Tuesday, 16 February 2016

Cara Memelihara Dan Merawat Ikan Komet

Cara Memelihara Dan Merawat Ikan hias Komet
gambar ikan komet /yeniaflina.blogsot.com/
Ikan komet - Ikan hias air tawar yang punya nama latin ( Carassius auratus ) ini, memang sungguh indah penampilanya dengan tubuh ramping ditambah dengan warna putih perak mengkilap dan merah menyala.
Ekornya yang panjang dan terus melambai - lambai saat berenang menambah pesona anggun pada ikan komet.

Ikan hias yang masih satu keluarga dengan ikan mas ini sebenarnya berasal dari jepang, masuk di Indonesia pada tahun sekitar 70 an.

Kombinasi warna putih yang mengkilap dan merah yang menyala memberi kesan seakan ikan komet itu ikan koi....karena keduanya memang dari family Cyprinidea.

Sejuta keindahan terpancar pada ikan komet ketika bergerak lenggak - lenggok dengan lamban nan anggun.

Apalagi saat ikan komet berenang kesana kemari di akuarium yang jernih, ekornya yang panjang akan nampak begitu anggun bak slayer pengantin.

Ikan komet akan berhenti bergerak dan seakan mengucapkan salam pada saat didekati.

Untuk membawa ikan komet pulang dan menempatkan di akuarium, tidak perlu merogoh dalam-dalam kantong. Pasalnya harga ikan komet sangatlah murah, tidak seperti kerabatnya ikan koi.
Gampangnya Cara Merawat Ikan Komet
gambar ikan komet menyapa /learnbysurf.blogspot.com/

Cara Membedakan Ikan Komet Jantan Dengan Ikan Komet Betina

Ketika sampai ke toko ikan hias, dan ternyata bingung membedakan ikan komet jantan dan betina, kebingungan akan terjawab dengan sedikit memberanikan diri bertanya pada sang pemilik toko ikan hias.

Biasanya sang pemilik toko akan menjelaskan berdasarkan pengalamanya, bahwasanya ikan komet jantan bisa diketahui dengan ciri-ciri apabila dipencet duburnya akan keluar cairan berwarna putih. Sedangkan ikan komet betina tidak.

Dan sang pemilik toko menjelaskan lagi, bahwasanya untuk membedakan ikan komet jantan dan betina dengan cara meraba / merasakan halus tidaknya permukaan tutup insang. 

Jika tutup insang dirasa kasar maka pasti itu ikan komet jantan, jika sebaliknya (halus atau licin) berarti betina.

Keindahan Sejati Sang Ikan Komet

Mudahnya Cara Merawat Ikan Komet
gambar ikan komet terindah /zonaikan.wordprees.com/
Tubuh ramping dengan ekor ikan komet yang panjang semampai, bukanlah keindahan ikan komet yang sesungguhnya.

Keistimewaan ikan komet sebenarnya terletak pada warna merah yang seakan-akan menepel pada warna dasar ikan komet.

Warna dasar pada ikan komet ya'ni putih dan perak, ketika dilihat warna dasar seperti dibalut / ditempeli dengan warna merah. Inilah keindahan sesungguhnya pada sang ikan komet, tentunya ditambah dengan tubuh bagus dan ekor panjangnya.

Terlihat seperti menempelnya warna merah melekat dibagian punggung, tak jarang juga menepel dibagian bawah tubuh ikan komet

Ikan komet juga banyak pilihan warna, yang tentunya semuanya terlihat indah dan cantik. Seperti warna merah, putih, kuning atau perpaduan dari warna-warna tersebut.

Mudahnya Cara Merawat Ikan Komet

Cara Merawat Ikan Komet Di Akuarium
Siapapun bisa merawat ikan komet, karena ikan komet tahan dan kuat, mudah dalam pakan dan tidak rewel.

Cara Merawat Ikan Komet di akuarium
gambar ikan mas komet /lampung.tribunnews.com/

Seperti yang pernah majalahikan.com singgung di tulisan Jenis ikan hias terlengkap dari semua kategori   --->selain di akuarium ikan komet juga termasuk ikan hias yang bisa dipelihara / dirawat di kolam ikan hias.

Bagi yang ingin merawat ikan komet di akuarium, selain selalu menjaga air akuarium tetap dalam kondisi bagus, pemberian pakan pada ikan komet harus diperhatikan.

Pemberian pakan cukup satu kali dalam sehari, makanan ikan komet yang diberikan baik itu pakan alami maupaun pakan buatan (pelet) haruslah sedikit-demi sedikit, ketika ikan komet belum merasa kenyang bisa ditambah lagi, tetap dengan cara sedikit-sedikit dalam menaburkan/memberikan.

Untuk membuat kondisi air tetap bagus, air akuarium bisa diganti setiap 5 hari sekali. Ini dimaksudkan agar ikan komet terlihat selalu cantik ketika air akuarium jernih.

Selain pakan ikan komet dan air akuarium yang bagus, dalam merawat ikan komet juga perlu mewaspadai penyakit yang menyerang ikan komet.

Sebenarnya ikan komet adalah ikan hias yang cukup tahan terhadap searangan hama dan penyakit, akan tetapi waspada pada penyakit ikan komet itu harus. Karena, tidak menutup kemungkinan ikan komet terserang hama dan penyakit.

Biasanya penyakit itu adalah kutu jarum, dan untuk cara mengatasi hama ini adalah dengan mencabut kutu jarum tersebut dengan tangan.

Cara lain untuk menangani kutu jarum ini, bisa dengan memberi obat pembasmi kutu ikan apapun itu mereknya pada air akuarium dengan dosis yang dianjurkan. 

Cara Merawat Ikan Komet Di Kolam Ikan Hias

Cara Merawat Ikan Komet di kolam minimalis
kolam ikan hias /spacehistories.com
Jika halaman rumah ada kolam outdoor minimalinya, tentunya ikan komet akan sangat bagus bila berada di dalamnya.

Yang perlu diperhatikan dalam merawat ikan komet di kolam adalah sirkulasi udara/oksigen yang bagus.


Selain itu dalam cara merawat ikan komet di kolam ikan hias dibutuhkan tanaman air (enceng gondok / kayambang "silvinia molesta")
Cara Merawat Ikan Komet di kolam ikan hias
gambar ikan komet /kompasiana.com
Ikan komet senang bermain berkejar - kejaran dibawah tanaman air, atau mencari sisa makanan dan yang lebih penting dari tanaman air ini adalah membantu ikan komet berkembang biak, biasanya telur ikan komet menempel pada akar tanaman air tersebut.

Ketika air di kolam banyak buihnya, itu tandanya ikan komet bertelur, telur akan menempel pada akar tanaman air.

Telur ikan komet yang menempel pada akar berwarna bening, dan pindahkan segera ke kolam lain tanaman air yang ditempeli telur ikan komet.
Cara Merawat Ikan Komet di kolam
telur ikan komet /kompasiana.com
Biasanya telur akan menetas kurang lebih 3 hari dan pada umumnya ikan komet yang baru menetas berwarna hitam, ketika usia sang burayak ikan komet berusia satu bulan mereka akan berubah warna sesuai genetika induk mereka.

Pemberian pakan pada ikan komet cukup satu hari sekali, dan untuk ikan komet yang berumur 3 bulan frekuensi pemberian pakan dilakukan 3 kali sehari.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua