5 Kisah Sukses Budidaya Ikan Nila Merah Yang Inspiratif

Kisah Sukses Budidaya Ikan Nila Merah, majalahikan.com | Kita bisa sukses dalam hal apapun karena kita belajar dari orang sukses. Begitu juga dalam dunia perikanan, terlebih ikan nila. Jika kita ingin menekuni usaha budidaya ikan nila, berkacamata dengan orang yang lebih dahulu sukses adalah kunci bagi kita untuk meraih kesuksesan.

Karena dengan melihat kisah sukses para petani ikan nila ini, kita akan banyak belajar bagaimana mereka bisa meraih kesuksesanya. Selain itu, semangat juang mereka juga patut kita tiru, bukan hanya sekedar melihat berapa juta atau ratus juta yang mereka raup dalam sebulan dengan usaha budidaya ikan nila.

Di bawah ini ada beberapa kisah sukses budidaya ikan nila merah maupun jenis ikan nila lainya yang bisa kita ambil pelajaranya agar kita juga bisa sukses seperti mereka bahkan lebih dari mereka.

Kisah Sukses Budidaya Ikan Nila Merah Dan Jenis Ikan Nila Lainya


Gambar Kisah Sukses Budidaya Ikan Nila Merah

1. Dadang Kusdinar

Gambar Budidaya Ikan Nila Merah Versi Dadang Kusdinar
By jitunews.com
Yang pertama adalah Bpk Dadang Kusdinar, beliau adalah orang yang sama sekali tidak memiliki keahlian khusus dalam bidang perikanan, akan tetapi dengan berbekal keyakianan bahwa usaha budidaya ikan nila memiliki omset yang menjanjikan serta ikan nila memiliki benyak keunggulan dibandingkan dengan jenis ikan konsumsi lainya, akhirnya pria dengan kelahiran 16 mei 1980 ini mampu meraup keuntungan hingga 100 juta rupiah.

Awalnya pria yang berasal dari Desa Tanggulun Barat, Kecamatan kalijati, Subang, Jawa Barat ini hanya bermodal 10 juta saja yang dibelikan 800 ikan nila merah, pakan dan juga peralatan budidaya. 800 ekor benih tersebut beliau tebarkan ke 2 kolam dengan ukuran 1.600 m2.

Dan dengan keuntungan dari 800 ekor benih ikan nila tersebut beliau bisa mengembangkan kolamnya hingga 25 kolam yang awalnya hanya 2 kolam untuk budidaya ikan nila.

( sumber )

2. Ujang

Gambar Budidaya Ikan Nila Versi Ujang
By kokolinds-ikan.blogspot.com
Beliau adalah petani berbagai jenis ikan air tawar konsumsi, seperti misalnya ikan mujair, ikan patin, ikan mas dan ikan nila. Akan tetapi hanya ikan nila saja, beliau bisa mmemasok hingga 1 ton per hari.

Ya, per hari dan bisa kita banyangkan berapa omset yang diraup oleh petani asal Desa Jabon, Kec. Parung, Bogor ini.

Pada awalnya beliau mengeluarkan modal sebesar 21,7 juta yang dimanfaatkan untuk membeli indukan ikan nila 3 kwintal di daerah Sukabumi sebesar 17 juta, sedangkan sisanya beliau manfaatkan untuk biaya pembuatan kolam, yakni sebesar 4,7 juta rupiah.

( sumber )

3. Lestarianto


Kisah Sukses Budidaya Ikan Nila Merah - Lestarianto

Dari kisah-kisah sukses budidaya ikan nila merah yang bisa majalahikan.com rangkum, Bpk Lestarianto adalah yang mampu mengekspor ikan nilanya ke luar negri.

Bahkan beliau pernah menolak permintaan ekspor ke Korea dengan uang muka 1,5 milyar. Ini wajar, karena beliau kualahan untuk memenuhi 225 ton ikan nila baik pasar lokal maupun untuk ekspor. Jika kita ingin tau berapa omsetnya tinggal kalikan aja dengan harga ikan nila.

Awalnya beliau bukanlah petani ikan air tawar, melainkan pengusaha garmen dan melejitnya keuntungan yang beliau raup dalam pemeliharaan ikan nila ini diawali sejak tahun 1990.

Pada permulaanya kolam yang dimiliki pak Tari hanya 1.000 m2 dan berkembang menjadi 8.000 m2, tak berhenti sampai disitu, beliau juga menciptakan jaringan atau jalur pemasaran ikan nila hasil panennya. Awalnya, di Kedungombo, kemudian ke Cangklik, Sleman, Jatiluhur, Cirata, Bandung, bahkan hingga ke Bali.

Selain memiliki kolam darat, pak Tari ini juga memiliki kolam ikan nila dengan media keramba yang berjumlah 132 dan juga 80 kolam arus deras, makanya pak Tari mampu memasok ikan nila hingga 225 ton dalam sebulan.

( sumber )

4. Emma Dolly Raphen


Kisah Sukses Budidaya Ikan Nila Merah - Emma Dolly Raphen

Emma Dolly Raphen adalah pengusaha sukses budidaya ikan nila yang kolam pembesaranya berada di Subang, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cijambe. Wanita yang memiliki paras cantik ini menekuni usaha pemebesaran ikan nila Bangkok pada tahun 2007. Tehnik yang beliau terapkan dalam pembesaran ikan nilanya adalah kolam air deras.

Awal pertama modal yang dikeluarkan oleh Emma sebesar 31 juta rupiah untuk biaya sewa dan perbaikan kolam air deras beton yang masing-masing ukuran kolamnya 7×2, 8×2, dan 9×2 dengan kedalaman kolam 2 meter yang tiap kolam diisi bibit ikan nila kurang lebih 5000 ekor ukuran 50 gram.

Dengan usaha kerasnya, Emma bisa mengembangkan kolamnya menjadi 200 kolam dan bisa memasok pada supermarket - supermarket besar seperti Carrefour, Hypermart dan restoran ternama.

Selain itu, dengan jumlah panen ikan nila sebanyak 30 ton per bulannya Emma bisa tembus dengan omzet hingga 420 juta dalam sebulan. Dan mendapakan untung bersih Rp 151 juta setelah dikurangi modal.

Bagi sebagian orang mendengar cerita ini mungkin akan bilang, " itu kan orang-orang yang memiliki modal besar dan memiliki lahan luas ". Ya memang dari kisah sukses budidaya ikan nila merah yang disebutkan di atas adalah orang-orang yang memiliki modal, akan tetapi silahkan lanjutkan membaca kisah yang berikut ini dan kita akan mulai sadar bahwa sukses dalam budidaya ikan nila bukan hanya milik para pemilik modal besar.

( sumber )

5. Subari



Subari adalah petani ikan nila skala rumahan, beliau adalah Ketua RT 10 Kelurahan Prapatan, Balikpapan.

Dikatakan petani ikan nila skala rumahan karena beliau hanya memiliki kolam dengan ukuran 4 x 6 meter, meski begitu hasil budidaya ikan nila yang dilakoninya ini keuntunganya lumayan tinggi.

Harga ikan nila per kg di kota Balikpapan Rp 40 ribu, ini sangat tinggi tentunya bila dibandingkan dengan modal yang dikeluarkan. Dengan kolam tersebut pak Subari bisa menebar benih ikan nila sebanyak 1.000 ekor.

Dengan begitu, kita bisa mengira-ngira berapa untung yang bisa diraup pak Subari ketika masa panen tiba.

( sumber )

Untuk lebih legkapnya silahkan cek di https://www.majalahikan.com/2018/07/ternak-ikan-nila-di-lahan-sempit.html

Itulah beberapa kisah-kisah sukses budidaya ikan nila merah dan jenis nila lainya yang semoga memberi inspirasi pada kita semua agar semakin yakin bahwa kita juga bisa sukses dalam menekuni ternak ikan nila.
loading...

0 komentar