Jenis Jenis Ikan Nila Paling Unggul Untuk Dibudidayakan

Jenis Ikan Nila, majalahikan.com | Siapa yang tak kenal ikan nila? Ikan nila sebenarnya merupakan santapan yang paling diminati oleh orang Indonesia, baik hanya digoreng maupun dibakar. Sebenarnya, tidak banyak yang tahu bahwa ada beberapa jenis ikan nila dan perbedaan jenis, tentunya, akan mempengaruhi cita rasa dari olahan nila tersebut. Bagi petani ikan nila, mengetahui jenis ikan ini akan sangat membantu sebagai patokan dalam pengembangbiakan.

Memilih Ikan Nila

Karena setidaknya lebih dari 16 jenis ikan nila yang ada di Indonesia, maka memilih ikan nila yang tepat sesuai dengan kebutuhan haruslah dilakukan dengan cermat. Ada dua tujuan utama dalam memilih ikan nila, yaitu untuk hiasan di akuarium atau kolam dan untuk budidaya ikan nila.

Ikan nila sebenarnya sudah lama menjadi salah satu sumber pendapatan bagi sebagian orang karena nilai jualnya yang lumayan tinggi. Selain itu, ikan nila juga termasuk salah satu jenis ikan yang tidak sulit untuk dikembangbiakkan dan perawatannyapun tidak sulit.

Namun sayangnya, banyak masyarakat yang kesulitan dalam membedakan ikan nila dan ikan mujair. Sebenarnya, perbedaan ikan nila dan ikan mujair sangat mudah untuk diidentifikasi melalui bentuk dari kedua jenis ikan tersebut. Jika dilihat sepintas, ukuran ikan mujair lebih kecil jika dibandingkan dengan ikan nila. Kemudian, jika dilihat dari morfologi ikan nila, ikan nila memiliki garis-garis yang mencolok dibagian sirip, sedangkan ikan mujair tidak.

Macam-macam Jenis Ikan Nila Lengkap Dengan Gambarnya


1. Jenis Ikan Nila BEST
Jenis Ikan Nila - Ikan Nila BEST
source image bibitikan.net
Jenis ikan nila yang pertama adalah BEST atau merupakan singkatan dari Bogor Enhanced Strain Tilapias. Seperti namanya, ikan nila BEST ini merupakan salah satu jenis nila berkualits unggul. Keunggulan dari jenis nila ini terletak pada kemampuannya beradaptasi pada lingkungan baru dan ketahannya dalam melawan penyakit. Selain itu, jenis ikan ini memiliki ketahanan dari pergantian cuaca yang tidak menentu.

Ikan nila BEST juga memiliki kemampuan berkembang biak yang baik jika dibandingkan dengan ikan nila yang lain. Sehingga, memilih jenis ikan ikan ini tentunya akan memembawa banyak keuntungan dan petani ikan tidak perlu repot dalam merawatnya karena jenis ikan ini hampir tidak memerlukan perawatan khusus.

2. Jenis Ikan Nila GIFT
Jenis Ikan Nila - Ikan nila GIFT
source image worldfishcenter.org
Ikan nila GIFT atau Genetic Improvement of Farmed Tilapias merupakan jenis ikan nila yang memiliki kualitas yang terbaik untuk dibudidayakan dan merupakan ikan nila yang banyak digemari oleh petani ikan nila.

Sebenarnya, jenis ikan ini juga sama dengan jenis ikan BEST yang dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan yang baru karena jenis ikan ini dapat menangkal serangan penyakit dengan baik. Selain itu, ikan nila GIFT dapat bertahan dalam kondisi perairan yang tidak terlalu baik.

Namun, jika dibandingkan dengan jenis nila yang pertama, ikan nila GIFT ini merupakan jenis ikan nila cepat besar dalam hitungan bulan saja dan bibit ikan nila ini dapat dipijah dalam 3 hingga 6 minggu. Dalam sekali bertelur, ikan nila GIFT dapat menghasilkan sekitar 2000 hingga 3000 ribu butir telur.

3. Jenis Ikan Nila JICA

Japan for International Cooperation Agency atau yang biasa dikenal dengan JICA juga merupakan jenis nila bibit unggulan yang paling diminati oleh para petani ikan nila. Jika dibandingkan dengan ikan nila GIFT, ikan nila JICA ini dapat tumbuh lebih cepat dan memiliki bobot yang lebih berat yaitu sekitar 750gram. Selain itu, jika petani memilih ikan nila JICA, petani dapat menghemat pengeluaran dalam menyediakan pakan ikan nila sebesar sekitar 25%.

4. Jenis Ikan Nila Citralada
Jenis Ikan Nila - Ikan nila citralada
source image arenahewan.com
Ikan nila citralada merupakan ikan nila yang sering disalahkaprahkan sebagai ikan nila merah karena kesamaan warna yang dimiliki. Pada kenyataannya, ikan nila citralada ini memiliki garis yang lebih tegas dan sirip yang lebih panjang. Jika dilihat secara sekilas, akan terlihat perbedaan keduanya karena ikan nila citralada ini memiliki warna yang lebih terang.

5. Jenis Ikan Nila Gesit
Jenis Ikan Nila - Ikan nila gesit
source image pertanianku.com
Ikan nila gesit juga merupakan ikan nila kegemaran para petani ikan karena jika mengembangbiakkan ikan gesit ini, petani ikan akan jarang menemui kegagalan. Meskipun tidak memiliki bobot seberat ikan nila yang sebelumnya, yakni hanya sekitar 500 hingga 600 gram saja dalam rentang waktu kurang lebih 5 bulan.

Meskipun demikian, ikan nila ini dapat dapat menghasilkan benih dengan cepat dan dapat tumbuh dengan cepat pula, khususnya jenis ikan nila gesit berkelamin jantan. Untungnya, ikan nila gesit umumnya memiliki kelamin jantan karena jenis ikan ini telah melalui rekayasa genetik sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan keturunan jantan dengan prosentase sebesar 98%.

6. Jenis Ikan Nila Hitam 69
Jenis Ikan Nila - Ikan nila hitam 69
source image umpanikan.xyz
Ikan nila hitam 69, seperti namanya, memiliki warna kehitaman atau keabu-abuan. Ikan nila hitam 69 merupakan salah satu jenis nila lokal yang banyak dijumpai di Indonesia. Hal ini dikarenakan mudahnya pengembangbiakan nila dan ikan nila hitam 69 ini cenderung cocok dengan air di dalam kolam.
Dalam memberi makan, petani ikan juga tidak perlu khawatir karena ikan nila ini dapat tumbuh hanya dengan memakan lumut dan plankton yang ada di dalam kolam. Selain itu, jenis ikan iki dapat tumbuh dan berkembang dengan baik tanpa adanya perawatan yang rumit.

7. Jenis Ikan Nila Nifi

Ikan nila yang selanjutnya yang juga dikenal karena warna merahnya adalah ikan nila nifi. Jika dibandingkan dengan ikan nila citralada, ciri-ciri ikan nila ini tidak jauh berbeda. Hanya saja jenis ikan nifi didominasi oleh ikan nila berkelamin jantan, seperti ikan nila gesit.

8. Jenis Ikan Nila Srikandi
Jenis Ikan Nila - ikan nila srikandi
source image beritadaerah.co.id
Jika petani ikan berada pada wilayah pesisir dan ingin membudidayakan ikan nila, maka ikan nila yang satu ini dapat menjadi solusi. Ikan nila skrikandi ini dapat hidup di kolam air payau dengan salinitas atau kadar garam air kurang dari 30 ppt.

Selain itu, ikan nila srikandi ini juga memiliki pertumbuhan yang cukup cepat walaupun tidak dapat dibandingkan dengan jenis ikan yang lain. Dalam kurun waktu kurang lebih 4 bulan, bobot ikan srikandi ini dapat mencapai bobot kurang lebih 250 gram.

9. Jenis Ikan Nila Nirwana
Jenis Ikan Nila - ikan nila nirwana
source image superperikanan.com
Ikan nila yang satu ini juga merupakan salah satu ikan nila terfavorit di kalangan para petani ikan dan di kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan jenis ikan nirwana merupakan salah satu yang memiliki tingkat pertumbuhan yang paling pesat. Dalam 4 bulan, ikan nila nirwana ini dapat mencapat bobot 1 kilogram.

Selain bobotnya yang luar biasa, ikan nila nirwana ini juga memiliki testur daging yang tebal sehingga sangat cocok untuk dijadikan santapan. Sebenarnya, ikan nirwana sendiri memiliki 2 varian dan varian kedua yang biasa dikenal sebagai nirwana II memiliki kemampuan untuk berkembangbiak lebih cepat sekitar 15% jika dibandingkan dengan ikan nirwana biasa.

10. Jenis Ikan Nila Larasati
Jenis Ikan Nila - ikan nila larasati
source image mahmudsmadawangi.blogspot.co.id
Jika dibandingkan dengan jenis ikan nirwana, ikan nila larasati ini juga tidak kalah dan patut untuk diperhitungkan. Ikan nila larasati ini juga memiliki bobot hingga 900 gram dan dagingnya tidak kalah tebal. Keungulan lain dari ikan nila larasati ini adalah kemampuannya untuk kebal dari berbagai jenis bakteri dan penyakit. Selain itu, ikan nila larasati ini mudah untuk dikembangbiakkan karena memiliki prosentase hidup sebesar 90% dan cocok di berbagai jenis kolam.

11. Jenis Ikan Nila Nilasa
Jenis Ikan Nila - Ikan nila nilasa
source image bibitikan.net
Ikan nila nilasa juga tidak kalah dengan jenis nila yang lain karena jenis ikan ini memiliki kemampuan untuk dapat melawan berbagai penyakit dengan baik. Ikan nila nilasa juga sangat cocok untuk dikonsumsi karena dangin nila nilasa ini memiliki tekstur yang tebal. Selain itu, jenis ikan nilasa ini sangat cocok jika dikembangbiakkan di daerah payau dengan salinitas sebesar 18 per mil.
Memelihara dan Membudidayakan Ikan Nila

Meskipun ikan nila merupakan salah satu jenis ikan yang mudah untuk dikembangbiakkan, pemeliharaannya harus tetap diperhatikan agar kesehatan ikan nila tersebut bisa terjaga. Selain itu, petani ikan nila harus memperhatikan beberapa cara memelihara ikan nila supaya cepat besar untuk dapat mendapatkan keuntungan dari budidaya nila itu sendiri.

Kolam Ikan Nila

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membudidayakan ikan nila adalah mempersiapkan tempat yang tepat untuk ikan nila tersebut. Pada dasarnya, ikan nila dapat hidup di berbagai jenis kolam, namun petani ikan nila dapat membuat kolam galian berbahan dasar lempung untuk menghindari kebocoran air.
Selain menggunakan kolam berbahan lempung, petani ikan nila dapat membuat kola berbahan dasar beton yang memiliki struktur yang lebih kuat. Hal yang terpenting dalam membuat kolam untuk ikan nila adalah pastikan bahwa kolam tersebut memiliki pintu air yang baik untuk mempermudah pergantian air nantinya.

Pakan Ikan Nila dan Vitamin

Dalam memberi pakan juga harus sangat diperhatikan karena hal ini juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Ada aturan sendiri saat memberikan pakan, yaitu untuk memilih palet yang berkualitas yang memiliki kadar protein sebesar 20% hingga 30%.
Selain palet, petani ikan nila dapat mengganti pakan ikan menjadi jagung ataupun biji kacang. Namun, kedua pakan tersebut tidak boleh digunakan secara terus-menerus karena bisa berbahaya untuk pencernaan ikan nila itu sendiri.
Untuk takaran pakan itu sendiri, petani ikan hias harus mengetahui bobot dari ikan nila tersebut dan berikan kira-kira 3% dari besarnya bobot ikan nila. Kemudian, pemberian pakan harus dilakukan setiap dua kali sehari pagi dan sore. Selain itu, petani ikan nila juga disarankan untuk memberikan vitamin dalam jangka waktu sebulan sekali untuk menjaga kesehatan ikan nila itu sendiri.

Meskipun banyak ikan nila yang tahan terhadap serangan bakteri dan penyakit, kesehatan dari ikan nila harus tetap diperhatikan dengan baik. Pergantian dan aliran air harus lancar untuk memastikan tidak ada bakteri yang bersarang pada air itu sendiri karena ikan nila akan mudah terkena penyakit jika terpapar bakteri terus-menerus.

Jika memelihara jenis ikan nila hias, yang harus diperhatikan selain warna dan corak yang menarik adalah pastikan bahwa ikan nila tersebut dapat hidup di kolam ataupun akuarium. Hal ini sangatlah penting karena tidak semua ikan nila dapat bertahan hidup di air tawar karena masing-masing memiliki habitat tersendiri.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada berbagai jenis ikan nila yang perlu diketahui, khususnya untuk para petani ikan nila. Hal ini tentunya akan membantu dalam memilih ikan nila yang baik dan yang tidak untuk berbagai kebutuhan, seperti untuk hiasan maupun untuk dikonsumsi.
loading...

0 komentar