Saturday, 30 June 2018

Ketahui Letak Perbedaan Ikan Nila Dan Mujair Di Sini

Perbedaan Ikan Nila Dan Mujair, majalahikan.com | Beragamnya jenis ikan konsumsi air tawar menjadikan kita yang awam akan dunia ikan terkadang salah dalam membeli dan mengkonsumsi ikan. Terlebih jenis ikan air tawar yang memiliki kemiripan morfologi seperti ikan nila dan ikan mujair.

Memang banyak jenis ikan nila yang dibudidayakan, seperti ikan nila merah atau ikan nila larasati yang tentunya bagi orang awam sekalipun akan dengan mudah untuk membedakanya dengan ikan mujair, karena ikan nila merah memang tubuhnya berwarna merah, begitu juga dengan ikan nila larasati yang juga akan dengan mudah untuk membedakan dengan ikan mujair.

Akan tetapi beda lagi jika pembaca dihadapkan dengan jenis ikan nila yang memiliki warna kehitaman layaknya warna ikan mujair, tentunya akan menjadi hal yang sulit untuk membedakan kedua jenis ikan konsumsi tersebut.

Meski begitu, sebenernya ada beberapa hal yang bisa kita lihat dengan jelas untuk membedakan ikan nila dengan ikan mujair.

Lalu dimana letak perbedaan ikan nila dan mujair, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Letak Perbedaan Ikan Nila Dan Mujair


Untuk memudahkan para pembaca sekalian dalam membedakan ikan nila dengan ikan mujair, maka pembaca tinggal lihat ilustrasi gambar gambar ikan nila dan ikan mujair di bawah ini, dalam ilustrasi setiap bagian tubuh baik ikan nila maupun mujair yang dilingkari adalah tempat perbedaan ikan nila dan ikan mujair.

1. Cara Membedakan Ikan Nila Dan Ikan Mujair Dengan Melihat Ekornya


Gambar Perbedaan Ikan Nila Dan Mujair

Ekor ikan nila memiliki garis-garis tegak yang berjumlah 7-12 buah, sedangkan pada ekor ikan mujair tidak ada garis tegak.

Ekor ikan nila lebih lebar serta warnanya tidak terlalu gelap, sedangkan ekor ikan mujair lebih sempit dengan warna lebih pekat.

2. Cara Membedakan Ikan Nila Dan Ikan Mujair Dengan Melihat Dorsal Belakang


Gambar Perbedaan Ikan Nila Dan Mujair

Sirip dorsal ( punggung ) yang bagian belakang pada ikan nila juga ditandai garis tegak, bentuknya menjualang lebih tinggi.

Sedangkan sirip dorsal ( punggung ) yang bagian belakang pada ikan mujair gelap dan lebih pendek serta condong ke belakang.

3. Cara Membedakan Ikan Nila Dan Ikan Mujair Dengan Melihat Dorsal Depan


Gambar Perbedaan Ikan Nila Dan Mujair Pada Sirip Dorsal Depan

Pada ikan nila sirip punggung bagian depan lebih tinggi serta lebih runcing, jika dihitung sirip punggungnya memiliki 16-17 duri (tajam) dan 11-15 jari-jari (duri lunak).

Sedangkan pada ikan mujair sirip punggung bagian depan lebih pendek, jika dihitung sirip punggungnya memiliki 15-17 duri (tajam) dan 10-13 jari-jari (duri berujung lunak).

4. Cara Membedakan Ikan Nila Dan Ikan Mujair Dengan Melihat Sirip Anal


Gambar Perbedaan Ikan Nila Dan Mujair Sirip Anal

Pada ikan nila sirip duburnya lebih pendek sedangkan jika dihitung srip dubur ini memiliki 3 duri dan 8-11 jari-jari.

Pada ikan mujair sirip duburnya lebih memanjang ke belakang dan jika dihitung memiliki 3 duri dan 9-12 jari-jari.

5. Cara Membedakan Ikan Nila Dan Ikan Mujair Dengan Melihat Mulut


Gambar Perbedaan Ikan Nila Dan Mujair Pada Mulut

Pada ikan nila mulut lebih sempit, sedangkan pada ikan mujair mulut lebih lebar.

6. Cara Membedakan Ikan Nila Dan Ikan Mujair Dengan Melihat Bentuk Tubuh


Gambar Perbedaan Ikan Nila Dan Mujair Pada Bentuk Tubuh

Pada ikan nila panjang tubuhnya lebih pendek, karena pada umumnya panjang total yang diukur mulai dari moncong hingga ujung ekor, panjangnya mencapai sekitar 30 cm, meskipun bisa juga kurang bisa juga lebih.

Sedangkan pada ikan mujair lebih panjang, karena pada umumnya panjang total yang diukur mulai dari moncong hingga ujung ekor, panjangnya mencapai sekitar 40 cm.

Tubuh ikan nila pipih dan berwarna kehitaman atau keabuan, dengan beberapa pita gelap melintang (belang) yang makin mengabur pada ikan dewasa.

Sedangkan ikan mujair tubuhnya pipih dan warnannya hitam, keabu-abuan, kecoklatan atau kuning.

Itulah beberapa titik letak perbedaan ikan nila dan mujair dari segi morfologi ( postur tubuh ).

Setelah kita tau cara membedakan ikan nila dan ikan mujair, ada baiknya kita juga tau persamaan kedua ikan tersebut, karena pada dasarnya ketika kita ingin tau perbedaan keduanya juga pastinya kita juga akan memilih diantara kedua ikan tersebut mana yang memiliki daging enak dan juga bermanfaat untuk kita ketika kita mengkonsumsinya.

Persamaan Ikan Nila Dan Ikan Mujair


Baik ikan nila maupun ikan mujair keduanya merupakan ikan konsumsi yang harganya tidak terlalu tinggi, itu karena kedua ikan ini sangat mudah berbiak dan cukup mudah ketika dibudidayakan.

Nila maupun mujair keduanya merupakan sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi, keduanya memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang rendah akan tetapi kandungan asam lemak omega-6 pada keduanya sangat tinggi dan kurang baik untuk dikonsumsi orang yang memiliki masalah dengan peredaran darahnya kurang sehat.

Dengan melihat perbedaan ikan nila dan mujair serta persamaan di atas semoga kita makin bijak dalam mengkonsumsi kedua ikan tersebut.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_nila
https://id.wikipedia.org/wiki/Mujair

Artikel Terkait

Ketahui Letak Perbedaan Ikan Nila Dan Mujair Di Sini
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua