Wednesday, 22 March 2017

Kenapa Sih Dalam Cara Mengganti Air Akuarium Ikan Hias Air Harus Diendapkan Terlebih Dahulu?



Cara Mengganti Air Akuarium Ikan Hias, majalahikan.com | Ketika sahabat menemukan judul tulisan ini, itu berarti sahabat ingin ikan hias sahabat hidup dengan sehat, baik diakuarium maupun di kolam. Seperti kita ketahui, air adalah sumber utama kehidupan ikan. Menjaga dan selalu memperhatikan kualitas air adalah hal yang wajib kita lakukan dalam cara merawat ikan hias, baik itu suhu air, pH air, kejernihan air, kandungan oksigen dalam air, kekerasan air, hingga nitrit dalam air  dan zat zat beracun lainya yang menyebabkan ikan hias menjadi setres atau kurang sehat bahkan ikan hias bisa mati.

Cara Mengganti Air Akuarium Ikan Hias - Tempat Menampung Air Akuarium
Gambarnya - m.selatanjayasurabaya.wordpress.com


Salah satu bahan kimia yang menjadikan ikan hias keracunan adalah chlorine, tahukah sahabat apa itu chlorine? jika belum, maka lanjutkan hingga selesai, jika sudah tahu apa itu chlorine-pun tetap dilanjut membacanya ya, karena mungkin ada beberapa hal yang belum sahabat ketahui dalam tulisan cara mengganti air akuarium ikan hias ini, terutama yang menyangkut klorine / chlorine.

Cara Mengganti Air Akuarium Ikan Hias Yang Pertama Adalah Memahami Air Tawar Apa Yang Sahabat Gunakan


Karena ini pembahasan ikan hias air tawar, maka tentunya air tawar yang digunakan untuk mengganti air akuarium ....iya to? Nah, air tawar sediri pada umumnya banyak yang menggunakan air PDAM atau PAM atau air Ledeng. Tahukah sahabat kenapa air PDAM tersebut bisa langsung kita minum walau belum kita masak?

Gambarnya - clonoavirgil.wordpress.com


Jawabanya adalah, karena air PDAM tersebut diberi bahan kimia yang disebut chlorine.

Chlorine adalah salah satu unsur kimia yang bisa dimanfaatkan sebagai oksidan dan pemutih atau desinfektan.

Pada umumnya chlorine berbentuk cair, padat dan juga gas, untuk yang berupa gas ini, warna dari chlorine adalah kuning kehijauan dan sangat beracun.

Chlorine ini juga akan meracuni ikan hias kesayangan sahabat jika tidak dinetralkan atau dihilangkan terlebih dahulu. Chlorine tersebut akan merusak sel sel pada ikan dan juga sistem enzim si ikan.

Seperti apa tanda atau ciri ciri ikan hias keracunan chlorine.....?

Jika sahabat melihat ikan hias sahabat mencoba ingin keluar atau kabur dari air, maka itu salah satu tanda ikan hias sahabat sedang mengalami keracunan chlorine.

Selain itu, jika ikan hias terlihat menggerombol atau berkumpul di aliran air atau aerasi, itu juga tanda tanda ikan hias sahabat keracunan chlorine. Itu karena insang ikan berkerja keras dan adanya kerusakan insang akibat dari clorine tersebut.

Ikan hias yang keracunan chlorine juga bisa sahabat lihat dengan ciri ciri warna ikan hias sahabat memudar atau pucat, ikan hias terlihat lesu, lemah serta gemetar.

Akan tetapi ikan hias sahabat kan sehat sehat saja dan bahagia, jika air air tawar yang digunakan untuk mengganti air akuarium adalah air sumur atau air sungai ( di desa air sungai jernih ).

Nah jika sahabat tidak ingin ikan hias kesayangan kalian keracunan oleh unsur kimia berupa chlorine yang ada pada air PDAM, maka lakukan beberapa hal berikut ini dalam cara mengganti air akuarium ikan hias.

Cara Mengganti Air Akuarium Ikan Hias Yang Kedua Adalah Memberi Anti Clorine Dan Air Dan Garam Ikan


Tempat Menampung Air Akuarium - Tambahkan Anti Chlorine
Gambarnya - bio-elite.co.za

Cara ini adalah, jika air yang sahabat siapkan untuk mengganti air akuarium adalah air PDAM, pemberian anti chlorine ini harus tepat ya, sebaiknya baca lebelnya sebelum digunakan.

Selain anti chlorine, bisa juga sahabat tambahkan garam ikan. Sedangkan takaran penambahan garam ikan ini, untuk setiap 10 liter air cukup satu sendok makan, akan tetapi sebaiknya juga baca lebelnya sebelum digunakan.

Tempat Menampung Air Akuarium - Tambahkan Garam Ikan
Gambarnya - majalahikan.com


Tempat Menampung Air Akuarium - Baca Lebel Garam Ikan
Gambarnya - majalahikan.com

Baik anti chlorine atau garam ikan bisa sahabat dapatkan di toko toko ikan hias di kota sahabat, harga garam ikan dan anti clorine juga bersahabat banget kok.

Cara Mengganti Air Akuarium Ikan Hias Yang Ketiga Adalah Mengendapkan Air Terlebih Dahulu Selama 24 Jam



Yang ini mungkin jauh lebih baik ketimbang menambahkan anti chlorine, yakni mengendapkan air terlebih dahulu selama 24 jam. Dalam pengendapan air ini bisa juga ditambahkan aerasi, kenapa? karena agar chlorinya cepat hilang atau menguap. atau hanya di endapkan saja juga tidak apa apa, bisa juga dengan menambahkan waktunya ( lebih dari 24 jam ), agar lebih aman.

Untuk air sumur atau air tanah atau air sungai juga bisa sahabat endapkan, tidak juga tidak apa apa, asal kualitas airnya bagus.

Nah itulah yang dimaksud dengan judul Kenapa Sih Dalam Cara Mengganti Air Akuarium Ikan Hias Air Harus Diendapkan Terlebih Dahulu?.....agar ikan hias tidak keracunan chlorine.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa sharenya ya...

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua