Saturday, 15 April 2017

Umur Hidup Ikan Guppy Itu Sebenarnya Berapa Lama? Kok Baru Beberapa Bulan Sudah Mati?!



Umur Hidup Ikan Guppy, majalahikan.com | Ikan guppy merupakan jenis ikan hias air tawar yang memiliki ukuran kecil, akan tetapi begitu berwarna, itu sebabnya ikan guppy mampu memikat hati para pecintanya. Pecinta ikan guppy tentunya ingin guppy kesayanganya bisa menemani hari harinya hingga waktu yang lama. Akan tetapi, dan terkadang ketika mereka baru membelinya dan baru beberapa bulan saja merawat dan memelihara si guppy, ternyata guppy yang cantik sudah mati. Padahal jika kita lihat rata rata umur hidup ikan guppy bisa 1 hingga 3 tahun, bahkan bisa lebih.

Gambar Umur Hidup Ikan Guppy Pendek Penyebab Ikan Guppy Mati Mendadak
source image-fishlore.com
Sahabat majalah ikan yang demen banget ama ikan guppy tentunya bertanya tanya, kenapa bisa terjadi?

Sebelum kita lihat beberapa alasan kenapa ikan guppy yang baru kalian pelihara hanya bertahan beberapa bulan saja, membaca ulasan ini sampai selesai, pertanyaan tersebut akan terjawab, karena selain dengan pengalaman pribadi, juga didukung dengan berbagai sumber terpercaya.

Umur Hidup Ikan Guppy Di Penangkaran


Gambar Umur Hidup Ikan Guppy Di Penangkaran
source image-youtube.com


Ketika sahabat baru menikmati keindahan si guppy, tiba tiba si guppy mati..tentunya sahabat bertanya apa penyebab ikan guppy mati mendadak, iya bukan? Dan mungkin saja sahabat bertanya, mungkin ada yang salah dalam merawat ikan guppy.

Ada kemungkinan itu karena sahabat kurang begitu memperhatikan cara cara merawat ikan guppy dengan baik, akan tetapi kemungkinan besar juga bukan kesalahan sahabat, karena mungkin saja si guppy yang sahabat beli sudah tua dan waktunya mati.

Gambar Umur Hidup Ikan Guppy Di Penangkaran 1 Sampai 3 Tahun
source image-fishlore.com
Sederhananya begini, memang benar adanya ikan guppy pada umumnya hidup hingga 3 tahun bahkan bisa lebih, akan tetapi, sangat sulit mengetahui umur berapa bulan ikan guppy yang sahabat beli dari toko ikan hias, bisa saja ketika sahabat membelinya, si guppy sudah berumur satu tahun labih. Jadi, wajar saja jika di dalam akuarium sahabat si guppy menghembuskan nafas terakhirnya.

Akan tetapi, sahabat pecinta guppy juga musti tau faktor-fator yang menjadikan ikan guppy bisa hidup lebih lama, dan berikut adalah beberapa faktor yang musti sahabat perhatikan dengan sungguh sungguh.

Ingin Umur Hidup Ikan Guppy Lebih Lama? Pehatikan Beberapa Faktor Berikut Ini


  • Suhu
Gambar Pengaturan Suhu Air 75 Derajat Agar Umur Hidup Ikan Guppy Lama
source image-vripmaster.com


Ikan guppy mampu mentolerir suhu air, meskipun begitu.....suhu yang terlalu rendah atau dingin akan cenderung memperlambat pertumbuhan ikan guppy, dan bisa membuat si guppy stres dan akhirnya mati.

Sedangkan suhu yang terlalu tinggi dari standar dalam perawatan ikan guppy akan mengakibatkan metabolismenya tinggi dan akan menjadikan ikan guppy banyak makan dan tumbuh lebih cepat dan akhirnya mati juga.

Suhu air akuarium memiliki dampak yang signifikan terhadap harapan hidup ikan guppy. Sebaiknya suhu berkisar 75 derajat, itu adalah suhu air yang optimal untuk si guppy.

  • Tertekan
Tertekan atau stres juga mampu memperpendek harapan hidup si guppy. Ikan guppy stres atau tertekan bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti misalnya perubahan suhu yang mendadak,pencahayaan yang kurang baik, pemberian pakan yang tidak tepat, hingga kepadatan ikan yang ada di akuarium.

Menginginkan harapan hidup ikan guppy lebih lama, itu berarti sahabat harus merawatnya dengan baik dengan tidak menempatkan ikan guppy pada tempat yang bisa menyebabkan perubahan suhu secara mendadak, pemberian pakan yang bervariasi dan tentunya bergizi, pencahayaan yang baik dan tidak merawat ikan guppy dalam akuarium terlalu banyak hingga menjadikan si guppy berdesak-desakan satu sama lain.

Gambar Pemberian Pakan Bernutrisi Dan Bervariasi Agar Umur Hidup Ikan Guppy Lama
Gambar Pemberian Pakan Bernutrisi Dan Bervariasi Agar Umur Hidup Ikan Guppy Lama
source image-hikariusa.com

  • Kualitas Air
Sahabat akan mendapatkan umur hidup ikan guppy sesuai standar kehidupanya, bahkan lebih lama jika sahabat mampu memberikan kualitas air yang baik pada si guppy.

Sistem filtrasi yang baik juga sangat penting untuk menghilangkan limbah secara berkelanjutan. Akan tetapi, kesahatan yang optimal pada ikan guppy juga akan didapatkan dengan mengganti air secara teratur dan tidak hanya mengandalkan filtrasi saja.


Gantilah air akuarium atau akuascape sepertiganya setiap satu minggu sekali untuk menghindari penumpukan racun. Selain itu, guppy juga senang dengan pH sekitar 7 dan dengan satu sendok garam akuarium setiap satu galon air.

Gambar Pengaturan pH air 7 Agar Umur Hidup Ikan Guppy Lama
Gambar Pengaturan pH air 7 Agar Umur Hidup Ikan Guppy Lama
source image-artscape.us

Buatlah seoptimal mungkin kondisi ideal akuarium ikan guppy, karena dengan demikian akan mejadikan ikan guppy sehat dan pada akhirnya umur hidup ikan guppy sesuai standarnya, bahkan bisa lebih lama.

Selain itu semua, dari pengalaman pribadi kenapa umur hidup ikan guppy lebih pendek dari standar kehidupanya, itu terjadi karena perkawinan sedarah, untuk itu usahakan cegah agar si guppy tidak kawin sedarah ketika kalian ingin membudidayakan ikan guppy.

Semoga ulasan ini bermanfaat.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua