BTemplates.com

Jenis Jenis Ikan Hias Dan Harganya Di Pasaran

   

jenis jenis ikan hias

 

Jenis Jenis Ikan Hias Dan Harganya Di Pasaran Indonesia

Ikan Hias, majalahikan.com ~ Kali ini kita akan bahas ikan hias air tawar yang menjadi favorit atau papoler di indonesia atau domestik, setelah pada ulasan sebelumnya kita bicarakan 3 ikan hias yang menjadi favorit di luar negri.
Ikan hias air tawar adalah ikan hias yang paling banyak dibudidayakan ketimbang ikan hias air laut, karena budidaya ikan hias air tawar lebih mudah dan bisa dilakukan diskala rumahan.

Berbeda dengan ikan hias air laut yang rumit dan sulit serta membutuhkan modal yang besar untuk membudidayakanya.

Karena sangking mudahnya budidaya ikan hias air tawar, maka Indonesia negara tercinta ini adalah pengekspor terbesar ikan hias. Hampir 75 % ikan hias air tawar yang menyebar ke berbagai dunia adalah barasal dari negara kita.

Masyarakat membudidayakan ikan hias sekitar 90 % dari jumlah 400 spesies yang ada di negara kita.

Disini mari kita bahas jenis ikan hias air tawar dan harganya yang populer saja, karena tak mungkin dari jumlah spesies yang segitu banyaknya bisa tersusun semua, nah berikut adalah Jenis Jenis Ikan Hias Dan Harganya Di Pasaran.

Jenis Jenis Ikan Hias Kecil Air Tawar Yang Populer Dan Harganya Di Pasaran

1. Jenis Ikan Hias Guppy Dan Harganya Dipasaran

Jenis Jenis Ikan Hias Guppy Dan Harganya Di Pasaran
www.majalahikan.com

Kemaren saya bekunjung kesalah satu toko ikan hias grosir di kab. Kudus, jenis ikan hias guppy harganya per ekor Rp 800. Harga ikan guppy yang sudah ke pengecer Rp 2000.

Untuk strain tertentu jenis ikan guppy memang mahal, untuk mengetahui jenis gupyy termahal silahkan baca....... Jenis Ikan Guppy Termahal Dan Paling Sulit Dicari

Guppy adalah ikan hias kecil, tubuhnya dari kepala hingga ekor 2,5 cm. Disamping ikan hias air tawar yang populer, guppy juga tergolong ikan hias yang mudah untuk dipelihara.

Cara budidaya ikan guppy juga tergolong mudah, pasalnya ikan guppy bereproduksi secara internal dengan melahirkan anak, Guppy kawin dengan gondopodium yang berada pada sirip anal kedalam organ telur betina.

Jenis Ikan Hias Guppy Dan Harganya Rp 2000 Di Pasaran
www.majalahikan.com

Saya sendiri sudah mambudidayakn ikan guppy dan sebentar lagi ikan guppy saya siap untuk dijual. Ikan guppy betina mempunyai kemampuan untuk menyimpan spernma didalam tubuhnya, sehingga bisa hamil hingga tiga kali dalam satu kali perkawinan.

Jarak antara kehamilan belangsung 1-5 minggu, pada saat itu ikan guppy betina perutnya mengembang besar, biarpun begitu ikan guppy jantan tetap saja mengejarnya....he he he lucu dan seru banget mengamatinya.

Saya lebih memilih untuk memijahkan ikan guppy secara masal dengan berbandingan 1 jantan dan 3 betina dan kolam saya berisikan 5 ikan guppy jantan dan 15 ikan guppy betina.

Seekor indukan guppy betina bisa menghasilkan sekitar 30 hingga 100 burayak dalam satu kali perkawinan. Bisa dikalikan tuh dengan harga ikan guppy dari breeder seperti saya ini dengan Rp 500 per ekor. Lumayan lah buat jajan anak..he he he..syukur -syukur bisa buat ibadah.

Jenis Ikan Hias Guppy Dan Harganya Di Pasaran Kudus
www.majalahikan.com


2. Jenis Ikan Hias Cupang Dan Harganya Dipasaran

Jenis Jenis Ikan Hias Cupang Dan Harganya Di Pasaran
www.majalahikan.com


Jenis Jenis Ikan Hias Cupang Dan Harganya Di Pasaran Kudus
www.majalahikan.com
Di pasaran ikan hias cupang harganya Rp 5000 per ekor. Saya sendiri jual ikan cupang dengan harga Rp 4000 per ekor, ma' lumlah yang beli anak - anak kecil, kasihan kalau dibandrol sama dengan harga dipasaran.

Cupang termasuk ikan hias kecil yang juga sangat populer baik dikalangan anak kecil maupun dewasa. Nama latinya Betta sp adalah ikan hias air tawar endemik negara-negara di Asia Tenggara, ikan ini berkembang baik di rawa-rawa daerah tropis.

Ikan cupang adalah ikan yang mamapu bertahan hidup dalam volume air sedikit dan minim oksigen. Ndak percaya...ikan cupang di rumah ane semuanya saya taruh di botol-botol kecil bahkan tanpa aerataor.

Ikan cupang terkenal dengan ikan hias dan untuk aduan, biarpun ikan cupang yang saya jual semua jenisnya untuk hias akan tetapi saya selalu berpesan pada anak-anak kecil untuk tidak diadu.....kasihan.

Jenis Jenis ikan cupang ada banyak, seperti plakat, halfmoon, serit, aduan, dan liar....kemaren saya dapat ikan cupang di pasar trdisional yang luar biasa indahnya. Setelah saya tanyakan ikan cupang tersebut adalah silangan halfmoon dan jenis serit.

Ekornya sangat panjang dan indah, tentunya harga strain baru ini lebih mahal sedikit ketimbang yang biasanya.

Untuk budidaya ikan cupang juga tergolong mudah, he he he uji coba saya untuk pemijahan ikan cupang bejalan mulus dan burayak ikan cupang saya sekarang ada di kolam pendederan.

Jenis Jenis Ikan Hias Burayak Cupang Dan Harganya Di Pasaran
www.majalahikan.com

baca juga ya...... 5 Cara Mudah Untuk Pemula Berbudidaya Ikan Cupang

3. Jenis Ikan Hias Balon Dan Harganya Dipasaran


Jenis Jenis Ikan Hias Balon Dan Harganya Di Pasaran
archive.kaskus.co.id
Yang ketiga dari jenis ikan hias air tawar terpopuler adalah ikan molly balon. Ikan ini sangat digemari oleh anak kecil....ikan bolon saya laris manis diserbu anak-anak.

Ikan balon merupakan ikan hias air tawar yang mudah dipelihara bahakn walaupun tidak di akuarium dan aerator, anak kecil saja bisa merawat dan memelihara. Rata-rata mereka memelihara ikan balon di kolam kecil yang dibuatkan ayah mereka disamping rumah.

Jenis molly balon ini harga di pasaran Rp 5000 per 3 ekor, kalu grosir ikan jenis balon ini harganya murah, cuman Rp 600-800.

Ikan balon juga termasuk ikan hias air tawar yang mudah beranak pinak, tinggal dirawat aja tuh.... pada nongol burayak-burayaknya di kolam saya.

Di samping lucu, ikan balon punya banyak warna mulai dari putih, hitam, kombinasi hitam dan putih serta ada juga yang kuning.

Jenis Ikan Hias balon Dan Harganya Di Pasaran
nangimam.blogspot.com

Jenis Jenis Ikan Hias Dan Harganya 5000/3 ekor Di Pasaran
hesmiyudi.wordpress.com

4. Jenis Ikan Hias Black Ghost Dan Harganya Dipasaran

Jenis Jenis Ikan Hias Black Ghost Dan Harganya Di Pasaran
www.youtube.com

Jenis Jenis Ikan Hias Dan Harganya 10.000 Di Pasaran
ikanhias39.wordpress.com



Ikan black ghost adalah ikan hias air tawar yang cukup populer dan mudah untuk dipelihara, bentuk tubuhnya sangatlah unik.

Bukan hanya bentuk tubuhnya yang unik, perilaku ikan hias black ghost juga unik. Keunikan perilaku ikan ini bisa dilihat ketika berenang, cara berenangnya maju, mundur dan juga bisa terbalik dan ikan ini menyukai lubang, selain  itu ikan ini aktif juga dimalam hari.

Masih menilik harga ikan hias yang ada di pasar tradisional di kab. Kudus. Jenis ikan hias black ghost biasanya dipatok dengan harga Rp 10.000 per ekor.

5. Jenis Ikan Hias Koi Dan Harganya Dipasaran

Jenis Jenis Ikan Hias KOi Dan Harganya Di Pasaran
www.binatangpeliharaan.org
Jenis Ikan Hias koi Dan Harganya Di Pasaran
masfikr.com

Nomer 1-3 adalah ikan hias kecil air tawar yang populer dan mudah untuk dipelihara, sekarang mari kita mengenal jenis ikan hias koi dan harganya dipasaran.

Ikan koi adalah ikan yang sangat cantik, kepopuleranya tak akan pudar dari masa ke masa. Ikan koi dikenalkan pertama kali di Jepang pada tahun 1820-an.

Sebelumnya ikan koi adalah hasil persilangan dari beberapa strain ikan mas menjadi ikan yang berwarna merah dan putih yang sangat cantik dan menarik. Hasil dari persilangan ini kemudian dinamakan ikan koi.

Seiring berjalanya waktu dari tahun ke tahun ikan koi atau Cyprinus carpio ini berkembang dengan varian warna yang menarik.

Kemaren saya berkunjung kesalah satu teman penjual ikan hias di Keliwungu kab. Kendal. Dia menjual ikan koinya dengan harga Rp 20.000 per ekor yang ukuranya masih relatif kecil.

6. Jenis Ikan Hias Koki Dan Harganya Dipasaran

Jenis Jenis Ikan Hias koki Dan Harganya Di Pasaran
www.ngasih.com

Jenis Ikan Hias Koki Dan Harganya Di Pasaran
www.binatangpeliharaan.org
Ikan koki masih satu keluarga dengan ikan mas, nama latin ikan koki Carrasius auratus. Koki pertama kali dikenal sebagai ikan hias di Cina. Akan tetapi Jepang adalah negara yang mempopulerkan. Nah dari Jepang mulailah ikan koki menjadi semakin variatif dengan beragam warna dan bentuknya.

Tulungagung "Jawa Timur" adalah sentranya ikan koki, setiap tahunya kota ini memproduksi lebih dari 55 juta ekor ikan koki. Pangsa pasrnya bukan hanya di domestik saja, akan tetapi merambah ke luar negri.

Gaya berenangnya yang geal geol, serta warna dan bentuknya yang bervariasi menjadikan ikan koki populer dan diburu oleh pecinta ikan hias.

Ikan koki merupakan ikan hias air tawar yang mudah untuk dipelihara, selain itu ikan koki juga bisa dicampur dengan ikan hias lain yang bersifat ramah tentunya dalam satu akuarium.

Harga ikan koki dipasaran tergolong murah, hanya dengan Rp 10.000 saja bisa dibawa pulang.

7. Jenis Ikan Hias Louhan Dan Harganya Dipasaran

Jenis Jenis Ikan Hias Louhan Dan Harganya Di Pasaran
www.binatangpeliharaan.org

Jenis Ikan Hias Louhan Dan Harganya Di Pasaran
duduul.com
Ikan louhan adalah ikan hias air tawar yang pernah populer pada waktu itu. Ikan louhan juga ikan hias air tawar yang mudah untuk dipelihara.

Louhan ternasuk dalam keluarga Cichild dan tidak ditemukan di alam bebas, louhan adalah ikan hasil dari persilangan berbagai jenis ikan Cichild yang mana pertama kali dikembangkan di Malysia dan juga Taiwan.

Keunikan ikan laohan terletak pada benjolan atau jenong dikepalanya, mahal tidak harga ikan louhan di ukur dengan jenong tersebut. Akan semakin mahal harga ikan louhan jika jenongnya bagus.

Untuk harga jenis ikan hias louhan dipasaran mulai dari Rp 100.000 hingga jutaan, tergantung kualitas jenongnya.

8. Jenis Ikan Hias Arwana Dan Harganya Dipasaran

Jenis Jenis Ikan Hias Arwana Dan Harganya Di Pasaran
windyoko.blog.com

Jenis Ikan Hias Arwana Super Red Dan Harganya Di Pasaran
alammaker.blogspot.com
Ikan arwana adalah salah satu ikan hias air tawar endemik Indonesia yang mempunyai nama latin Scleropages sp. Arawana banyak ditemukan di perairan air tawar Kalimantan dan Papua. Pada zaman dulu ikan arwana didapat dari perburuan di alam bebas, akan tetapi sekarang sudah dapat dibudidayakan.

Di PT Arwana Indonesia arwana super red untuk ukuran 25 cm
harganya Rp 10 hingga 12 juta per ekor. Sedangkan di pasaran biasanya harganya berkisar Rp 3,5 hingga 6 jutaan.

9. Jenis Ikan Hias Discus Dan Harganya Dipasaran

jenis Jenis Ikan Hias Discus Dan Harganya Di Pasaran
www.binatangpeliharaan.org

Jenis Ikan Hias Discus Dan Harganya Di Pasaran
cara.pro
Ikan hias discus yang nama latinya Symphysodon discus adalah ikan hias air tawar yang berasal dari perairan sungai Amazon. Di namai ikan discus karena bentuknya seperti piringan ( disc ) dengan warna-warni yang atraktif.

Ikan discus sangat tenang dan gerakanya lembut, Yang menjadikanya dapat julukan raja akuarium.

Ikan discus juga ikan hias air tawar yang mudah dipelihara, akan tetapi hendaklah agak telaten karena ikan discus mudah stres.
Ikan hias discus sangat cocok dikembang biakan di tempat yang beriklim tropis dengan suhu air 25-30 derajat celcius.

Namanya juga sangat populer dikalangan hobiis ikan hias. Ukuran tubuhnya yang paling besar bisa mencapai diameter 15 cm.  Sedangkan harganya dipasaran Rp 50.000 hingga ratusan ribu, tergantung kualitasnya.

10. Jenis Ikan Hias Oscar Dan Harganya Dipasaran

Jenis Ikan Hias Oscar Dan Harganya Di Pasaran
ikanoscarku.blogspot.com

Jenis Jenis Ikan Hias Oscar Dan Harganya Di Pasaran
alansulaimanpangestu10.blogspot.com
Oscar termasuk ikan hias yang bersifat galak, untuk memeliharanya lebih baik di akurium sendiri. Di Amerika oskar adalah ikan hias yang populer. Untuk harganya bisa dilihat di Oscar, Ikan Hias Air Tawar Termahal 

Demikianlah Jenis Jenis Ikan Hias Dan Harganya Di Pasaran, semoga dapat memberi informasi.

referensi :
http://alamtani.com/ikan-hias-air-tawar.html
http://www.binatangpeliharaan.org/ikan/jenis-dan-harga-ikan-hias-air-tawar/
. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel