BTemplates.com

Ikan Lele Kaca, Yuk Lihat Keindahan Dan Cara Merawatnya

Ikan Lele Kaca, Yuk Lihat Keindahan Dan Cara Merawatnya, majalahikan.com | Sahabat lagi cari ikan lele hias, Nah berikut ini mungkin bisa menjadi pilihan bagi sahabat majalah ikan. Nama ilmiahnya adalah Kryptopterus vitreolus. Ikan ini termasuk salah satu jenis ikan catfish yang juga populer dipelihara di akuarium.

Gambar Ikan Lele Kaca, Yuk Lihat Keindahan Dan Cara Merawatnya

Kryptopterus vitreolus, berawal dari kata  Kryptopterus dan vitreolus. Sedangkan  Kryptopterus dari Kryptos Yunani, yang berarti 'tersembunyi dan pterýgio, yang berarti 'sirip yang mengacu kurang atau tidak adanya sirip dorsal dari genus ini. Sedangkkan vitreolus dari bentuk kecil dari vitreus kata sifat Latin, yang berarti 'kaca', mengacu pada penampilan transparan spesies ini.

Sebelum kita lihat lebih mendalam ikan lele kaca ini, mari kita lihat klasifikasinya terlebih dahulu.


Klasifikasi Ilmiah Ikan Hias Lele Kaca

 
klasifikasi ilmiah
Domain:     Eukaryota
Kerajaan:     Animalia
Divisi:     Chordata
subphylum:     vertebrata
superclass:     Osteichthyes
Kelas:     klasifikasi
subclass:     Neopterygii
Infraclass:     Teleostei
superorder:     Ostariophysi
Memesan:     Siluriformes
Keluarga:     Siluridae
Marga:     Kryptopterus
Jenis:     K. vitreolus
nama binomial
Kryptopterus vitreolus


Sekilas Profil Ikan Hias Lele Kaca


Lele kaca, merupakan nama populernya dalam perdagangan ikan hias, selain itu ikan lele ini juga disebut dengan lele hantu dan phantom lele.

Lele kaca ini asli ikan air tawar endemik Thailand , di mana ditemukan di sungai-sungai di selatan Tanah Genting Kra yang mengalir ke Teluk Thailand dan sungai cekungan di Pegunungan Cardamom . Selain itu Ada juga laporan yang belum dikonfirmasi dari Penang di Malaysia.

Ketika pada tahun 1989, di temukan Kryptopterus bicirrhis yang dianggap lele kaca. Akan tetapi ikan ini jauh lebih besar ketimbang Kryptopterus vitreolus dan jarang ditemukan diperdagangan ikan hias akuarium. Lalu ditemukan juga Kryptopterus minor yang juga dianggap sebagai ikan lele kaca dari kalimantan, akan tetapi pada tahun 2013 bahwa ikan lele kaca yang beredar dalam dunia ikan hias adalah Kryptopterus vitreolu.


Kryptopterus bicirrhis Dan Ikan Lele Kaca, Yuk Lihat Keindahan Dan Cara Merawatnya
Kryptopterus bicirrhis

Kryptopterus minor Dan Ikan Lele Kaca, Yuk Lihat Keindahan Dan Cara Merawatnya
Kryptopterus minor

Persis seperti namanya, ikan ini memiliki tubuh layaknya sebuah kaca, yakni transparan. Ikan lele kaca ini sangat unik, karena organ organ yang ada di dalam tubuhnya terlihat. Transparanya ikan lele ini dan dari semua genus Kryptopterus disebabkan karena kekurangan pigmen pada tubuh mereka. Lele kaca ini sangat menarik, terlebih ketika terkena cahaya yang tepat mengenai tubuhnya, maka warna pelangi akan muncul.

Ikan lele kaca memili panjang keseluruhan 8 cm atau 3.1 in, akan tetapi pada umumnya hanya 6,5 cm / 2,6 in. Selain itu ikan lele kaca ini memiliki sungut yang panjang.

Cara Merawat Ikan Hias Lele Kaca Di Akuarium


Gambar Serta Foto Ikan Lele Kaca, Yuk Lihat Keindahan Dan Cara Merawatnya

Ikan hias lele kaca ini sensititif terhadap perubahan air dan juga pH, maka dari itu untuk merawat ikan hias lele kaca ini sabaiknya suhu di kisaran 25 ° C, sedangkan pH-nya sebaiknya sedikit asam yakni sekitar 6,5.

Ikan lele hias yang satu ini berbeda dengan jenis ikan lele yang lainya.Jika jenis ikan lele menyukai berenang di pertengahan dan permukaan air, berbeda dengan lele kaca. Karena ikan lele kaca cenderung lebih menyukai tempat gelap dan bersembunyi.

Maka dari itu penambahan tanaman aquascape untuk bersembunyi akan lebih baik dalam memelihara ikan lele kaca ini, akan tetapi jangan terlalu padat. Karena lele kaca juga memerlukan tempat terbuka untuk berenang. Selain itu arus air yang lambat juga akan lebih baik untuk ikan ini, terlebih ketika saat makan. Sedangkan untuk pakan yang disukai oleh lele kaca in adalah jentik nyamuk, kutu air dan udang laut.

Selain itu, dalam memelihara ikan lele kaca ini sangat dianjurkan untuk lebih dari lima ekor. Karena selain menambah nilai estetika, ikan lele kaca ini sedikit pemalu. Sedangkan jika ingin mencampur dengan jenis ikan hias lainya harus yang memiliki ukuran dan sifat yang sama.


Selain sebagai ikan hias, ikan lele kaca ini juga sebagai bahan utama dari beberapa saus ikan asin yang digunakan dalam masakan Asia.

Nah itulah Ikan Lele Kaca, Yuk Lihat Keindahan Dan Cara Merawatnya, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel