Tuesday, 25 October 2016

Filter Aquarium Air Tawar Yang Baik Dan Berukut Cara Memilih Serta Kerjanya


Filter Aquarium Air Tawar Yang Baik, majalahikan.com | Seperti kita ketahui dalam cara merawat ikan hias, terlebih jenis ikan hias air tawar. Filter aquarium sangatlah penting untuk membuat ikan hidup dengan sehat dan terbebas dari berbagai penyakit karena kualitas air terjaga.



Gambar Filter Aquarium Air Tawar Yang Baik Dan Berukut Cara Memilih Serta Kerjanya

Banyak sekali jenis filter aquarium yang beredar di pasaran, baik dari yang harganya murah hingga mahal. Akan tetapi terkadang harga mahal juga bukan penentu kualitas filter itu sendiri. Harga murah juga belum tentu kualitasnya kurang bagus.

Lalu seperti seperti apa sih filter yang baik itu? filter akuarium yang memiliki daya sedot atau hisap air yang kuat dengan daya yang diperlukan rendah.
Itu adalah ciri ciri filter aquarium yang bagus.  Akan tetapi pada umumnya jika daya sedot yang kuat pastinya juga memerlukan daya listrik yang besar. Selain itu filter aquarium terbaik juga harus memiliki saringan mampu bertahan lama.

Nah setalah sahabat tahu filter aquarim air tawar yang baik, maka sahabat juga perlu tahu bagaimana cara kerjanya menjaga kualitas air tetap bagus.

Cara Kerja  Aquarium Air Tawar Yang Baik Dan Tips Memilihnya


Gambar Dan Foto Filter Aquarium Air Tawar Yang Baik Dan Berukut Cara Memilih Serta Kerjanya

Untuk memilih filter aquarium, yang pertama sahabat lakukan adalah memahami dulu seberapa besar ukuran akuarium sahabat dan seberapa banyak air yang ada di dalamnya.

Karena jika ukuran aquarium besar sudah pasti juga harus memilih filter aquarium yang besar dengan daya sedot yang juga besar.

Jangan sampai memilih filter aquarium kecil. Akan tetapi jika sahabat menemukan filter aquarium kecil akan tetapi memiliki daya sedot yang besar, ya tentunya akan lebih baik.

Yang kedua sahabat pastikan dulu ingin pilih jenis filter yang dengan cara pasangnya di dalam aquarium ( internal ) atau yang di luar aquarium ( eksternal ).


Untuk filter aquarium yang eksternal hanya pompa penyedot saja yang diletakan di dalam aquarium, sedangkan kotak tempat penyaringan kotaran yang larut berada di luar.

Untuk tipe filter aquarium yang internal pada umumnya digunakan aquarium yang ukuranya menengah, seperti misalnya ukuran 60 cm x 30 cm x 1m. Karena kemampuan daya sedotnya dan juga memutar ke sisi penyaringan hanya dengan tenaga air itu sendiri.

Type internal ini pada umumnya tidak begitu banyak menjangkau ruangan aquarium, itu karena hanya dengan tenaga air untuk memutarkan air ke dalam penyaringan.

Jika sahabat memilih filter aquarium yang internal ini, maka letakaknlah di salah satu pojok atau sudut aquarium, karena filter type ini memilki manfaat ganda untuk pemasok hawa lewat airator.



Gambar Filter Aquarium Air Tawar Yang Baik Internal
Filter Aquarium Internal
Yang mana desakan yang dihasilkan gelembung udara akan menghimpit air untuk masuk ke bagian sisi bawah filter. Lalu air yang masuk di sisi bawah filter akan didorong naik ke penyaringan dan dikeluarkan bersamaan gelembung udara.

Sedangkan jika sahabat memilih filter aquaqrium yang type eksternal, maka pilihlah yang ada dua pipa dan keduanya memiliki kemampuan seimbang dan dilengkapi dengan pompa. Akan tetapi dengan memilih filter type ini, itu berarti aquarium sahabat haruslah memiliki ukuran yang besar.



Gambar Filter Aquarium Air Tawar Yang Baik eksternal
Filter Aquarium Eksternal

Untuk menyeting kedua pipa tersebut diletakan diantara kedua sudut aquarium. Air kotor yang ada di dalam aquarim akan disedot oleh kedua selang tersebut, lalu dialirkan menuju kotak penyaringan. Sedangkan di dalam kotak penyaringan itu ada beberapa lat untuk menyaring, yakni spon dan mika penyekat.

Spon yang ada di dalam kotak penyaringan ini berfungsi untuk menangkap kotoran yang ikut bersama air yang dialirkan dari pompa penyedot. Yang mana setelah jatuh ke spon, kotoran akan tertahan dan tidak bisa ikut mengalir menuju ke lubang pembuangan.

Diantara spon dan lubang pembuangan ini ada mika penyekat yang akan memberikan ruang untuk air yang telah disaring lewat spon tadi. Setelah itu air akan melewati lubang pembuangan dan kembali ke aquarium lagi.

Air yang kembali ke akuarium ini akan berputar dan menuju penyedot lagi, begitu terus menerus cara kerja type filter aquarium. Karena perputaran ini, filter akan menjaga kualitas air tetap bagus.


Baca juga: Filter Aquarium Air Tawar, Inilah Kisaran Harganya 

Demikianlah Pembahasan Filter Aquarium Air Tawar Yang Baik Dan Berukut Cara Memilih Serta Kerjanya, semoga memberi informasi.

0 comments

Post a Comment

Mohon Maaf Sebelumnya Komentar Dengan Link Akan Di Hapus