BTemplates.com

Profil Ikan Hias Rasbora Harlequin Dan Cara Merawatnya

Profil Ikan Hias Rasbora Harlequin Dan Cara Merawatnya, majalahikan.com | Rasbora adalah salah satu dari jenis ikan hias air tawar dari keluarga Cyprinidae , subfamili Rasborinae.

Gambar Profil Ikan Hias Rasbora Harlequin Dan Cara Merawatnya

Rasbora Harlequin (awalnya bernama Rasbora heteromorpha, tetapi baru-baru berubah menjadi Trigonostigma heteromorpha)

Pada umumnya lebih dikenal dengan nama rasbora harlequin atau ikan harlequin, karena adanya patch segitiga hitam pada tubuh, yang mengacu pada pola yang ditemukan pada kostum dari harlequin.

Ikan hias Rasbora Harlequin merupakan jenis ikan dari rasbora yang paling populer dipelihara para hobiis ikan has dibanding denagan jenis ikan rasbora lainya. 

Ikan rasbora harlequin adalah ikan hias yang habitat aslinya adalah Asia Tenggara - Malaysia , Singapura , Sumatra dan selatan Thailand. Yang mana mendiami sungai dan badan air lainnya yang terletak di hutan rawa gambut.

Warna ikan rasbora harlequin sangatlah cantik dan unik. Dari kepala hingga ekor ikan rasbora harlequin berwarna merona, tepatnya oranye-merah muda.

Warana ikan rasbora harlequin juga dipengaruhi faktor-faktor seperti kondisi air dan dari mana ikan ini diperolah.

Yang menarik dari ikan ini adalah adanya wedge hitam > tanda hitam yang berawal dari tangah tubuhnya (dimulai sekitar bawah titik tengah lampiran dari sirip dorsal) yang lari dan semakin mengecil ke pangkal ekor.

Sirip dorsal, anal, ekor dan sirip perut semua berwarna merah, sirip ekor yang bercabang, dengan warna merah terkonsentrasi di sinar terluar, bagian dalam dari sirip ekor yang lebih hialin.

Ikan rasbora harlequin memiliki mekanisme tambahan untuk mendeteksi suara yang terdiri dari satu set tulang internal yang disebut ossicles Weberian.

Ikan ini juga termasuk jenis ikan hias yang berukuran kecil, panjang maksimalnya hanya 1,5 inci (4 cm) ketika dipelihara di akuarium. Akan tetapi ikan  rasbora harlequin sudah diperdagangkan menjadi ikan hias sejak tahun 1930-an.

Klasifikasi Ikan Hias Rasbora Harlequin


klasifikasi ilmiah
Kerajaan:     Animalia
Divisi:     Chordata
Kelas:     klasifikasi
Memesan:     Cypriniformes
Keluarga:     Cyprinidae
Marga:     Trigonostigma
Jenis:     T. heteromorpha
nama binomial
Trigonostigma heteromorpha


Cara Merawat Ikan Hias Rasbora Harlequin


Gambar Dan Foto Profil Ikan Hias Rasbora Harlequin Dan Cara Merawatnya

Ikan Rasbora Harlequin juga salah satu dari jenis ikan hias air tawar aquascape. Memelihara ikan Rasbora Harlequin ini sangat dianjurkan untuk minimal 5 ekor dalam satu akuarium, karena jika dipelihara kurang dari yang direkomendasikan ikan akan mudah stres.

Jika sahabat adalah pemula, maka ikan  Rasbora Harlequin ini sangat cocok dengan sahabat, karena ikan hias yang satu ini merupakan jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Alasanya ikan  Rasbora Harlequin ini adalah ikan yang kuat walaupun kualitas air kurang begitu bagus.

Untuk suhu air yang ideal untuk merawat ikan hias Rasbora Harlequin berkisar antara 22 ° C hingga 27 ° C (72 ° F sampai 81 ° F), tapi ikan ini mampu hidup di suhu dari 21 ° C hingga 28 ° C.

Jenis tanaman aquascape juga harus ada, yang terpenting agak sedikit terbuka agar ikan Rasbora Harlequin tidak terganggu saat berenang.

Ikan Rasbora Harlequin adalah ikan omnivora, yang akan memakan segala bentuk makanan yang sahabat berikan. Akan tetapi ikan hias ini lebih suka dengan makanan beku, seperti daphnia beku dan udang laut. Ikan ini bahkan dapat makan makanan beku yang lebih besar seperti blackworms dan cacing darah.

Ikan Rasbora Harlequin ini adalah ikan hias yang damai dan bisa dicampur dengan ikan hias lain yang uga bersifat damai seperti misalnya  jenis ikan barbs kecil, danios, rasboras kecil lainnya, ikan lele Corydoras, Otocinclus lele dan lain-lain.

Demikianlah ulasan tentang Profil Ikan Hias Rasbora Harlequin Dan Cara Merawatnya, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel