesar dari semua ukuran jenis gar.

Nah berikut adalah jenis-jenis ikan gar dari ukuran terkecil hingga yang terbesar.

1. Shortnose gar (Lepisosteus platostomus)


Shortnose gar (ikan aligator terbesar)
www.fisheriessociety.org
Shortnose gar dan ikan aligator terbesar
www.fisheriessociety.org
Jenis ikan gar yang pertama adalah Shortnose gar (Lepisosteus platostomus). Tubuhnya ramping dan memanjang, warna tubuh bagian atas coklat atau kehijauan dan pada perutnya berwarna putih.

Ikan ini berasal dari Amerika Serikat  yang mendiami sungai Mississippi dan Missouri River. Biasanya tumbuh hingga panjangnya 60 cm (24 in).

kinhquyen.wordpress.com
Makanan ikan shortnose gar di habitatnya adalah ikan, serangga invertebrata dan juga krustasea. Musim semi adalah saat dimana gar ini kawin, yang ditandai dengan betina yang disertai beberapa gar jantan.

Telur-telur ditempelkan pada gumpalan vegetasi yang terendam di air dan akan menetas setelah seminggu lebih, setelah burayak menetas dan persediaan kuning telurnya habis, mereka akan memakan larva dan krustacea kecil.

Telur-telur  shortnose gar beracun untuk manusia.

2. Florida gar (Lepisosteus platyrhincus)


Florida gar dan ikan aligator terbesar
primitivefishes.com
Florida gar (Lepisosteus platyrhincus) adalah spesies gar yang ditemukan di Amerika Serikat dari Savannah River dan Ochlockonee Sungai DAS dari Georgia dan seluruh semenanjung Florida. 

Florida gar panjang tubuhnya dapat mencapai  lebih dari (91 cm).

ikan aligator terbesar dan Florida gar (Lepisosteus platyrhincus)
www.monsterfishkeepers.com
Makanan ikan florida gar pada saat masih kecil adalah zooplankton dan larva serangga, serta ikan kecil. Sedangkan ketika dewasa mereka memangsa ikan, udang, dan udang karang.

Telur - telur ikan florida gar sangat beracun bagi banyak hewan, termasuk manusia dan burung.

Warna ikan aligator florida ini coklat- olive pada bagian atas dan pada bagian perutnya berwarna kuning atau putih dan pada seluruh tubuh gar ini dipenuhi motif bintik-bintik hitam yang tidak tertata rapi termasuk juga sirip anal,

Tahukah anda Florida Gar ini disebutkan lho dalam lagu John Anderson yang berjudul "Seminole Wind" keren bukan?

Silahkan yang ingin mendengar lagunya di https://www.youtube.com/watch?v=y4Eq428U2vU

3. Gar longnose (Lepisosteus osseus)

Gar longnose (Lepisosteus osseus) serta ikan aligator terbesar
en.wikipedia.org
Gar longnose dan ikan aligator terbesar
txstate.fishesoftexas.org
Gar longnose (Lepisosteus osseus) adalah ikan air tawar yang fosilnya telah ditemukan di Afrika, Asia, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan sejak 100 juta tahun.

Saat ini ikan predator gar longnose ditemukan di Amerika Tengah, Kuba, Amerika Utara, dan Kepulauan Pines. Di alam liar ikan ini suka berada di dekat pohon yang tumbang, singkapan batu, dan vegetasi.

Makanan ikan aligator jenis gar longnose yang masih muda adalah ikan - ikan kecil, serangga dan juga krustacea kecil. sedangkan yang sudah dewasa memangsa gar longnose yang masih muda, mola-mola, lele, dan udang karang di kisaran Texas.


Pada umumnya bisa hidup hingga 15 sampai 20 th, sedangkan yang pernah dilaporkan ada yang berumur hingga 39 th. Untuk gar longnose jantan akan mulai kawin ketika sudah mencapai umur 4 th sedangkan untuk betina akan siap kawin ketika umur 6 th.

Betina akan mengeluarkan telur sekitar 27.000 telur, telurnya beracun bagi vertebrata darat akan tetapi tidak bagi ikan.

Panjang rata - rata jenis ikan aligator gar longnose ini sekitar 71 cm - 1,2 m. Sedangkan panjang maksimumnya adalah 1,8 m dan berat 25 kg.
 
Ini adalah jenis gar terbesar setelah aligator gar. Harganya di pasaran Indonesia yang ukuran 20 - 40 bisa mencapai 200 - 600 rb.
 
4. Cuban gar (Atractosteus tristoechus) 


Kuba gar (Atractosteus tristoechus) dan ikan aligator terbesar
www.pbase.com
Adalah ikan yang termasuk dalam keluarga Lepisosteidae. Ikan ini ditemukan di Western Kuba dan Isla de la Juventud. Sebenarnya Kuba gar adalah ikan air tawar tropis, akan tetapi juga bisa ditemukan di air payau di sungai dan danau.

Makanan ikan aligator jenis cuban gar di alam liar adalah ikan dan juga burung. Panjangnya bisa mencapi 1m bahkan ada juga yang mencapai 2 m. Telur-telurnya beracun bagi manusia, akan tetapi daging dari ikan cuba gar ini tidaklah beracun.


5. Spotted gar (Lepisosteus oculatus) 



Ikan aligator terbesar serta Spotted gar (Lepisosteus oculatus)
calphotos.berkeley.edu

(Lepisosteus oculatus) merupakan jenis gar dari keluarga Lepisosteidae dan ikan air tawar asli Amerika Utara.

Nama Lepisosteus adalah bahasa Yunani untuk "skala tulang", tubuhnya panjang serta mulutnya yang memanjang dan dilengkapi dengan gigi-gigi yang banyak untuk menangkap mangsanya.

Ikan ini adalah predator air tawar yang rakus, makan pada berbagai jenis ikan dan krustasea. Sebuah penelitian melaporkan makanan ikan aligator jenis Spotted gar terdiri dari empat jenis ikan; topminnow emas, warmouth, bluegill, dan mola-mola, yang menambah 18,1% dari total volume makanan di perut, sementara 57,5% dari isi perut adalah udang, invertebrata lainnya mengisi 23,6% sisa dari perutnya.
 

Spotted gar (Lepisosteus oculatus) dan ikan aligator terbesar
www.biopix.com
Gar ini bisa hidup hingga 18 th. Spotted gar mrip dengan Florida gar, bahkan hampir sulit untuk membedakanya.

6. Tropical Gar (Atractosteus tropicus) 

Tropical Gar (Atractosteus tropicus)  dan ikan aligator terbesar
msjinkzd.com
Tropical  Gar terlihat sangat mirip dengan longnose gar dalam warna dan tanda-tanda, akan tetapi bisa dibedakan dengan melihat moncong tropical Gar yang lebih lebar dan panjang tubunya lebih pandek ketimbang longnose gar.

Ikan aligator jenis tropical gar ini dapat dijumpai di perairan selatan Meksiko hingga ke Kosta Rika. Berat maksimal ikan tropical  gar 2,89 kg dan panjangnya bisa mencapai 1,25 m di alam liar. Sedangkan di penangkaran tidak bisa sampai seberat dan sepanjang di alam liar.
Tropical Gar bukan ikan aligator terbesar
en.wikipedia.org

Makanan ikan aligator jenis tropical  gar adalah ikan dari jenis
cichlids dan ikan - ikan lainya.

Termasuk gar yang langka, untuk harga ikan aligator jenis tropical gar ini di pasaran Indonesia terbilang mahal. Ukuran 10-20 cm bisa dibandrol dengan harga 2 sampai 5 juta.

Ikan Aligator Adalah Yang Terbesar Dari Semua Jenis Jenis Ikan Gar


7. Alligator gar (atractosteus spatula)


Ikan Aligator Terbesar

Yang terakhir dari jenis-jenis ikan gar adalah Alligator gar dan yang paling populer dikalangan hobiis ikan hias.

Ikan aligator mampu tumbuh hingga panjangnya 300 cm/3m dengan berat 140 kg.

Makanan ikan aligator ini harus dipersiapkan dengan baik jika ingin memeliharnya, bahkan bisa-bisa menguras dompet anda lho. Karena ikan predator ini sangat rakus dan seperti tidak pernah kenyang.

Harga ikan aligator untuk ukuran kecil 10-20 cm ,biasanya sekitar 20-30 ribu per ekor, itu juga tergantung di mana anda tinggal lho.

Sebenarnya ikan aligator termasuk ikan yang dilarang diperjual belikan di Indonesia seperti halnya ikan piranha, alasannya karena ikan-ikan itu membahayakan kelestarian sumber daya ikan, lingkungan, dan manusia.

Ikan aligator berbahaya bagi kelestarian sumber daya ikan, seperti yang saya sebutkan di atas ~ memiliki perbandingan bobot dan makan 1:10, jika berat ikan ini 10 kg, maka akan memangsa 100 ekor ikan~ 

Contohnya ikan aligator di waduk jati luhur, Berdasarkan dari berbagai penelitian bobotnya 60 kilogram itu artinya dia bisa makan ikan hingga 600 ekor!

Jadi sekarang setelah kita membaca ini akhirnya tahu bahwasanya ikan aligator terbesar dari semua jenis jenis gar.


sumber:
http://www.kaskus.co.id/thread/5232e286ffca178242000008/5-alasan-kenapa-ikan-aligator-di-jatiluhur-harus-segera-ditangkap/
http://hiko-hermawan.blogspot.co.id/2013/03/gar-dan-jenis-jenis-gar.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Gar
https://en.wikipedia.org/wiki/Cuban_gar
https://en.wikipedia.org/wiki/Tropical_gar

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua