Friday, 27 January 2017

Fakta Dan Teori Yang Masuk Akal Kenapa Garam Ikan Atau Garam Aquarium Dibutuhkan Dalam Merawat Ikan Hias



Fakta Dan Teori Yang Masuk Akal Kenapa Garam Ikan Atau Garam Aquarium Dibutuhkan Dalam Merawat Ikan Hias, majalahikan.com | Garam Ikan, sahabat hobiis pastinya tidak asing lagi akan manfaat garam ikan untuk kesehatan ikan hias.

Akan tetapi, sudah taukah kenapa garam ikan bagus untuk ikan hias?

Gambar Garam Ikan
Sumber Gambar http://www.weinformers.com


Berikut adalah sedikit ulasan akan teori mengenai garam ikan yang bermanfaat untuk sahabat ketahui dan pastinya tidak akan menyita waktu sahabat semua.

Sebelumnya, izinkan saya sedikit bercerita akan garam ikan ini dan hingga akhirnya terciptalah tulisan ini.

Karena cerita ini mungkin juga pernah terjadi pada sahabat semua.

Suatu ketika, saya pergi ke toko ikan hias yang lumayan lengkap jenis jenis ikan hias yang ada di sana.

Saya bertanya pada si penjual ikan hias, " Mas, kenapa ya ikan yang ketika berada di toko kelihatan sehat, akan tetapi setelah beberapa hari di rumah mereka ada yang mati" ?

Jawab si penjual ikan hias dengan santai dan sepertinya paham betul dengan kejadian atau masalah yang saya alami`

Sambil mengambil sekantong plastik garam, dia menaburkannya ke aquarium yang berisi banyak ikan hias dan bilang " tambahin aja garam seperti ini"

Tanya saya, " itu garam yang buat masak mas?

Sipenjual ikan hias " iya"!

"Takaranya berapa mas ?" tanya saya

"Dikira kira aja !" jawabnya dengan santai.

Memang sebagian jenis ikan hias air tawar mampu mentolerir garam dapur ( tidak timbul masalah ), akan tetapi ada juga jenis ikan hias yang tidak mentolerir garam dapur.

Itu karena garam dapur ada kandungan yodium dan kalsium klorida. Yang mana yodium bermanfaat untuk mencegah gondok pada manusia sedangkan kalsium silikat mencegah garam dapur menjadi gumpalan atau kempal.

Sedangkan garam ikan atau garam aquarium adalah garam yang masih murni, yakni yang hanya mengandung Natrium Klorida ( simbol NaCl)

Untuk itu, sebaiknya jika ingin memanfaatkan garam untuk ikan hias, alangkah lebih amanya jika menggunakan garam yang khusus untuk ikan ( aquarium ), bukan garam dapur.

Selain itu, garam ikan ( NaCl ) tidak merubah pH air dan juga tidak mengubah kekerasan air.

Fakta Dan Teori Yang Masuk Akal Kenapa Sahabat Perlu Menambahkan Garam Ikan Untuk Ikan hias Sahabat




Teorinya begini....

Pantogen adalah agen biologis yang menyebabkan penyakit pada inangnya. Sebutan lain dari patogen adalah mikroorganisme parasit. Umumnya istilah ini diberikan untuk agen yang mengacaukan fisiologi normal hewan atau tumbuhan multiselular.

Gambar Garam Ikan Untuk Membunuh bakteri
Sumber Gambar http://lokaltuban.blogspot.co.id

Seperti bakteri dan juga protozoa merupakan jenis makhluk hidup yang tidak memiliki organ internal ( dalam ) untuk mengkompensasi perubanhan konsentrasi garam.

Akan tetapi, ikan memiliki organ dalam seperti misalnya ginjal. Yang mana memungkinkanya untuk menyesuaikan diri dengan perubahan kecil dalam konsentrasi garam pada air.

Jadi mengubah konsentrasi garam dalam air melemahkan pantogen tanpa merugikan ikan dan memberikan peluang pada ikan untuk cepat sembuh.



Dan Faktanya....

Seperti kita ketahui, sebelum kita ( umat manusia ) memiliki lemari es atau freezer, orang orang pada zaman dahulu mengawetkan daging dengan menggunakan garam.

Daging yang dilumuri garam akan aman dari bakteri yang bisa menyebabkan daging busuk ( rusak )



Kesimpulanya:

Ketika penjual ikan hias merekomendasikan untuk menambahkan garam dapur pada akuarium sahabat, lebih amanya gunakan garam ikan atau garam akuarium.

Ikan yang baru beberapa hari kita beli dan ternyata ada yang mati, itu mungkin karena stres akibat perjalanan dari peternak kepanjual atau ada gejala lain yang membuatnya stres. untuk itu perlu menenambahkan garam ikan agar ikan tenang.

Ikan memiliki kemampuan yang tidak dimiliki pantogen, yang menjadikanya aman ketika sahabat menambahkan garam ikan ke aquarium sahabat dan yang lebih penting pantogen dalam air akuarium akan lenyap.

Semoga sedikit ulasan mengenai garam ikan ini bermanfaat, jika ada yang salah mohon sahabat majalah ikan membantu membenarkan di kolom komentar ya.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua