Telur Ikan Cupang Habis Dimakan Jantan

Telur Ikan Cupang Habis Dimakan Jantan, majalahikan.com | Telur habis, siapa pelakunya? Tentu ikan cupang jantan, karena yang ada di wadah pemijahan hanya ikan cupang jantan dan telur-telur.

Yang sudah terjadi jangan disesali juga jangan menyalahkan sepenuhnya pada ikan cupang jantan, kenapa? Karena meskipun yang memakan telur adalah ikan cupang jantan, akan tetapi sebenarnya kita bisa jadi pemicu penyebab ikan cupang jantan makan telur.

Telur Ikan Cupang Habis Dimakan Jantan

Lho,,,kok kita yang disalahkan?!

Ya, karena sifat dasar ikan cupang jantan adalah mengerami, merawat dan menjaga telur, seperti yang sudah pernah saya bahasa dalam tulisan yang berjudul " Telur Ikan Cupang Berwarna Kuning ".

Telur Ikan Cupang Habis Dimakan Jantan, Kenapa Ikan Cupang Jantan Melakukan Itu?

Seperti saya singgung tadi, bahwa kodrat ikan cupang jantan adalah, mengerami, merawat serta menjaga telur dari predator yang ingin memakan telur-telur.

Untuk alasan yang masuk akal dalam menjawab permasalahan ikan cupang kalian yang makan telur ada 2, silahkan amati dan resapi ke-2 alasan berikut.

Apakah nantinya akan sesuai dengan yang kalian alami atau tidak,,,,

  • 1. Terganggu
Gambar Telur Ikan Cupang Habis Dimakan Jantan


Naluri yang diberikan TUHAN pada ikan cupang jantan adalah melindungi telur sampai menetas, bahkan setelah menetas, ikan cupang jantan masih diberi tugas untuk merawat burayak.

Itu alamiah.....misalnya seperti ini

Hewan apa saja, seketika bisa berubah dari jinak menjadi tidak jinak, dari lembut menjadi kasar dan lain sebabgainya.

Perubahan seketika perilaku hewan ini pasti ada sebab musabanya, yang paling umum adalah terganggu, terpojok bahkan merasa terancam.

Kembali pada ikan cupang, ketika ikan cupang kawin butuh suasana tenang, jika terganggu maka kawin bisa saja tertunda, bahkan bisa tidak jadi kawin.

Itu kenapa banyak para peternak ikan cupang yang menganjurkan untuk menutup semua area pandang ikan cupang saat kawin, agar mereka fokus dan tidak terganggu.

Suasana tenang ini juga berlaku ketika saat ikan cupang jantan merawat telur, jadi jika tidak tenang atau dia merasa terganggu sifat dasar yang diberikan TUHAN pada ikan cupang jantan akan berubah.

Yang sifat alamiahnya merawat telur menjadi memakan telur....

Itulah yang terjadi jika ikan cupang jantan terganggu saat mengerami telur....

Yang paling umum telur ikan cupang habis dimakan jantan ini terjadi pada pemula....

Biasanya pemula tidak sabar ingin menyaksikan atau ingin mengetahui apakah telur sudah mentas apa belum, ketidak sabaran ini menjadikan pemula sering sekali membuka tutup wadah pemijahan.

Karena terlalu seringnya pemula membuka dan menutup wadah pemijahan, maka perubahan sifat terjadi pada ikan cupang jantan, yakni dia terganggu oleh tindakan pemula.

Walhasil, ketika terganggu maka dia mulai memakan telur-telur yang seharusnya dia jaga. Seperti itulah alasan pertama kenapa ikan cupang jantan memakan telur sampai habis.

  • 2. Memaksakan
Image Telur Ikan Cupang Habis Dimakan Jantan


Alasan yang kedua biasanya karena memang ikan cupang jantan tersebut sudah berkali-kali memakan telur, akan tetapi kita masih memaksakan dia untuk dikawinkan.

Ingat sifat dasar ikan cupang jantan ya, meski begitu ada ikan cupang yang memang memiliki naluri buruk dalam merawat telur-telur.

Ketika kita sudah tau hasilnya 1 sampai 3 kali kawin dia selalu makan telur, maka sebaiknya jangan dikawinkan, karena sampai berapa kalipun dia kawin akan selalu makan telur.

Meski tidak 100% benar teori ini, akan tetapi berdasarkan pengalaman beberapa peternak ikan cupang hal semacam ini sering terjadi.

Dengan mengenali penyebab ikan cupang jantan makan telur seperti yang saya jelaskan di atas, untuk mengatasi agar supaya tidak terjadi telur ikan cupang habis dimakan jantan, maka jangan mengganggu dan jangan memaksakan ikan yang memiliki naluri jelek dalam merawat telur untuk dikawinkan lagi, meskipun ikan tersebut ikan yang sangat bagus baik dari segi warna maupun lainya.

Itulah 2 alasan kenapa ikan cupang jantan makan telur, jika kalian punya pengalaman yang beda dari 2 alasan yang saya paparkan ini, silahkan tulis pengalaman kalian di kolom komentar.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel