Saturday, 30 June 2018

Jenis Jenis Pakan Ikan Nila Dari Daun Dan Manfaatnya

Pakan Ikan Nila Dari Daun, majalahikan.com | Dalam budidaya ikan nila siapapun petaninya dan apapun jenis nila yang di pelihara pasti ingin untung dengan panen yang sesuai dengan harapan, akan tetapi banyak dari para petani yang juga mengalami kebangkrutan dalam memelihara ikan nila.

Kenapa bisa menglami kerugian, itu karena biaya pakan ikan nila yang mahal tidak bisa ditutup dari pendapatan hasil panen.

Selain itu para petani yang belum memahami kondisi air yang semestinya untuk tempat hidup ikan nila juga menjadi salah satu alasan kenapa bisa mengalami kerugian. Karena kondisi air yang bagus tentunya akan membuat ikan nila cepat besar dan itu akan mengurangi jumlah pakan yang dikeluarkan.

Mengingat pakan adalah hal paling penting dalam budidaya ikan nila, maka sayogyanya para petani juga musti bisa mengakali harga pakan yang mahal dengan memanfaatkan alam di sekitar.

Para petani bisa menggunakan berbagai daun-daunan di sekitar untuk memenuhi nutrisi ikan nila. Lalu apa saja jenis-jenis pakan ikan nila dari daun itu? Di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya.

Jenis Jenis Pakan Ikan Nila Dari Daun Dan Manfaatnya


Pada dasarnya tanpa kita sadari manfaat ikan nila liar juga bisa mengendalikan gulma air. Beranjak dari itu maka banyak pakan ikan nila dari daun yang tersebar di sekitar kita.

Pemberian pakan alami dengan daun ini bisa langsung petani berikan, hanya saja yang perlu petani ketahui adalah cara pemberianya. Karena tidak semua ikan nila mau memakan daun yang diberikan.

Cara pemberian daun untuk ikan nila ini musti sedikit demi sedikit untuk ikan nila yang belum pernah diberi pakan organik ini agar terbiasa nantinya, sedangkan untuk yang sudah terbiasa dengan daun, maka pemberian daun bisa langsung banyak.

1. Pakan Ikan Nila Dari Daun Singkong


Gambar Pakan Ikan Nila Dari Daun Singkong

Yang pertama pakan alternatif untuk ikan nila adalah daun singkong, kenapa daun singkong? Pada dasarnya untuk mempercepat pertumbuhan ikan nila, maka asupan protein dalam pakan harus terpenuhi. Nah daun singkong ini memiliki kangandungan kadar protein yang cukup tinggi yaitu sebesar 27,28% protein kasar. ( sumber )

Banyak para petani yang mensiasati tingginya harga pakan ikan nila dengan memanfaatkan daun singkong ini, selain diberikan langsung pada ikan nila ( baik dipotong-potong atau tidak ), daun singkong ini juga banyak yang mengolahnya terlebih dahulu menjadi tepung lalu dicampur dengan bahan lain hingga menjadi pelet dan baru diberikan ikan nila.

Selain mengandung protein untuk menunjang laju pertumbuhan ikan nila, daun singkong juga mengandung lemak 7-13 %; serat kasar 12-17 %; kalsium 1,3-1,4 %; fosfor 0,3 %; lysin 2 %; methionin 0,4 %; dan threonin 3 %. (  sumber )

2. Pakan Ikan Nila Dari Daun Pepaya


Gambar Pakan Ikan Nila Dari Daun Pepaya

Yang kedua untuk memacu produktivitas ikan nila dengan memanfaatkan dedaunan di sekitar kita adalah dengan daun pepaya. Sebenarnya tak hanya daunya saja yang bisa dimanfaatkan untuk diberikan pada ikan nila, baik batang maupun buahnya juga bisa, itu karena semuanya mengandung enzim papain.

Enzim papain ini sangat baik untuk memecah protein, jadi sangat bermanfaat untuk membuat ikan nila cepat besar. ( sumber )

Daun pepaya bisa langsung diberikan utuh atau dipotong potong terlebih dahulu agar mudah dimakan oleh ikan nila.

Selain untuk ikan nila, sebenarnya daun pepaya ini juga bermanfaat untuk para pembudidaya ikan lele. Karena bisa untuk menekan kenibalisme ikan lele, tak hanya itu manfaat daun pepaya untuk ikan lele maupu ikan nila ( selain sebagai pakan alami ) juga bermanfaat untuk menekan stres dan meningkatkan daya tahan ikan. ( sumber )

3. Pakan Ikan Nila Dari Daun Kangkung


Gambar Pakan Ikan Nila Dari Daun Kangkung

Selain petani ikan nila, kangkung juga dimanfaatkan oleh para mancing mania untuk mendapatkan strike. Ya, cara mancing ikan nila juga banyak yang memakai kangkung sebagai umpan dan ini terbukti berhasil.

Jika mancing dengan umpan kangkung saja bisa mendapatkan ikan nila, itu tentunya sangat baik jika para petani memanfaatkan sayur yang murah ini untuk menekan biaya pakan ikan nila yang mahal. Selain itu, tentunya daun kangkung yang masih segar nutrisinya juga masih alami ketika dimakan ikan nila.

4. Pakan Ikan Nila Dari Daun Talas atau Keladi


Gambar Pakan Ikan Nila Dari Daun Talas atau Keladi

Bagi para petani ikan air tawar ( ikan yang bersifat omnivora ) yang berpengalaman, mereka akan menanam kangkung air pada kolam atau tambak mereka. Selain daun kangkung banyak juga para petani yang menanam di pinggiran kolam mereka dengan daun talas atau daun keladi. Alasanya sama, yakni sebagai alternatif pakan alami untuk ikan.

Talas juga sangat bermanfaat untuk ikan nila, bagi petani yang menginginkan ikan nila peliharaanya bisa penen dengan bobot yang sesuai harapan, maka daun talas adalah solusi pakan alternatifnya.

Karena, daun talas juga memiliki kandunga protein dan vitamin yang cukup tinggi untuk menunjang laju pertumbuhan ikan nila. Selain itu, dengan daun talas sebagai pakan tambahan, maka ikan nila akan lebih kuat dari serangan berbagai penyakit dan merangsang nafsu makan ikan nila.

4. Pakan Ikan Nila Dari Daun Eceng Gondok


Gambar Pakan Ikan Nila Dari Daun Eceng Gondok

Eceng gondok merupakan tanaman air yang kerap membuat saluran air tersumbat karena tanaman air ini sangat cepat tumbuh dan berbiak. Pada umunya tanaman air ini juga dianggap hama serta limbah oleh kabanyakan pembudidaya ikan air tawar.

Akan tetapi, ternyata akar eceng gondok ini disukai ( dimakan ) oleh ikan nila dalam pengujian yang dilakukan dinas perikanan yang majalahikan.com kutip dari http://sukriekki.blogspot.com/2014/03/pemanfaatan-daun-tanaman-talas-sebagai.html.

Selain itu ternyata eceng gondok tidak hanya diberika pada ikan nila dalam keadaan segar. Eceng gondok yang telah dikeringkan memiliki kandungan protein hingga 13 % menurut Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi yang majalahikan.com kutip dari http://www.beritasatu.com/iptek/302867-eceng-gondok-jadi-pakan-ikan-murah-dan-berkualitas.html.

5. Pakan Ikan Nila Dari Daun Anting



Daun anting juga kerap dijadikan pakan alternatif oleh para petani ikan nila karena sangat baik untuk percernaan, dan tentunya akan sangat bermanfaat untuk ikan nila.

6. Pakan Ikan Nila Dari Daun Azolla


Gambar Pakan Ikan Nila Dari Daun Azolla

Azolla yang kaya akan protein ini juga banyak yang memanfatkanya untuk diberikan pada ikan nila, kandungan proteinya 30 %. Selain ikan nila, para petani ikan air tawar juga banyak yang memberikan pada ikan lele, dan juga gurame.

7. Pakan Ikan Nila Dari Daun Pletekan




Yang terakhir yang bisa kami rangkum dari pakan ikan nila dari daun adalah daun pletekan, tanaman ini mudah kita temukan di area pesawahan dan lapangan.

Itulah jenis-jenis pakan ikan nila dari daun disekitar kita dan manfaatnya, semoga dengan ini budidaya ikan nila para petani menjadi lebih sedikit mengeluarkan biaya pakan dan mendapatkan hasil sesuai harapan para pembudidaya.

Artikel Terkait

Jenis Jenis Pakan Ikan Nila Dari Daun Dan Manfaatnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua