Ciri Ciri Ikan Cupang Berjodoh

Ciri Ciri Ikan Cupang Berjodoh, majalahikan.com | Pada dasarnya menjodohkan ikan cupang itu mudah, hanya saja kadang mesti sudah dijodohkan seharian setelah betina dilepaskan tidak kawin-kawin meski mereka sudah bersatu sampai 2 hari.

Apa sebenernya tanda atau ciri ciri ikan cupang berjodoh, yuk simak penjelasan singkat berikut ini.

Ciri Ciri Ikan Cupang Berjodoh Harus Memenuhi 2 Syarat Ini

Sebenernya jika kita melihat satu saja ciri-ciri ini, ikan cupang bisa dipastikan berjodoh dan endingnya akan kawin.

Akan tetapi satu ciri-ciri ini tidak akan terjadi kalau tidak memenuhi 2 syarat, apa kedua syarat agar ikan cupang mau kawin?

  • Ikan Cupang Jantan Membuat Sarang Gelembung

ciri ciri ikan cupang berjodoh
Syarat pertama ikan cupang musti membuat sarang gelembung, ini karena sarang gelembung adalah media untuk ikan cupang jantan menaruh telur setelah dikeluarkan oleh ikan cupang betina dari dalam perutnya.

Nah jika dalam penjodohan ikan cupang jantan tidak mau membuat sarang gelembung, jangan dilepaskan dulu ikan cupang betinanya.

Sebaiknya tunggu 1-2 hari lagi, karena ikan cupang jantan terkadang belum birahi ketika kita menjodohkan hanya dalam waktu satu hari.

Jika sampai 3 hari ikan cupang jantan nggak juga membuat sarang gelembung, ada yang tidak beres dengan ikan cupang jantanya, biasanya kurang sehat, atau airnya kurang netral.

Untuk itu agar ikan cupang jantan membuat sarang gelembung, pastikan ikan cupang jantan dalam kondisi prima dan sebaiknya jangan kawinkan dulu ikan cupang jantan yang baru hanya beberapa hari menjaga burayak.

Selain itu usahakan juga air untuk mengawinkan ikan cupang harus sudah diendapkan terlebih dahulu minimal sehari semalam dan agar merangsang ikan cupang jantan mau membuat gelembung berikan daun ketapang kering.

Tujuanya agar air menjadi netral dan sebagai media ikan cupang jantan membangun sarang gelembung. Nah jika jantan sudah membuat sarang gelembung, maka berbahagialah kalian, karena 1 syarat ikan cupang akan kawin sudah terpenuhi.

  • Ikan Cupang Betina Harus Full Telur
ciri ciri ikan cupang berjodoh

Syarat yang kedua agar untuk melihat ciri ciri ikan cupang jodoh adalah ikan cupang betina harus ada telur diperutnya atau lebih sering disebut dengan full telur.

Kenapa?

Logikanya ikan cupang kawin itu kan akan menghasilkan telur, nah jika ikan cupang yang kita jodohkan tidak full telur, maka perkawinan tidak akan terjadi.

Setelah kedua syarat itu terpenuhi, maka ikan cupang yang kita jodohkan bisa dikatakan berjodoh atau akan kawin.

Hanya Ada 1 Ciri Ciri Ikan Cupang Berjodoh

ciri ciri ikan cupang berjodoh

Jika kalian melihat ikan cupang jantan mendekati dan merayu ikan cupang betina utuk diajak di bawah sarang gelembung setelah betina dilepaskan dengan cara tarian-tarian khasnya dan ikan cupang betina menyambut dengan baik dengan ikut menari sembari berenang menuju bawah sarang gelembung, itulah ciri ciri ikan cupang berjodoh.

Ingat ya,,,,ikan cupang betina mau diajak jantan menuju bawah sarang gelembung.

Bagaimana jika ikan cupang jantan langsung menyerang dan ikan cupang betina lari tunggang langgang?

Biarkan dulu seperti itu, karena aksi kejar-kejaran ini juga merupakan bagian dari rayuan yang dilakukan ikan cupang jantan.

Biasanya jika ikan cupang betina sudah menyerah, maka dia akan mengikuti ajakan ikan cupang jantan ke bawah sarang gelembung.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel