BTemplates.com

Cara Menetaskan Artemia Tanpa Aerator

Cara Menetaskan Artemia Tanpa Aerator majalahikan.com | Apa saja bahan-bahan dan alat-alat yang dibutuhkan dan bagaimana langkah-langkah penetasan artemia yang simpel ini?

Cara Menetaskan Artemia Tanpa Aerator

Pada umumnya penetasan telur artemia ini dibantu dengan aerator, alat bantu ini berfungsi untuk mengocok air. Layaknya di alam, telur artemia juga dibantu dengan ombak laut agar bisa menetas. Lalu.....

Apakah tanpa alat bantu telur artemia bisa menetas?

Tentu saja bisa....

Hanya saja proses penetasan artemia tidak see'fektif menggunakan alat bantu aerator, itu artinya waktu yang dibutuhkan untuk menetaskan telur artemia tidak secepat menetasnya telur artemia dengan alat bantu aerator.

Selain itu, jumlah telur yang menetas juga tidak langsung bisa sebanyak memakai aerator, meskipun pada akhirnya bisa menetas semua.

Persiapan Bahan dan Alat-Alat Penetasan Telur Artemia

#1. Telur Artemia

Tentunya yang kita butuhkan pertama kali adalah telur artemia, jika kalian tidak punya uang lebih untuk membeli telur artemia yang kemasan kaleng, kalian bisa membelinya yang repacking saja, karena banyak pilihanya, mulai dari 5 gram hingga 50 gram juga ada.

Saran saya pilihlah telur artemia yang mereknya SUPREME PLUS, karena persentase menetasanya jauh lebih tinggi.

Lihat juga : Harga Artemia Supreme Plus

#2. Garam

Garam ini berfungsi untuk menjadikan air tawar berubah menjadi asin, itu karena seperti saya singgung di atas bahwasanya ombak laut ikut andil dalam penetasan artemia. Itu artinya artemia habitatnya adalah di air asin.

Untuk itu ketika nanti menambahkan garam, jangan lupa sampai airnya berubah dari rasa tawar menjadi asin.

Garam yang dipakai bebas, mau garam ikan atau garam dapur sama saja, hanya saja agar lebih hemat sebaiknya pakai garam dapur saja.

Baca juga : Sebenarnya Berapa Sih Harga Garam Ikan, Kok Aku Beli Mahal?

#3. Wadah Penetasan Telur Artemia

Wadah apa saja, yang penting sesuaikan dengan kebutuhan atau banyaknya telur yang ingin kalian tetaskan.

Selain itu, sebaiknya gunakan wadah yang transparan. Itu karena akan memudahkan kita untuk melihat dan memanen artemia nantinya.

Langkah-Langkah Penetasan Telur Artemia Tanpa Aerator dan Memanen Artemia

#1. Persiapan atau Langkah-Langkah Penetasa

  1. Siapkan wadah, beri air secukupnya
  2. Tambahkan garam hingga air menjadi asin
  3. Masukan telur artemia sesuai kebutuhan

#2. Cara Memanen Artemia

Kalau menggunakan aerator, pada umumnya telur artemia akan menetas pas 24 jam, kadang bisa kurang dari itu, terkadang juga lebih akan tetapi tidak jauh selisihnya.

Dan telur yang menetas pada umunya banyak atau bisa dikatakan menetas semua, meskipun tergantung juga dengan kualitas telur yang ditetaskan.

Karena berdasarkan pengalaman meskipun sama-sama merek SUPREME PLUS terkadang tidak semuanya sama.

Seperti saya singgung di atas, bahwasanya cara menetaskan telur artemia tanpa aerator ini sedikit lebih lama bila dibandingkan dengan menggunakan aerator.

Untuk itu jika sudah 24 jam telur artemianya yang menetas sedikit, maka jangan dibuang. Akan tetapi biarkan saja tetap diwadahnya dan tunggu hingga mereka menetas semua.

  1. Siapkan senter...arahkan pada bagian samping wadah....nanti artemia yang sudah menetas akan berkumpul pada titik cahaya yang kalian pancarkan.
  2. Sembari menunggu telur artmia menetasa semua, kalian bisa memanen sedikit demi sedikit artemia yang sudah menetas dan berkumpul di area cahaya senter.
  3. Gunakan pipet...arahkan pipet pada gerombolan artemia yang ada di area cahaya, sedot dan bilas di serokan kusus artemia.
  4. Setelah artemia dirasa sudah tersiram dengan air tawar baru bisa diberikan pada anakan atau burayak ikan.

Nah seperti itulah cara menetaskan telur artemia tanpa aerator, jangan lupa bagikan di sosial media jika pengalaman ini membantu kalian semua.

Baca juga: Artemia Polar Red Adalah Artemia Instan Yang Praktis Untuk Pakan Anakan Ikan



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel