BTemplates.com

Ikan Pemakan Kotoran Koi Paling Rekomendasi

Ikan Pemakan Kotoran Koi majalahikan.com | Ada banyak jenis ikan yang bisa dijadikan tank mate dengan ikan koi, seperti misalnya ikan mujair, ikan koki, ikan tamasaba, ikan patin, ikan gabus, ikan nila, ikan gurame, ikan arwana, ikan sapu-sapu, ikan lele, ikan sumatra, ikan kaviat bahkan juga ikan hias manfish.

Ada tujuan tersendiri dari semua jenis ikan yang disebutkan tadi, tidak semuanya mau memakan kotoran ikan koi, ada yang bertujuan untuk membasmi kutu yang menempel pada tubuh ikan koi, ada yang bertugas membersihkan kolam dengan memakan lumut yang ada di dinding maupun dasar kolam koi.

Bahkan ada juga yang ditambahkan pada kolam koi untuk menjadikan kolam hanya lebih ramai dengan banyak jenis ikan.

Untuk itu, jika Anda ingin memelihara ikan yang bertujuan untuk membersikan kotoran ikan koi, maka jenis ikan di bawah ini adalah yang paling tepat.

Karena tidak semua jenis ikan yang bisa berdampingan dengan ikan koi adalah ikan pemakan kotoran koi.

Jenis Ikan Pemakan Kotoran Koi

Ikan Kaviat

Ikan Pemakan Kotoran Koi

Jenis ikan hias yang satu ini memang luar biasa dalam makanan, ikan kaviat terkenal karena kerakusanya.

Jika makanan yang diberikan sudah habis dan mereka masih lapar, maka kaviat akan terus bergerak untuk mencari makan.

Nah jika pencarianya tidak membuahkan hasil, maka ikan kaviat terbukti akan memakan kotoran ikan koi yang ada di dasar.

Untuk itu banyak para penghobi ikan koi yang memelihara ikan kaviat dengan tujuan untuk membersihkan kotoran ikan koi yang ada di dasar kolam.

Selain dipercaya mampu melahap kotoran koi, kaviat juga sangat menguntungkan ikan koi yang merasa gatal akibat tubuhnya ditempeli kutu.

Kutu yang menempel pada tubuh koi merupakan sasaran makanan untuk ikan kaviat, untuk itu memelihata kaviat bersamaan dengan ikan koi memiliki dua manfaat.

Yang pertama yakni sebagai pemakan kotoran koi sendiri sedangkan yang kedua sebagai pembasmi kutu yang menempel pada tubuh ikan koi.

Meski begitu kita tidak bisa langsung pergi ke toko ikan hias, membeli ikan kaviat lalu memasukan ke kolam koi kita.

Ada beberapa tips yang musti kita perhatikan agar fungsi dari ikan kaviat ini berjalan dengan semestinya ketika kita memeliharnya dangan ikan koi.

Tips Memilih Ikan Kaviat Sebagai Ikan Pemakan Kotoran Koi

  • Pilihlah Ikan Kaviat Yang Ukuranya Lebih Kecil Dari Pada Ukuran Ikan Koi

Ikan kaviat yang kecil akan menjadi teman ikan koi yang sangat menguntungkan, itu karena ikan kaviat belum menyukai pelet ikan koi yang tentunya jika kita memberikan makan ikan koi, ikan kaviat tidak ikutan berebut makan pelet.

Itu artinya dengan memilih ikan kaviat yang ukuranya kecil tentunya mereka lebih fokus untuk memangsa kutu yang ada di badan ikan koi dan juga memakan kotoran ikan koi.

  • Jangan Terlalu Banyak Memelihara Ikan Kaviat

Seperti kita ketahui, kandungan oksigen terlarut di kolam sangatlah penting untuk dijaga agar ikan koi kita tidak kekurangan oksigen.

Untuk itu peliharalah ikan kaviat sewajarnya saja, karena tentunya semakin banyak populasi tentunya akan mengurangi kandungan oksigen terlarut.

  • Karantina Ikan Kaviat Sebelum Dimasukan Ke Kolam Ikan Koi

Setelah kita menemukan ukuran ikan kaviat yang pas serta jumlahnya sudah sesuai untuk menemani ikan koi, maka sebaiknya setelah ikan kaviat kita bawa pulang jangan langsung dimasukan ke kolam, akan tetapi sebaiknya dikarantina terlebih dulu seperti layaknya kita mengkarantina ikan koi baru.

Selain memelihara ikan pemakan kotoran koi, pada dasarnya kita harus memperhatikan beberapa poin agar kotoran ikan koi tidak banyak dan menumpuk di dasar kolam.

Tips Agar Kotoran Ikan Koi Tidak Betahan Lama di Dasar Kolam

  • Pelihara Ikan Koi Jangan Banyak-Banyak

Sungguh sangat asyik tentunya berbagai jenis ikan koi bisa kita pelihara dalam satu kolam, keasyikan ini tentunya tidak bertahan lama jika kolam pada akhirnya kekurangan kandungan oksigen atau rubahnya air bagus menjadi air beracun.

Logikanya, jika ikan koi kita banyak tentunya kotoran yang akan dikeluarkan ikan koi juga banyak, kotoran banyak tanpa diimbangi filtrasi yang bagus tentunya akan menjadikan kotoran tersebut racun bagi ikan koi, karena timbulnya amonia.

Untuk itu, jangan tergiur dengan banyak memelihara ikan koi dalam jumlah banyak jika kolam kolam dan filtrasi kita tidak memadai.

  • Aturlah Pola Pemberian Makan Yang Baik

Ikan Pemakan Kotoran Koi
Sangat menyenangkan tentunya selepas pulang kerja duduk di depan kolam koi lalu memberi makan koi, lelah jadi hilang, stres lenyap melihat koi kita berebut makan yang kita berikan.

Akan tetapi kita jangan sampai terlena dengan memberi makan koi terlalu banyak, itu karena kotoranya nanti juga akan banyak yang akan dikeluarkan ikan koi.

Berilah pakan secukupnya saja, atur porsi agar ikan koi tidak terlalu kenyang. Pemberian juga sebaiknya pagi dan sore hari saja.

  • Atur Kemiringan Dasar Kolam

Sebenarnya tips ini untuk awal kita sebelum membuat kolam ikan koi, tujuan kemiringan dasar kolam ini agar kotoran ikan koi terkumpul di bagian paling bawah kemiringan dasar kolam.

Dengan terkumpulnya kotoran koi di bagian paling dasar akan memudahkan arus bawah kolam untuk mendorongnya ke tempat filter utama kolam.

Itulah satu jenis ikan pemakan kotoran koi yang paling rekomendasi yakni ikan kaviat serta tips memilihnya. Semoga bisa dipahami dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel